Resensi Buku Rahasia di Balik Usia 40 Tahun Karya Dr. Ahmad Annuri, M.A

Advertisement
Kendati saat ini saya belum berumur 40 tahun, tapi membaca judul bukunya saja, membuat saya penasaran. Memang apa judul bukunya?

Judulnya adalah Rahasia di Balik Usia 40 Tahun: Langkah-Langkah Penting dan Praktis Menyambut Usia 40 Agar Bekal Amal Lebih Maksimal Menuju Tujuan Final, karya dari Dr. Ahmad Annuri, M.A. Saya megetahui buku tersebut langsung dari penulisnya ketika melakukan bedah buku singkat di Masjid Al-Hidayah kantor.
Bedah Buku Rahasia di Balik Usia 40 Tahun
Bedah Buku Rahasia di Balik Usia 40 Tahun di Masjid Al-Hidayah
Pokok bahasan dalam buku tersebut dibagi ke dalam dua bab. Ya, dua bab saja, namun uraian pentingnya adalah pada pada lima langkah yang menurut hemat penulis itu begitu penting harus segera dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari.

Resensi Buku Rahasia di Balik Usia 40 Tahun
Cover Buku Bedah Buku Rahasia di Balik Usia 40 Tahun
Sejatinya uraian dalam buku tersebut didasari pada awal pembahasan tentang apa sebenarnya hakikat umur 40 tahun? Lalu langkah-langkah ideal apa saja yang harus dilakukan ketika sudah menginjak umur 40 tahun karena sisa hidup manusia itu tinggal 1/3 saja. Hal itu jika merujuk pada umur umat Nabi Muhammad yang hanya mencapai usia hanya 60-70 tahun-an, maka sisa umur 1/3 itu tidak akan bisa mengejar ketertinggalan amal untuk bekal kelak di akherat nanti. Oleh karena itu, menurut hemat penulis harus melakukan lima langkah penting berdasarkan surat Al-Ahqaf [46]:15). Hakikat umur 40 tahun itu mencakup kedewasaan seseorang, kesempurnaan dan kematangan fisik dan mental. Fase keyakinan hati dan pemikiran, persimpangan jalan, permulaan penuaan, dan permulaan tahapan baru seseorang (Hal 16-24).

Adapun lima langkah-langkah tersebut adalah sungguh-sungguh dalam mensyukuri nikmat, melakukan akselerasi atau percepatan amal shalih, mendidik keluarga yang shalih, melakukan taubatan nashuha, dan istiqamah.
Lima Langkah Penting
Lima Langkah Penting
Dari hal yang paling kecil, mungkin seringkali kita melupakan nikmat yang telah diberikan Allah, SWT kepada kita. Harta, kesehatan, nikmat iman Islam yang paling besar, sudahkah kita melakukan syukur?
Baca Juga: Lima Tingkatan Nikmat Yang Harus di Syukuri Agar Selalu Berbuat Kebaikan
Selama hidup, sudahkah kita berpikir untuk memperbanyak sekaligus mempercepat amal shalih yang kita perbuat? Dalam kehidupam sehari-hari, mungkin kita sering tidak menyadarinya, bahwa sejatinya hidup ini begitu cepat. Terlalu sering membuang-buang waktu yang tak berguna. Sungguh suatu hal yang merugi.

Bagaimana dengan keluarga, anak dan istri kita? Sudahkah kita membimbingnya menjadi manusia yang benar-beanr bertakwa? Pendidikan anak harus diperhatikan apalagi menyangkut pendidikan agama Islam. Apa yang sudah kita perbuat untuk generasi penerus masa depan kita?

Melakukan taubat yang seringkali kita tunda-tunda, lalu mengulanginya lagi tanpa beban, tanpa merasa bersalah. Sungguh perbuatan yang bagi saya sendiri sering melakukannya.  Astaghfirullah hal adzim.
Baca Juga: 3 Hal Yang Harus Dilakukan Agar Menjadi Manusia Beruntung
Istiqamah dengan amal shalih yang sudah kita perbuat, mampukah itu kita pertahankan secara terus-menerus?

Lima langkah penting diatas, semuanya diuraikan oleh penulis begitu detail dan mendalam. Tentunya berdasarkan Alquran dan Hadis. Buku yang ditulis oleh dosen STID Mohammad Natsir ini menarik untuk dibaca karena paling tidak kita akan menemui empat inti dari setiap pembahasan lima langkah tersebut. Pertama, terkait definisi, hakikat, manfaat dan caranya. Setelah membacanya, tentunya tinggal bagaimana setiap individu muslim untuk mempraktikannya.

Yang menarik adalah dalam buku ini sebenarnya tersedia informasi secara khusus pada bagian penutup berupa kesimpulan dari awal pembahasan hingga akhir sehingga bagi pembaca yang belum sempat membacanya karena berbagai hal, maka bisa langsung menuju kesimpulan (Hal.139-1411). Tapi, saran saya jangan hanya membaca kesimpulan, akan lebih baik meluangkan waktunya untuk membaca semuanya karena buku ini tidaklah terlalu tebal hanya 156 halaman. Saya kira bisa diselesaikan dalam waktu 2 jam saja. Namun yang paling penting adalah praktik setelah membacanya. Semoga kita semua diberikan kemudahan oleh Allah, SWT untuk melakukan lima langkah penting tersebut. Amin

Selamat membaca...

Keterangan Buku:
  • Judul: Rahasia di Balik Usia 40 Tahun:Langkah-Langkah Penting dan Praktis Menyambut Usia 40 Agar Bekal Amal Lebih Maksimal Menuju Tujuan Final
  • Pengarang:  Dr.Ahmad Annuri, M.A
  • Edisi: 1
  • Penerbit: Pro-U Media
  • Tahun Terbit: 2017
  • Halaman: 156 Hal
  • Tempat Terbit: Yogyakarta
  • ISBN: 978-602-7820-75-3
  • Harga: Rp. 30.000
Salam,
Pustakawan Blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Resensi Buku Rahasia di Balik Usia 40 Tahun Karya Dr. Ahmad Annuri, M.A"