Perbedaan Biografi dan Autobiografi Serta Contohnya

Advertisement
Pernah dengar istilah biografi atau autobiografi? Bagi yang sering membaca tentu sering mendengar istilah tersebut. Lantas apa perbedaaan dari keduanya? Untuk melihat perbedaan dari kedua istilah diatas, mari kita lihat pengertian dasar beserta contohnya.

Pengertian Biografi dan Autobiografi
Dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) online, biografi adalah riwayat hidup (seseorang) yg ditulis oleh orang lain. Sedangkan autobiografi yakni riwayat hidup pribadi yg ditulis sendiri.
Dalam laman wikipedia, biografi adalah kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang. Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekedar daftar tanggal lahir atau mati dan data-data pekerjaan seseorang, biografi juga bercerita tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut. Dalam biografi tersebut dijelaskan secara lengkap kehidupan seorang tokoh sejak kecil sampai tua, bahkan sampai meninggal dunia. Semua jasa, karya, dan segala hal yang dihasilkan atau dilakukan oleh seorang tokoh dijelaskan juga.
Sedangkan autobiografi disebut juga otobiografi yang berasal dari bahasa Yunani yang memiliki pengertian yakni biografi yang ditulis oleh subjeknya (atau, dalam penggunaan modern, dikarang bersama-sama dengan penulis lain dan disebutkan sebagai "sebagaimana diceritakan" atau "dengan"). Lebih lanjut dalam Wikipedia tersebut bahwa Pengarang biografi biasanya mengandalkan berbagai sudut pandang dan bemacam ragam dokumen, sedangkan otobiografi bisa saja didasarkan sepenuhnya pada ingatan pengarang. Otobiografi juga terkait dengan memoar, dan kadang-kadang agak sukar membedakan keduanya.

Perbedaan Biografi dan Autobiografi
Dari pengertian yang diambil dari KBBI dan Wikipedia diatas, maka dapat kita simpulkan perbedaannya sebagai berikut:
  1. Informasi yang terkandung dalam sebuah biografi ditulis oleh orang lain dengan mengandalkan studi literatur, dokumen penting, atau bahkan dengan memanfaatkan narasumber sebagai saksinya dalam mengungkap persitiwa dengan fakta-fakta yang ada. Informasi biografi seseorang biasanya akan mengandung hikmah, motivasi dan sejarah penting yang dapat dijadikan suri teladan bagi yang membacanya. Subjek dalam penulisan biografi mengarah kepada orang-orang besar atau tokoh terkenal yang mempunyai banyak jasa, karya ataupun pemikirannya yang banyak bermanfaat untuk kehidupan manusia.     
  2. Sedangkan autobiografi atau otobiografi ditulis oleh sendiri atau dengan pengarang lain berdasarkan pengalamannya selama ia menjalani kehidupannya. Biasanya akan berisi informasi mengenai masa kehidupannya dari yang sulit hingga mencapai keberhasilan. Seringkali isi dalam autobiografi hanya menampilkan informasi yang bersifat positif. Sebagai contoh dalam ranah politik seringkali penulisan buku autobiografi dari seorang pejabat bertujuan untuk pencitraan. Walaupun tidak semuanya dengan tujuan tersebut akan tetapi inti dari autobiografi ini adalah agar masyarakat mengenal dan mengetahui dengan apa yang dilakukannya selama ia hidup sehingga bisa diambil hikmah atau pelajaran berharga bagi pembacanya.

Contoh Biografi dan Autobiografi
Berikut ini contoh biografi singkat dari Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Presiden Republik Indonesia yang diambil dari website presidenri.go.id
Contoh biografi singkat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)
Contoh biografi singkat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)
Contoh biografi singkat Moh. Mahfud MD yang ada dalam website resminya seperti: Aktivitas Mengajar, Karier Pekerjaan dan Jabatan, Keluarga, Alasan dan Target Menjadi Hakim Konstitusi, Guru Besar Tercepat Dalam Usia Muda, Bekerja Sebagai Dosen, Organisasi Kemahasiswaan, Masa kuliah, Kilas Pendidikan, dan Asal Muasal Inisial MD
Contoh biografi singkat Moh. Mahfud MD
Contoh biografi singkat Moh. Mahfud MD
 Contoh biografi singkat Anies Baswedan dalam Infographic di aniesbaswedan.com

Contoh biografi dalam bentuk buku  / buku biografi misalnya:
  • Melunasi Janji Kemerdekaan: Biografi Anies Rasyid Baswedan yang di tulis oleh Muhammad Husnil
  • Biografi Ibnu Khaldun : Kehidupan dan Karya Bapak Sosiologi Dunia yang di tulis oleh  Muhammad Abdullāh Enan
  • Biografi Abu Bakar ash-Shiddiq yang di tulis oleh Dr. Muhammad Husain Haikal
  • Biografi Gus Dur yang di tulis oleh Greg Barton
  • Fajar Kebangunan Ulama : Biografi KH. Hasyim Asy'ari yang di tulis oleh Drs. Lathiful Khuluk, M.A.
Contoh biografi dalam bentuk buku
Contoh buku biografi
Contoh autobiografi dalam bentuk buku / buku autobiografi misalnya:
  • Titik-Titik Kisar di Perjalananku : Autobiografi Ahmad Syafii Maarif  yang di tulis oleh Ahmad Syafii Maarif  
  • Alex Ferguson, Autobiografi Saya yang di tulis oleh Alex Ferguson
  • Menerobos Kegelapan Sebuah Autobiografi Spiritual yang di tulis oleh Karen Amstrong
  • Selalu Ada Pilihan yang di tulis oleh Susilo Bambang Yudhoyono
Contoh buku autobiografi
Contoh buku autobiografi

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Perbedaan Biografi dan Autobiografi Serta Contohnya "