Tema Khusus Untuk Pustakawan Yang Ingin Meraup Dolar di Internet

Advertisement
Menulis di blog sesuai dengan bidangnya akan mendapatkan 2 keuntungan sekaligus. Pertama, dolar dan kedua, ada harapan menjadi expert sehingga meningkatnya kompetensi indvidu yang tertuang dalam aktivitas menulis setiap hari.
Rekan sejawat dimanapun berada. Jika anda seorang pustakawan seperti diriku ini dan mempunyai keinginan untuk mencari penghasilan dolar via blog di internet, sungguh peluang itu terbuka lebar. Mengapa? karena pustakawan memiliki segalanya. Dari mulai tersedianya akses informasi misal jurnal online hingga banyaknya ilmu dan pengetahuan dalam buku yang ada dirak-rak, juga koleksi grey literatur yang tersimpan didalam repository. Semuanya telah tersedia. Tinggal kita sebagai pustakawan, apakah dengan kondisi tersebut mampu mengolahnya hingga bisa menjadi sebuah informasi / pengetahuan baru yang dapat bermanfaat bagi masyarakat atau tidak?

2 keuntungan menulis kepustakawanan di blog
Blog adalah salah satu media penyebar informasi dan pengetahuan yang bersifat murah dan masal. Dengan blog pustakawan bisa menyebarkan ide dan gagasannya terutama yang berkaitan dengan dunia kepustakawanan. Bagi para pustakawan yang memang benar-benar cinta dengan dunia kepustakawanan, maka tema itu bisa jadikan pokok bahasan dalam upaya meraup dolar di internet. Kurang lebih ada banyak tema blog dengan nice khusus bagi teman-teman pustakawan apabila ingin mencobanya. Mengapa nice khusus tentang kepustakwanan ini penting bagi pustakawan? Karena kita dapat menulis sesuai dengan bidangnya dan siapa tahu kedepan bisa menjadi expert dibidang yang ditulis dalam blog itu. Sehingga ini akan dapat memperoleh dua keuntungan sekaligus. Pertama, dolar dan kedua, semakin meningkatnya kompetensi indvidu yang tertuang dalam aktivitas menulis setiap hari.

Kata Kunci Kepustakawanan Masih Minim
Memang, harus diakui segment visitor dan frekuensi pencarian kata kunci tentang dunia kepustakawanan di internet masih minim alias kalah jauh dengan nice khusus lainya misalnya tentang pendidikan, guru, kesehatan, otomotif, resep, gadget, atau politik. Untuk membuktikannya, coba aja teman-teman riset di Google Keyword Planner. Namun, yang jelas menulis diblog sesuai dengan tema yang kita kuasai apalagi berkaitan dengan pekerjaan sehari-hari, maka secara tidak langsung akan menimbulkan produktivitas yang luar biasa.  Khusus bagi pustakawan yang belum tahu asal-muasal ngeblog dapat dolar, maka sebagai pengenalan dan gambaran awal bisa membaca tulisan saya terlebih dahulu tentang Internet Marketing dan Jenisnya. Ngeblog berburu dolar yang saya istilahkan sebagai blogger bisnis, yakni salah satu jenis internet marketing dengan cara menulis (baca: 2 Jenis Blogger Versi Saya)

Berikut beberapa contoh tema blog dengan nice khusus untuk para pustakawan yang tertarik ingin menjadi blogger dalam upaya mencari dolar di internet:
  • Manajemen perpustakaan misal mencakup layanan psikologi perpustakaan, pengembangan koleksi, promosi perpustakaan, dll
  • Metode penelitian ilmu informasi dan perpustakaan
  • Aplikasi teknologi informasi kepustakawanan
  • Arsitektur informasi
  • Perpustakaan digital
  • Desain interior perpustakaan
  • Etika profesi pustakawan
  • Preservasi dan Konservasi 
  • Minat dan budaya baca masyarakat
  • Segala hal yang unik tentang dunia buku & perpustakaan
  • Resensi buku
  • Ulasan jurnal 
  • Seputar dunia menulis
  • Literasi informasi dan digital
  • Knowledge management
  • Kemas ulang informasi 
  • Bisnis informasi 
  • Komunikasi ilmiah
  • Kurasi konten
  • Informetrika, dll
Sebenarnya apabila merincinya lebih detail, selain beberapa tema khusus diatas, masih banyak tema lainya yang bisa dibahas secara khusus pula. Silahkan teman-teman pustakawan kembangkan dan cari sendiri tema-tema khusus lainya yang berkaitan dengan dunia kepustakawanan.

Lantas, bagaimana dengan pemilik blog ini? Sebagai pustakawan sekaligus blogger, tema khusus apa yang telah ditulis selama ini? Ada, akan tetapi targetnya saya khususkan untuk luar negeri. Apa blognya? Mohon maaf kalau yang ini sengaja saya rahasiakan. Tapi, kalau menyangkut menulis tentang kepustakawanan diblog ini juga sering saya torehkan. Namun demikian, nice-nya masih campuran. Padahal, akan lebih baik bila dipisahkan secara tersendiri. Mengapa demikian? Pertama, agar keyword lebih mudah bersaing di mesin pencari. Kedua, apabila mengikuti program Google Adsense, maka iklan yang tampil akan lebih spesifik. Ketiga, kumpulan artikelnya berpotensi menjadi buku dengan pembahasan yang lebih detail. Keempat, dengan nice secara khusus, kemungkinan ada pihak ketiga yang ingin menyewa banner iklan diblog kita secara mandiri karena menganggap blog yang kita buat itu relevan dengan produk yang akan ditawarkannya. Dan yang terakhir, dengan nice khusus, semoga kedepannya bisa menjadi expert karena fokus terhadap tema yang dibahasnya. Expert disini akan berkaitan menjadi seorang blogger spesialis.
Keuntungan tema blog khusus
Kira-kira seperti itulah teman-teman. Bagaimana para pustakwan dimanapun berada? Tertarik untuk mencoba? 

Salam
Pustakawan Blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tema Khusus Untuk Pustakawan Yang Ingin Meraup Dolar di Internet"