Definisi Vaksinasi dan Contohnya

Dimasa pandemi Covid-19 ini banyak istilah-istilah yang mungkin bagi orang awam bertanya-tanya. Istilah-istilah tersebut bisa dari bidang kesehatan, ekonomi atau bahkan juga politik. Saya ambil contoh misalnya vaksinasi, dimana sekarang lagi gencar-gencarnya sosialisasi tentang vaksin covid-19. Lalu, apa sebenarnya definisi vaksinasi itu?

vaksinasi

Definisi Vaksinasi 

Vaksinasi sendiri asal kata dari vaksin. Dalam KBBI daring, vaksin adalah bibit penyakit (misalnya cacar) yang sudah dilemahkan, digunakan untuk vaksinasi.  Adapun vaksinasi termasuk dalam bidang kedokteran dan fisiologi. Definisinya adalah penanaman bibit penyakit (misalnya cacar) yang sudah dilemahkan ke dalam tubuh manusia atau binatang (dengan cara menggoreskan atau menusukkan jarum) agar orang atau binatang itu menjadi kebal terhadap penyakit tersebut: -- cacar secara massal telah dilakukan di daerah yang terkena wabah itu.

Sementara menurut Wikipedia sebagai berikut:

Vaksinasi disebut juga imunisasi adalah pemberian vaksin ke dalam tubuh seseorang untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit tersebut. Kata vaksinasi berasal dari bahasa Latin vacca yang berarti sapi - diistilahkan demikian karena vaksin pertama berasal dari virus yang menginfeksi sapi (cacar sapi).


Contoh Istilah

Kata tidak baku dari vaksinasi adalah faksinasi. Mari kita lihat contohnya sebagai berikut:

  • Vaksinasi Lansia Dimulai Besok, Menkes: Prioritas Nakes (Detik, 7/2/2021)
  • Vaksinasi Massal, 3.500 Orang Divaksin Covid-19 di Istora Senayan (Kompas, 4/2/2021)
  • Bangladesh Mulai Kampanye Vaksinasi Covid-19 Nasional (Republika, 7/2/2021)
Kalau dilihat dari pengertian dan contohnya, maka bisa diambil kesimpulan, pertama, vaksinasi berkaitan erat dengan program nasional, biasanya menyeluruh dan terjadwal. Disini ada keterlibatan pemerintah bahkan organisasi kesehatan dunia. 

Kedua, vaksinasi berkaitan dengan wabah dan upaya pencegahan agar wabah penyakit tersebut tidak cepat menyebar. Bahkan, bisa jadi untuk mencegah/menangkal.

Ketiga, vaksinasi berkaitan dengan yang bersifat "massal," dalam arti jumlah yang besar dan banyak. Tidak hanya itu, ada target yang diberikan untuk siapa? Misal anak-anak atau orang tua? Oleh karena itu, tak heran apabila akan selalu dikaitkan dengan program nasional.

Oh iya, ngomong-ngomong tentang vaksinasi, bagaimana dengan program vaksinasi Covid-19? Teman-teman siap di vaksin? 

Komentar