Pengertian Radikalisme dan Contohnya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Radikalisme adalah sebuah istilah yang sempat naik daun ketika ada peristiwa-peristiwa misalnya seperti tragedi bom yang selalu dikaitkan dengan terorisme. Pengertian singkat menurut KBBI Daring, bahwa radikalisme yaitu:

  1. Paham atau aliran yang radikal dalam politik
  2. Paham atau aliran yang menginginkan perubahan atau pembaharuan sosial dan politik dengan cara kekerasan atau drastis
  3. Sikap ekstrem dalam aliran politik

radikalisme

Pengertian ketiganya mengarah pada bidang politik yang selalu mengedepankan pertama, perubahan yang secepatnya, bahkan mengarah pada bentuk kekerasan. Kedua, bersifat ekstrem atau tidak biasanya dan ini merupakan bentuk dari keinginan proses yang lebih cepat.

Lantas, apakah radikalisme ini selalu dikaitkan dengan politik? Dalam makna yang lebih luas bisa jadi iya, ada kaitannya dengan politis. Dalam lingkup yang lebih sempit, misalnya ketika dijalankan, nyatanya tidak selalu dengan cara-cara kekerasan dan bersifat drastis. 

Dalam kehidupan sehari-hari misalnya pada dunia pendidikan dimana ada banyak berita mengenai paham-paham radikalisme yang sudah masuk dalam kegiatan belajar-mengajar di dunia pendidikan. Berikut beberapa beritanya:

  • Tangkal Radikalisme di Dunia Pendidikan (Republika, 8/11/2017)
  • Waspada, Radikalisme Sudah Masuk Sekolah Lewat Ajaran Guru (Kompas, 3/1//2017)
  • Cegah radikalisme, Menag minta guru awasi kegiatan keagamaan sekolah (Merdeka, 7/7/2017)

Proses Panjang

Paham-paham radikalisme misalnya yang diajarkan di sekolah-sekolah dalam jangka pendek, memang tidak akan berpengaruh langsung. Pengaruhnya adalah dalam jangka panjang untuk masa depan. Oleh karena itu, proses radikalisme ini tentu tidak sekonyong-konyong ada, melainkan melalui proses panjang dan karena ada situasi di lingkungan yang membuat mereka menganggap harus melakukan itu. Titik pointnya adalah bibit-bibit pemikiran yang melenceng dari koridor hukum yang sudah ditetapkan. Sehingga radikalisme pada dasarnya adalah sebuah proses yang bisa tumbuh subur dikarena adanya oknum-oknum tertentu dengan tujuan tertentu pula.

Dilain pihak, tentu saja masih ada perdebatan terkait pengertian radikalisme ini. Kalau menurut teman-teman bagiamana?

Referensi

  • https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/radikalisme
  • http://nasional.kompas.com/read/2017/11/03/15440831/waspada-radikalisme-sudah-masuk-sekolah-lewat-ajaran-guru
  • http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/17/11/08/oz3qks380-tangkal-radikalisme-di-dunia-pendidikan

Komentar