5 Artikel Terpopuler di Bog muradmaulana.com Tahun 2014

Menginjak awal tahun 2015 ini, saya ingin secara khusus membahas tentang 5 artikel terpopuler atau yang sering dibaca oleh pengunjung blogku selama tahun 2014. Anggap saja ini sebuah catatan akhir di blog muradmaulana.com. Berikut 5 artikel tersebut:

5 Artikel Terpopuler di Bog muradmaulana dot com Tahun 2014
Batu Bacan
Artikel pertama yang banyak dibaca adalah tentang dunia batu, yakni batu bacan. Judul lengkapnya yaitu Asal-Usul, Jenis, Warna dan Harga Batu Bacan. Artikel ini saya tulis karena inspirasi teman-teman kantor yang hobi dengan dunia batu. Bukan hanya sekedar hobi mengumpulkan saja, bahkan ada yang secara serius hingga menekuni bisnis batu mulia. Saat itu batu yang sedang menjadi buah bibir adalah batu bacan. Karena setiap hari tidak luput dari pembahasan batu bacan, jadilah saya menulis secara khusus tentang batu bacan tersebut. Dunia batu memang terbilang unik. Kalau sudah ketemu sesama pecinta batu, maka bisa lupa waktu untuk membincangkannya. Artikel ini saya publish tanggal 6 September 2014 dengan jumlah page views 40.415.

Mengubah Dokumen PDF ke JPG
Artikel ini saya tulis ketika sedang browsing di internet dan menemukan sebuah website dengan menawarkan fitur untuk mengubah dokumen dari PDF ke JPG. Saya lalu membuat tutorial singkatnya lengkap dengan videonya. Alhamdulillah, banyak pembaca yang merasa bermanfaat dengan berkomentar baik di blog maupun via facebook. Judul artikel tersebut yaitu Cara Mengubah Dokumen PDF ke Format JPG. Artikel ini saya publish tanggal 30 Desember 2013 dengan jumlah page views 32.823.

Tips Mutasi PNS
Artikel ini sebuah catatan pengalaman sendiri ketika melakukan mutasi PNS dari daerah ke pusat. Tak disangka-sangka, banyak teman-teman PNS yang antusias untuk bertanya dan mendiskusikannya. Dalam artikel tersebut saya mendeskripsikan tips-tips mutasi PNS agar berjalan lancar sesuai yang di harapkan. Alhamdulillah, dari artikel tersebut saya banyak menambah teman-teman PNS dari seluruh Indonesia. Tips-tips yang saya ceritakan juga diimplementasikan oleh istri saya sendiri ketika melakukan mutasi dan Alhamdulillah juga berhasil. Beberapa teman PNS juga ada yang memberitahukan kepada saya tentang keberhasilan mutasinya. Selain tentang tips, saya juga menawarkan contoh surat mutasi PNS (lolos butuh) dan berkas lainya yang saya scan ke format JPG. Untuk judul artikel tersebut adalah Tips Mutasi PNS: Sebuah Pengalaman Pribadi. Artikel ini dipublish pada tanggal 4 Oktober 2013 dengan jumlah page views 30.557.

Biografi dan Autobiografi
Sebagai seorang pustakawan, saya harus tahu perbedaan antara biografi dan autobiografi. Untuk itu saya secara khusus menulis perbedaan dari keduanya. Pengertian kedua istilah itu saya ambil dari wikipedia dan Kamus Besar Bahasa Indonesia Online (KBBI), lalu saya simpulkan menjadi dua pokok garis besar. Untuk mempermudah saya juga memberikan contoh biografi dan autobiografi baik berupa website maupun dalam bentuk buku yang diterbitkan. Untuk judul artikelnya adalah Perbedaan Biografi dan Autobiografi Serta Contohnya. Artikel ini dipublish pada tanggal 15 April 2014 dengan jumlah page views 23.951.

Undangan Tahlil
Artikel terakhir yang populer atau sering dibaca adalah tentang Contoh Surat Undangan Tahlil. Artikel ini saya tulis karena pengalaman pribadi. Saat itu saya disuruh ibu untuk membuat surat undangan tahlil yang ke 40 kepada sanak saudara dan tetangga. Alhamdulillah ada beberapa pembaca yang merasa bermanfaat dengan meninggalkan komentar lewat facebook. Undangan tahlil ini biasanya lebih cenderung ke warga NU dan kebetulan sejak kecil saya dibesarkan dengan tradisi di lingkungan NU. Oleh karena itu, acara tahlil pasti diadakan terutama untuk mendo'akan orang-orang yang sudah meninggal. Artikel ini dipublish pada tanggal 30 Desember 2014 dengan jumlah page views 23.593.

Nah itulah 5 artikel terpopuler di tahun 2014 yang pernah saya tulis diblog sederhanaku, yakni  muradmaulana.com. Semoga semua artikel yang saya buat dapat bermanfaat untuk yang membacanya. Amin

Sebagai tambahan untuk 5 artikel terpopuler lainya sebagai berikut:
  • Daftar Lembaga Pemerintah Non Kementrian (LPNK) di Indonesia dipublish pada tanggal 1 Desember 2013 dengan jumlah page views 19.746.
  • Peluang Usaha Kertas Bekas dan Harga Pasarannya dipublish pada tanggal 25 Maret 2014 dengan page views 13.279.
  • Tabel Besarnya Tunjangan Kinerja aka Remunerasi PNS Untuk 27 Kementerian / Lembaga dipublish pada tanggal 16 Desember 2013 dengn page views 11.166.
  • Contoh Nota Dinas dan Formatnya dipublish pada tanggal 14 Maret 2014 dengan page views 9.813. 
  • Download dan Coba Simulasi CAT CPNS Versi Offline dipublish pada tanggal 29 Agustus 2014 dengan page views 8.788.
Untuk masing-masing link artikel diatas silahkan baca di sitemap blog. Selamat tahun baru 2015. Semoga tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Amin

Salam blogger pustakawan

Komentar