Pengertian Intisari dan Contohnya

Advertisement
Barusan teman kantor bertanya kepadaku tentang pengertian intisari dan contohnya. Temanku mengatakan ketika ia mencari di internet, dia menemukan istilah intisari di Wikipedia. Sayangnya istilah intisari yang didapat dari wikipedia itu adalah menyangkut nama majalah bukan pengertian yang sebenarnya.

Akhirnya temanku ini meminjam kamus besar bahasa Indonesia cetak dan mencari istilah intisari dalam kamus tersebut. Sayapun menyarankan untuk mengunjungi KBBI Online Kemdiknas yang lebih praktis. Ternyata temanku ini tidak pernah mengunjungi situs penting tersebut. Nah, bagi teman-teman yang ingin mencari istilah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, saya sarankan tidak harus membeli atau meminjamnya. Silahkkan kunjungi situsnya atau download dalam format PDF atau bisa juga dengan menginstal softwarenya. Berikut kedua link yang pernah saya bahas:
Pengertian Intisari
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, intisari mengandung arti sebagai berikut:
Intisari adalah isi yg paling pokok atau penting; pokok isi; sari; pati; sari pati; isi atau bagian yg terpenting dr sesuatu; 
Sehingga pengertian Intisari yang dimaksud temanku itu menyangkut dunia tulis menulis misalnya Laporan Tugas Akhir, skripsi, dan tesis. Sekarang mari kita lihat pengertian intisari dalam Pedoman Penulisan Tugas Akhir dan Tesis UGM, dikatakan bahwa Intisari berisi uraian singkat tetapi lengkap yang harus mencakup latar belakang, tujuan, metode penelitian dan hasil penelitian. Lebih lanjut dalam buku pedoman tersebut bahwa pada dasarnya intisari memuat penjelasan atas pertanyaan mengapa penelitian dilakukan (why), bagaimana cara memecahkan masalah (how) dan untuk apa atau apa manfaat dari penelitian yang dilakukan (what for) yang umumnya dijabarkan menjadi 3 paragraf.

Lalu apa bedanya dengan abstract? Perbedaanya adalah intisari ditulis dalam bahasa Indonesia sedangkan abstract ditulis dalam bahasa Inggris. Sedangkan persamaannya adalah intisari dan abstract ditulis antara 100 - 200 kata, lembar intisari dan abstract dilengkapi dengan 3 - 5 kata kunci dan tidak dibenarkan ada tabel, gambar dan rumus (kecuali kalau objek yang diteliti mengenai rumus, atau formulasi kimia).

Contoh Intisari
Agar lebih jelas lagi berikut contoh intisari dan abstract:


 
Kira-kira seperti itulah pengertian intisari dan contohnya. Semoga bermanfaat.

Salam pustakawan blogger

Referensi
  • Kamus Besar Bahasa Indonesia Online
  • Pedoman Penulisan Tugas Akhir dan Tesis, 2013,  Prof. Dr. Ir. Sri Harto Brotowiryatmo, Dip.H, dkk, Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan, UGM, Yogyakarta.

Advertisement

Artikel terkait:

2 Tanggapan untuk "Pengertian Intisari dan Contohnya"

Panji m mengatakan...

terimakasih infonya mas.

tapi kalau kita mau ambil hal pentingnya saja dari sebuah buku (misalnya jaman dulu mah pakai higlighter, yg mirip spidol, stabilo), itu desebut apa? intisari atau rangkuman atau apa?

murad maulana mengatakan...

oh iya mas panji, itu mengambil istilah-istilah atau kalimat pentingnya ya. Klo diluar dinamakan "Marking atau Underlining". Salah satu tips memahami bahan bacaan dengan kegiatan itu. Selain itu ada juga bookmarking: biasanya menandai halaman penting misal dengan pembatas buku. Di dunia website biasanya istilah bookmarking berfungsi untuk menandai web-web bagus biar memudahkan ketika ingin membaca lagi.