Contoh Membuat Abstrak Indikatif Koleksi Perpustakan Berbahasa Asing

Kalau masalah angka kredit pustakawan terkait abstrak, sepertinya saya sering bahas. Misalnya saja abstrak informatif berbahasa Indonesia

Nah, kali ini saya coba share lagi contoh membuat abstrak indikatif koleksi perpustakaan berbahasa asing. Seperti biasa, ini kasusnya yang saya alami sebagai pustakawan muda. 

Berbahasa asing ini sepertinya diluar Bahasa Indonesia dan daerah. Jadi, bisa Jerman, Perancis, Inggris, Arab, dan lain sebagianya. 

Nah, kalau di perpustakaan saya, paling banyak ya Inggris walaupun ada juga Jerman, Korea, dan Jepang. 

Apa itu abstrak indikatif? Mari kita lihat lagi pengertiannya berdasarkan Peraturan Perpustakaan Nasional Nomor 11 Tahun 2015 tentang Petunjuk Teknis Jabatan Fungsional Pustakawan Dan Angka Kreditnya, Halaman 59. 

Abstrak indikatif adalah kegiatan membuat ikhtisar atau uraian singkat tetapi akurat yang mewakili isi dokumen tanpa tambahan interpretasi atau kritik dan tanpa melihat siapa penulis dokumen tersebut. Abstrak dibuat dari koleksi perpustakaan berbahasa asing (antara 51-100 kata) untuk memberikan gambaran mengenai cakupan umum isi dokumen, sehingga pembaca dapat mempertimbangkan koleksi yang akan dibaca. Abstrak ini belum pernah dibuat oleh orang lain.

Ok, sekarang berapa nilainya? 0,040

Satuannya apa? Judul 

Bukti fisiknya seperti apa? Konon katanya abstrak indikatif koleksi perpustakaan dilengkapi dengan deskripsi bibliografis. Kalau saya sendiri kira-kira seperti ini:

Contoh abstrak indikatif

Pertama, deskripsi bibliografisnya (sekitar 6 saja, seperti judul, pengarang, penerbit, dst). Tak lengkapi cover buku.

Kedua, pastinya konten/isi abstraknya. 

Ketiga, karena saya sudah ada di katalog daring, jadi saya sematkan juga untuk link (tautan) koleksinya. 

Beberapa yang perlu diperhatikan ketika membuat abstrak indikatifnya: tanpa tambahan interpretasi atau kritik dan juga penulisnya. Kalau saya sendiri kadang memang tak tulis juga penulisnya siapa, tapi seringnya juga saya abaikan. Oh iya, menariknya gak usah panjang-panjang, antara 51-100 kata saja. he...he..

Komentar