Pengertian Rob dan Contohnya, Semoga Banjir Cepat Selesai

Sejarah baru lagi. Banjir! Tempat kelahiran saya Indramayu termasuk yang terkena banjir. Beberapa teman di kampung sudah membuat informasinya. Saya baca beberapa berita di media daring, konon penyebab banjir dikarenakan intensitas curah hujan yang tinggi, meluapnya Sungai Cimanuk dan adanya rob air laut. Nah, yang terakhir yang akan saya tulis di blog ini. Apa sebenarnya pengertian rob

rob

Contoh Berita

Ok, sebelum melanjutkan ke pengertiannya, saya coba mencari contoh berita rob di media daring Kompas dan Republika. Ini beberapa contohnya:
  • Tiga Kelurahan di Jakarta Terendam Banjir Rob (Kompas, 7/6/2020)
  • Beberapa Wilayah di Jakarta Berpotensi Banjir Rob, Ini Daftarnya (Kompas, 8/1/2021)
  • Ribuan Rumah Warga Kembali Terkena Rob di Pesisir Indramayu (Republika, 7/2/2021)
  • BMKG Ingatkan Potensi Rob Pesisir Surabaya Akhir Januari (Republika, 26/1/2021)
Ada beberapa yang sering kali ditulis misalnya banjir rob, rob air laut, dan juga rob itu sendiri. 

Pengertian Rob

Seperti biasa saya gunakan KKBI Daring dan Wikipedia, berikut pengertian rob:
pasang besar yang menyebabkan luapan air laut (KBBI Daring)

Rob adalah banjir air laut atau naiknya permukaan air laut. Rob adalah banjir yang diakibatkan oleh air laut yang pasang yang menggenangi daratan, merupakan permasalahan yang terjadi di daerah yang lebih rendah dari muka air laut. Di Semarang permasalahan Rob ini telah terjadi cukup lama dan semakin parah karena terjadi penurunan muka tanah sedang muka air laut meninggi sebagai akibat pemanasan suhu bumi. Rob menjadi permasalahan di kota-kota seperti Semarang, Jakarta serta kota-kota yang berada di Pantura Jawa dan akan menjadi permasalahan besar dikemudian hari sejalan dengan pemanasan suhu dunia dan tidak terkendalinya penyedotan air tanah sehingga muka tanah turun (Wkipedia)
Pengertian rob dari KBBI Daring lebih simple. Lebih lengkap kita bisa baca pengertian rob pada Wikipedia. Bahkan, ada contoh wilayahnya.

Ok, dari kedua pengertian itu sangat jelas. Saya ambil kesimpulan pertama, rob sendiri biasanya terjadi di daerah pesisir. Indramayu sendiri memang daerah pesisir juga. Makanya banyak yang mata pencahariannya sebagai nelayan. Kedua, rob terjadi karena air laut pasang. Kenapa air laut bisa pasang? Wikipedia sudah menjelaskan secara gamblang, yakni pemanasan suhu bumi. 

Lalu, dari situ kita kejar lagi apa saja yang menyebabkan pemanasan suhu bumi terjadi? Asap kendaraan, gas rumah kaca, penggundulan hutan, dll.

Ehmm, mungkin kita bisa menebak dan mencari akar masalahnya. Ok, tanpa harus menyalahkan pihak manapun, musibah banjir ini tentu menjadi pembelajaran dan pasti ada hikmahnya. Kesadaran tiap individu untuk mulai mencintai lingkungan alam adalah penting. Semoga musibah banjir rob tahun ini cepat selesai. Tidak ada korban jiwa. 

Kembali lagi tentang pengertian rob. Saya kira sudah jelas ya. Oh iya, saya baru ingat,  di luar tentang rob, ketika angan saya melintasi kalen di area Widasari, ada banyak sampah plastik. Mungkinah ini juga bisa menjadi salah satu penyebabnya? Tanpa maksud menduga-menduga, akhirnya semua kembali pada kesadaran manusia. Yuk, mulai cintai alam. Misal dimulai dengan tidak membuang sampah plastik sembarangan, perbanyak menanam pohon.

Hujan adalah anugerah!

Komentar