Tiga Keuntungan Ketika Ngeblog Konten Berkualitas

Advertisement
Salah satu ciri konten berkualitas dari sebuah blog adalah karena adanya gagasan atau ide-ide kreatif yang dipaparkan si penulisnya. Ide-ide kreatif ini tentu mengarah ke tulisan-tulisan yang bernada positif. Jika merujuk pada KBBI Online, istilah berkualitas dapat diartikan "bermutu baik". Ini artinya bisa juga tolak ukurnya dari segi manfaat yang didapatkan dalam tulisan tersebut dan kesederhanaan bahasa yang digunakan sehingga mudah dipahami atau pembaca dapat menangkap isi pesan yang disampaikan oleh penulis. Di artikel terdahulu saya pernah menyinggung bahwa tulisan bermanfaat diblog itu bisa mengandung sebuah investasi, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Tulisan diblog yang mengandung investasi jangka pendek biasanya lebih bersifat keduniawian. Dalam artian hasil yang didapatkan dari menulis diblog itu bisa berupa materi misal uang. Namun demikian, Walaupun pada awalnya bertujuan untuk jangka pendek, akan tetapi pada hakekatnya tetap mengarah ke tujuan jangka panjang. Karena jika kita telusuri secara detail misalnya uang yang dihasilkan dari ngeblog itu, apabila diniatkan sebagai nafkah untuk keluarga, maka bisa termasuk ladang ibadah. Begitu juga bagi yang belum berkeluarga, asal dengan tujuan baik, maka akan dicatat sebagai amal ibadah pula. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini:
Secara khusus saya ingin melanjutkan pembahasan mengenai tulisan diblog yang mengandung investasi itu. Syarat utama sebuah tuilsan yang mengandung investasi adalah kontennya berkualitas. Hal ini bisa diambil tolak ukurnya dari seberapa besar manfaat dari tulisan yang dibuat tersebut. Oleh sebab itu, menurut hemat saya ada tiga keuntungan sekaligus ketika ngeblog dengan mengutamakan konten berkualitas. Secara singkat bisa dilihat pada gambar berikut ini:
Ngeblog Konten Berkualitas
Berikut uraian gambar diatas:

Iklan
Pertama, iklan. Blog yang ramai oleh pengunjung salah satu faktornya karena konten atau tulisannya yang berkualitas. Sejalan dengan itu, maka pemilik blog bisa menyisipkan iklan atau pesan sponsor. Sistem ini bisa dengan cara bergabung mengikuti program periklanan PPC sebagai publisher (baca: Mengenal Internet Marketing dan Jenisnya) atau dengan konsep menawarkan jual slot baner sendiri. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun yang jelas, satu hal yang harus selalu diperhatikan adalah dari kualitas tulisan yang dibuat dengan banyaknya visitor yang berkunjung ke blog kita. Ini akan menjadi tambang uang yang dapat berjalan terus selama 24 jam.

Naskah Buku
Kedua, naskah buku. Berbicara mengenai naskah, maka akan berkaitan erat dengan siapa yang akan menerbitkannya. Saya menganggap sebuah tulisan yang berkualitas merupakan investasi ide atau gagasan terstruktur yang suatu saat bisa dikembangkan lebih dalam pembahasannya sehingga bisa dibuat dalam bentuk naskah buku. Konten berkualitas diblog itu bisa digunakan sebagai cikal bakal dalam menyusun naskah buku. Apabila penerbit major tidak menerima naskah yang telah kita susun, maka kita juga bisa menggunakan dengan penerbit independent (self publishing).

Narasumber
Ketiga, Narasumber. Keuntungan menulis konten berkualitas blog juga dapat membuat kita diundang menjadi narasumber. Apalagi jikalau tema yang kita bahas ada spesialisasinya tersendiri. Misalnya seorang guru yang ngeblog dengan menuliskan ide-ide kreatifnya tentang anak didiknya berdasarkan pada pengalamannya selama mengajar, kemudian setelah beberapa tahun, tulisan-tulisan yang ada diblog itu disusun untuk dijadikan naskah buku lalu diterbitkan. Maka, dalam jangka panjang ada dua keuntungan sekaligus. Pertama, kita tidak perlu bersusah payah menyusun kerangka naskah buku karena sebelumnya sudah ada investasi tulisan sehingga tinggal pengembangan pembahasannya saja. Kedua, ketika naskah buku itu diterbitkan menjadi sebuah buku, maka siap-siaplah dikemudian hari nanti akan diundang menjadi narasumber. Entah untuk mengisi bedah buku atau mengisi acara seminar yang berkaitan dengan topik spesialisasi yang dibahasa dalam buku kita. Sehingga dengan sendirinya ini akan menjadi personal branding terhadap kita.

Hayu teman-teman blogger semua, mulai saat ini yuk kita ngeblog dengan konten berkualitas. Siapa tahu tiga keuntungan yang sudah saya jelaskan diatas merupakan jalan kita untuk menjadi blogger sukses.

Salam pustakawan blogger

Advertisement

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tiga Keuntungan Ketika Ngeblog Konten Berkualitas "