Wisata Musiman Menjelang Idul Adha

Advertisement
Apa yang dimaksud dengan wisata musiman menjelang Idul Adha? Begini lho, menjelang hari raya Idul Adha, dimasjid-masjid sudah ada tempat khusus untuk sapi dan kambing sebagai kurban. Sapi dan kambing tersebut adalah milik para warga yang akan berkurban melalui panitia penyembelihan hewan kurban di masjid. Nah, biasanya tempat tersebut akan dipenuhi oleh anak-anak kecil yang penasaran dengan sapi dan kambing. Mungkin untuk kambing sudah menjadi pemandangan biasa, namun akan berbeda dengan sapi yang jarang ditemui terlebih tubuhnya yang besar makin membuat anak-anak terheran-heran.

Keira berfoto didepan hewan kurban Idul Adha

Saya sendiri mengajak anaku Keira dan Fikri  mengunjungi tempat sapi dan kambing di Masjid Al-Hidayah Pamulang. Anaku tampak antusias melihat sapi-sapi yang begitu besar. Biasanya anaku bisa melihat sapi melalui buku dan televisi. Kini dia bisa melihat secara langsung. Inilah yang saya sebut sebagai wisata musiman murah menjelang Idul Adha karena selain adanya setahun sekali juga tanpa harus mengeluarkan kocek untuk melihatnya dan yang lebih penting lagi adalah anak-anak menjadi riang gembira.

Manfaat Melihat Hewan Kurban Idul Adha Sebelum Penyembelihan
Nah, jika ditempat teman-teman ada kumpulan hewan yang akan dijadikan kurban, maka jangan segan-segan untuk mengajak anak dan keponakan kita yang masih kecil. Biasanya bukan hanya melalui masjid, dirumah-rumah warga juga ada yang menyediakan hewan kurban secara pribadi.

Hewan-hewan kurban Idul Adha

Berwisata tidak harus mengeluarkan uang. Moment Idul Adha ini bisa menjadi kesempatan langka yang bisa kita gunakan untuk mengajak anak-anak melihat secara langsung hewan sapi dan kambing. Sembari melihat kedua hewan tersebut, ada baiknya orang tua sambil  menjelaskan sedikit-sedikit makna sebenarnya dari hewan kurban yang akan disembelih ketika Idul Adha tiba. Tentunya ini diterangkan khusus kepada anak-anak yang sudah berumur diatas 3 tahun. Biasanya mereka ada juga yang kritis lho. Sehingga ada tiga manfaat sekaligus ketika kita mengajak anak-anak melihat hewan kurban tersebut sebelum penyembelihan. Pertama, anak senang dan gembira. Kedua, menambah penglaman tersendiri bagi si anak terutama pada level kognitif. Ketiga, ini yang paling penting yakni, menambah pengetahuan agama Islam pada si anak.

Nah, bagaimana teman-teman yang sudah punya anak? Tertarik untuk berwisata musiman murah bersama anak-anak?

Salam pustakawan blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Wisata Musiman Menjelang Idul Adha"