Comments
9 Comments

9 Tanggapan untuk "11 Pertanyaan Umum Tentang Mutasi PNS"

Wandi Mawardi mengatakan...

saya ingin bertanya aturan tentang lamanya waktu penangguhan penempatan mutasi PNS dari tempat lama ke tempat baru... misal dalam SK Mutasi diperintahkan paling lambat bekerja di tempat baru 15 Des 2014... pertanyaannya berapa lama batas waktu penangguhannya terhitung dari tanggal 15 des 2014 tersebut?
terima kasih

murad maulana mengatakan...

Wandi: Setahu saya tidak ada aturan yang terkait. Begitu sudah ada SK tertera tgl mulai bekerja di kantor baru, maka sebaiknya langsung bekerja sesuai di tgl yang adaa di SK. Kalaupun ada, penglaman saya hanya diberi waktu satu minggu untuk membereskan pekerjaan lama. Itu juga kebijakan dari atasan dikantor yang baru itu.

Atau apabila ada teman2 PNS yang mengetahui terkait aturan batas waktu penangguhan, mohon dikasih tahu ya. Terima kasih

Puspa Mawar mengatakan...

Bagaimana jika dalam surat pernyataan perjanjian kerja di salah satu universitas, ada pasal yang mewajibkan cpns atau pns bertugas dan tidak akan mengundurkan diri atau mengajukan pindah universitas atau instansi lain minimal 20 tahun. Jika menyalahi pasal tersebut harus membayar denda 200juta ke universitas. Apakah jika ingin mutasi ke universitas lain karena ikut suami yang swasta artinya harus tetap membayar 200juta? Lalu bagaimana mekanisme pembayarannya apakah dengan pemotongan gaji per bulan?
Dalam pasal di perjanjian tersebut juga tidak ada keharusan bekerja minimal 5 tahun, apakah ada aturan lain yg mengikat pns harus mengabdi selama 5 tahun? Mohon sharing pengalamannya.. Terima kasih

murad maulana mengatakan...

Puspa: Sesuai perjanjian, logikanya tetap harus membayar mba puspa. Untuk mekanisme pembayaran saya kira ada dalam surat perjanjian tersebut. Keharusan bekerja minimal 5 tahun itu tiap daerah akan berbeda mba. Seperti saya ketika baru menjadi cpns, tidak menandtangani surat perjanjian misal tidak boleh mutasi setelah 5 tahun. Jadi, ada kebebasan. Disisi lain, untuk daerah lain semua cpns harus menandatangani surat tidak boleh mutasi selama 5 tahun. Bahkan ada juga yang menandatangai jika mengundurkan diri dari cpns harus membayar denda (jika masih cpns).

pepatahh hikmahh mengatakan...

SK Mutasi saya sdh diterima dari BKN. Karena istri (PNS) dan anak anak saya 4 orang tidak mau.ikut pindah antar propinsi antar pulau.
Bisakah SK Mutasi Pindah saya tersebut dibatalkan dan saya kembali ke tempat semula ?? Bagaimana cara nya ??

murad maulana mengatakan...

pepatahh hikmah: wah sepertinya harus ditanyakan langsung ke BKN nya. Karena jujur, saya baru menemui kasus kaya mas ini. Mohon maaf belum bisa share pengalaman tentang itu.

IWAN IRAWAN mengatakan...

Saya sekarang sedang mengikuti Tugas Belajar..kemaren saya dapat berita kalau saya dimutasi ke dinas lain..sedangkan diperjanjian kontrak saya..saya bersedia ditempatkan di instansi asal saya..saya bingung dengan kinerja BKD..padahal di SK TuBEL saya sudah menjelaskan..mohon petunjuknya

Ata Ta mengatakan...

kalau masih punya hutang ( di bank ) tapi ingin mutasi ke provinsi lain gimana ya? padahal kan di salah satu persyaratan mutasi ada surat pernyataan tidak sedang tersangkut paut dgn masalah utang piutang

murad maulana mengatakan...

Mba Ata: Kalau memang ada list peraturannya, berarti tidak ada cara lain kecuali melunasi dulu.

Referensi

Kesehatan

Wisata

Motivasi

Bisnis

Dunia PNS

Blog & Blogger

Religi

Celoteh

Trik Menulis