Bagaimana Merencanakan Liburan Akhir Tahun? Ini Dia Tipsnya

Sebentar lagi liburan akhir tahun akan tiba. Pengalaman saya kecil yang tinggal di kampung memang tak pernah memikirkan libur akhir tahun datang. Bahkan, hingga direncanakan akan kemana. Maklum, namanya juga orang kampung, anake wong tani, tapi biasanya akan lain bagi orang tua yang katakanlah bekerja sebagai pegawai/karyawan, maka biasanya akan mengajak keluarga, misalnya istri dan anak-anaknya berlibur pergi ke suatu tempat. Dalam konteks sosial, masyarakat urban dengan strata tertentu juga yang sering melakukan liburan. Entah kemana, tapi tentu saja kalau itu dianggarkan.

Kenapa Perlu Liburan?

Ngomong-ngomong soal liburan akhir tahun, kenapa sih orang perlu liburan? Pertanyaan tersebut adalah pertanyaan sederhana dan sudah lazim. Akan tetapi, saya yakin setiap individu alasannya akan berbeda-beda. Ada yang mengisi liburan dengan tidak pergi kemana-kamana alias di rumah saja, tapi diisi dengan kegiatan positif dan kreatif misalnya membaca, membuat karya hand made, dan lain sebagainya. Ada juga yang tipe keluarga yang harus jalan-jalan keluar kota misalnya mengunjungi kerabat atau kakek dan neneknya. Ada juga yang menganggap tak perlu liburan misalnya seperti yang saya alami kecil dulu. Liburan, cukup diisi dengan bermain bersama teman-teman di kampung. Bermain dengan aneka permainan tradisional.

Floating Market, Lembang, Bandung
Floating Market, Lembang, Bandung.

Apapun itu, yang jelas liburan bagi setiap individu itu akan dimaknai berbeda. Satu hal yang mungkin sepakat adalah tujuan mengisi waktu liburan adalah bukan hanya sekedar untuk hiburan semata, melainkan ada tujuan lain misal sekalian silaturahim. Bisa juga untuk menambah keharmonisan keluarga. Menghilangkan penat sejenak dari rutinas kerja, di mana dengan melakukan liburan minimal akan tercipta komunikasi keluarga yang semain akrab. Apalagi di era internet sekarang ini, salah satu tantangan terberat keluarga berkumpul utuh adalah sulitnya saling berkomunikasi dari hari ke hati, face to face karena adanya gadget seperti telepon pintar. Untuk itu, dengan melakukan liburan bersama-sama dan berkomitmen untuk membuat peraturan, liburan tanpa telepon pintar, maka akan semakin menarik. Telepon pintar boleh digunakan hanya untuk dokumentasi misalnya mengambil foto atau video guna mengabadikan moment terindah bersama keluarga.


Persiapan Rencana Liburan Akhir Tahun

Ok, terlepas alasan perlu atau tidaknya liburan, itu adalah hak masing-masing individu. Namun, bagi siapa saja yang ingin merencanakan liburan akhir tahun ini, kira-kira apa sih yang perlu dipersiapkan bagi orang tua? Idealnya, kita menginginkan liburan yang murah meriah. Lebih bagus lagi kalau bersifat edukatif. Di blog ini memang saya sering menuliskan alternatif liburan yang bersifat edukatif dan murah meriah berdasarkan pengalaman saya sendiri. Silakan baca disini:

Tips Mempersiapkan dan Merencankan Liburan 

Ada lima hal penting jika teman-teman ingin mempersiapkan sekaligus merencanakan liburan akhir tahun. Pertama, waktu. Kedua, biaya. Ketiga, manfaatnya. Kempat, kesehatan. Kelima, tempatnya. Menyoal waktu, tentunya diperlukan waktu yang tepat, misalnya orang tua cuti dari kantor dan bertepatan dengan sekolah anak-anak libur.

Sementara itu, menyoal manfaat, maka harusnya liburan itu bernuansa edukatif. Artinya bermanfaat dari sisi kognitif, afektif dan pastinya juga psikomotorik. Lalu, menyoal biaya, maka diusahakan seminimalis mungkin. Bahkan, kalau perlu tidak mengeluarkan sepeserpun. Walaupun secara itung-itungan matematis, saya kira tidak mungkin karena pastinya tetap diperlukan biaya misalnya untuk transportasi, makanan, dan lainnya. Oleh karena itu, seperti yang saya bilang, maka sebaiknya sebisa mungkin dengan biaya minimalis. Mungkin, bagi mereka yang berduit, tentu biaya tidaklah menjadi masalah. Sungguh suatu hal yang patut disyukuri.

Bagaimana dengan kesehatan? Pastinya juga penting. Apalah arti liburan, jika fisik kita tidak sehat. Oleh karena itu, jangan lupa selalu jaga kesehatan sebelum pergi berlibur. Kesehatan adalah sebuah nikmat yang tak bisa dibandingkan dengan empat lainnya itu. Sedangkan pemilihan tempat berlibur juga perlu menjadi perhatian dan pertimbangan.

Nah, lima persiapan tersebut, tentunya tak asik jika saya tidak mencontohkannya. Berikut ini video tips tentang wisata edukatif dengan biaya murah berdasarkan pengalaman saya sendiri. Barangkali mungkin bisa menjadi rekomendasi liburan akhir tahun teman-teman.

 

Selamat berlibur teman-teman,

Komentar

Bang Doel mengatakan…
Saya mah yang deket-deket aja pak... mentok ke Taman Cimanuk atau Islamic Center, biar dibilang lebih cinta tempat wisata lokal, padahal aslinya karena kere... hehe
Murad Maulana mengatakan…
Halo bang doel? He..2. Taman Cimanuk sama Islamic Center juga bagus itu bang doel. Jangan lupa perpustaakaan umum indramayu juga ok loh.he..2
Hendi Seluziin mengatakan…
emang segala sesuatu perlu persiapan sih
Murad Maulana mengatakan…
enggih kang hendi