Pengertian Fastabiqul Khairat, Kunci Kesuksesan Umat Islam

Kalau sudah mendengar istilah Fastabiqul Khairat, maka hal yang paling kita mudah di ingat adalah ketika istilah tersebut pernah di katakan oleh Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi, Mantan Gubernur NTB dan AA Gym, pendiri Pondok Pesantren Darut Tauhid. Keduanya bisa dibaca pada judul berita sebagai berikut:

  • TGB Zainul Majdi: Menyenangkan Semua Orang Itu Sesuatu yang Mustahil (Tribunnews, 7 Juli 2018)
  • Aa Gym: Pilpres Ajang Fastabiqul Khoirot (Detik, 13 Agustus 2018)

Berikut petikan beritanya:

  • Pilpres (pemilihan presiden) seyogyanya adalah Fastabiqul Khairat. Berlomba-loma berbuat kebaikan, bukan pertandingan antar kandidat (Aa Gym) 
  • Kalau kita berkontestasi politik atau apapun, letakkan itu dalam “fastabiqul khoirot". Letakkan itu dalam “lita’arafu” (TGB)

Pengertian Fastabiqul Khairat

Istilah yang dilontarkan oleh kedua tokoh besar tersebut, tentunya memiliki makna mendalam karena bersumber dari Alquran surat Al-Baqaroh, ayat:148 yang terjemahannya sebagai berikut:

Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan. Di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Selain itu, pada logo pemuda Muhammadiyah juga ternyata tertulis semboyan dengan huruf arab: Fastabiqul Khairat. Dari situ, sebenarnya sudah jelas pengertiannya, yakni berlomba-lombalah dalam mengamalkan kebaikan dan keutamaan. Tidak berbeda jauh dengan yang telah disebutkan dua tokoh TGB dan Aa Gym tersebut, yaitu berlomba-lomba dalam hal kebaikan.

Logo Pemuda Muhammadiyah
Credit: https://pemudamuhammadiyah.org/lambang/

Menariknya dalam buku yang terkait remaja Islami, juga ternyata menyinggung istilah Fastabiqul Khoirot yang sama juga diambil dari Alquran, surat Al-Baqaroh:148. Berikut petikannya:

Kalimat itu menggunakan fi'il amr yang dalam bahasa arabnya merupakan kata perintah. Ini artinya, seorang wajib untuk selalu berlomba. Sedangkan khairat menggunakan ism jama' yang artinya berbagai jenis kebaikan. Jadi, wajib hukumnya seorang muslim berlomba-lomba dalam kebaikan.

Kunci Sukses Umat Islam

Dalam sebuah tulisan di Republika yang berjudul "Etos Fastabiqul Khairat", satu hal yang lebih menarik lagi adalah bahwa Fastabiqul Khairat merupakan kunci kesuksesan kemajuan umat Islam karena dengan itu bisa memberikan motivasi agar selalu berpikir kreatif, inovatif, dan konstruktif. 

Nah, dengan demikian sudah jelaskan dengan pengertian atau maknanya? Bagaimana wahai para pemuda dan pemudi muslim? Siap mengaktualisasikan etos fastabiqul khairat dalam kehidupan sehari-hari? Semoga.

Referensi

  • Alquran
  • Badriah, Fase.2005.Boyz Only:Petunjuk Islami Kesehatan Reproduksi bagi Remaja Cowok, Jakarta: Gema Insani.
  • http://www.tribunnews.com/nasional/2018/07/07/tgb-zainul-majdi-menyenangkan-semua-orang-itu-sesuatu-yang-mustahil
  • https://20.detik.com/detikflash/20180813-180813001/aa-gym-pilpres-ajang-fastabiqul-khoirot
  • https://pemudamuhammadiyah.org/lambang/ 
  • https://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/hikmah/16/02/03/o1ybhy301-etos-fastabiqul-khairat

Komentar