Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Produk-Produk Yang Terbuat Dari Bambu

Bambu begitu banyak manfaatnya. Bagi sebagian orang mungkin bambu dianggap tanaman yang menggangu. Padahal, sejatinya penuh manfaat persis seperti pohon kelapa. Semuanya bisa dimanfaatkan.

Saya ingat betul, di kampung seandainya ada ladang kosong, kemudian ada tanaman bambu, maka itu biasanya dibabat habis karena dianggap ruwet. Entah kenapa bisa demikian. 

bambu

Bambu itu bisa dikatakan tanaman multifungsi. Dari mulai untuk konsumsi hingga untuk bahan baku kerajinan produk-produk tertentu. Bahkan, secara khusus daun bambu saat ini banyak digunakan untuk bahan pupuk organik. Mengenai hal tersebut, Insya Allah akan saya bahas khusus. 

Terkait produk kerajinan artinya bambu memiliki nilai yang ekonomis. Bambu ketika dijual dalam arti berupa bambu, maka harganya masih cukup murah. Namun, bagi yang kreatif, maka agar lebih mahal harga jualnya harus dibuat kerajinan-kerajinan yang cukup bermanfaat dan indah. 

Ada banyak produk-produk bambu yang bernilai dan bisa dipasarkan untuk masyarakat. Bahkan, ada yang sampai hingga bernilai ekspor.

Contoh Produk Bambu

Contoh produk-produk yang terbuat dari bahan baku bambu dalam kehidupan sehari-hari itu banyak sekali. Sebagai contoh yang paling mudah adalah pagar. Kendati sekarang pagar banyak yang diganti dengan rangka baja alumunium, tapi utuk beberapa orang yang ingin mengenang masa lalu dengan desain alami, maka bambu bisa menjadi alternatifnya. Nyatanya, bukan hanya di kampung, tapi juga banyak di perkotaan-perkotaan yang masih memanfaatkan bambu untuk pagar.

Pagar bambu
Pagar dari bambu di rumah emak

Beberapa produk lainya misalnya untuk kerajinan rumah tangga misalnya untuk alat-alat dapur. Emak saya masih banyak menggunakan peralatan dapur yang terbuat dari bambu seperti kukusan, tempayan, bakul nasi (cepon), kipas bambu, dan masih banyak lainya. Memang harganya masih terjangkau karena memang segmentasinya untuk orang-orang di desa.

Produk lainya yang terbuat dari bambu seperti gelas, tempat pensil, keranjang, nampan, tempat lampu, kursi, meja, pigura, tempat tisu, gazebo, rak, tikar, gantungan kunci, mainan tadisional, tas, topi, jam dinding, asbak, garpu, sendok, alat musik seperti angklung dan suling, kandang burung, kandang ayam, miniatur, lukisan, dan masih banyak lainya. 

Credit foto disperindag.jogjaprov.go.id
Credit foto disperindag.jogjaprov.go.id

Posting Komentar untuk "Produk-Produk Yang Terbuat Dari Bambu"