Mau Jualan Produk di Acara Bazar? Perhatikan 4 Hal Penting Ini

Advertisement

Saya pernah berjualan produk di suatu acara bazar. Alhamdulillah, bisa dibilang ada yang sukses dalam artian banyak produk terjual, namun juga ada yang saya anggap masih kurang berhasil. Bagi saya pribadi, jualan produk di acar bazar adalah sebagai pengalaman yang tak terlupakan.


Saya pernah berjualan produk batik di acara bazar kantor. Saat masih menjadi mahasiswa pun saya pernah berjualan buku di acara bazar grand opening Koperasi Kopma UGM. Lalu, saya juga pernah berjualan produk kaos raglan anak dalam event yang cukup besar di daerah Serpong. Belum lama ini juga saya pernah mengikuti bazar di daerah Pasar Kita Pamulang. 

Dari semuanya yang saya ikuti itu, ada manis dan pahitnya. Namun, dari pengalaman itu paling tidak saya jadi tahu ketika akan menjual produk diacara bazar, maka harus lebih hati-hati lagi. Pasalnya, saya juga pernah mendapatkan pengalaman yang buruk akibat dari panitia penyelenggara acara yang kurang profesional. Sebut saja misalnya acara yang terakhir saya ikuti beberapa tahun lalu di Pasar Kita Pamulang. 

Pengalaman buruk tersebut paling tidak membuat saya lebih tahu dan berhati-hati ketika akan mengikuti acara bazar. Oleh karenanya, bagi teman-teman yang akan menjual produk di acara bazar sebaiknya perhatikan 4 hal penting berikut ini agar tidak terjadi seperti yang pernah saya alami. Berikut beberapa diantaranya:

Acaranya Apa?

Dalam sebuah konsep acara tertentu biasanya ada yang selalu menawarkan tempat stand untuk bazar. Nah, bagi yang tertarik untuk mengikuti sebaiknya pahami dulu acaranya itu tentang apa. Jangan sampai acara yang akan diselenggarakan tidak terkait dengan produk yang akan kita jual. Misal ada acara seminar dikampus, maka contoh produk-produk yang bisa dijual misalnya buku, cinderamata pembatas buku (bookmark) dan produk lainya yang terkait. Mengetahui konsep acara yang jelas adalah penting karena akan berpengaruh pada laku atau tidaknya produk yang akan kita jual. Hal ini juga menyangkut segmentasi pengunjung yang akan datang. 

Penyelenggara

Mengetahui siapa dibalik penyelenggara sebuah acara bazar adalah mutlak. Siapa sponsornya, bagaimana kesigapan panitia acara, siapa yang harus dihubungi dan lain sebagainya. Pendek kata, semua itu harus jelas. Pengalaman saya, dulu di acara bazar ketika di Pasar Kita Pamulang, sungguh membuat saya kecewa karena salah satu panitia yang dihubungi kurang komunikatif. Dalam artian ketika bertanya lama menjawab, kurang tegas, dan seringkali ingkar janji. 

Berapa Lama

Berapa lama acara bazar itu dilakukan. Ini harus jelas karena menyangkut biaya juga. Persiapan barang-barang yang dibawa hingga rencana produk yang akan dijual. Lamanya bazar bisa seminggu atau bahkan sebulan. Semua itu harus diperhitungkan dengan matang.

Dimana

Ini juga penting. Mengetahui letak bazar yang akan diselenggarakan juga perlu menjadi perhatian. Misalnya acara bazar dilakukan outdoor atau indoor, jauh dari keramaian atau pinggir jalan, dan lain sebagainya. Nantinya, ujung-ujungnya balik lagi nanti ke biaya.

Ok, paling tidak 4 hal penting tersebut yang setidaknya harus kita perhatikan ketika akan menjual produk di acara bazar. Jika ada tambahan dari teman-teman, silahkan berkomentar dibawah.

Salam,
Pustakawan Blogger

Advertisement

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mau Jualan Produk di Acara Bazar? Perhatikan 4 Hal Penting Ini"