Ini Dia Hari Penting Nasional dan Internasional Bulan Oktober

Bulan Oktober masih lama sekitar 15 hari lagi. Ada dua hari besar Islam yang jatuh di bulan Oktober pada tahun ini. Pertama, Hari Raya Idul Adha 1435 H yang diperkirakan pada tanggal 5 Oktober 2014 dan kedua, Tahun baru Islam 1436 Hijriyah yang jatuh pada tanggal 25 Oktober 2014. Selain kedua hari besar Islam itu, pada setiap bulan Oktober juga diperingati hari-hari penting baik nasional maupun internasional dengan berbagai macam peristiwa yang melatar belakanginya.

Ini Dia Hari Penting Nasional dan Internasional Bulan Oktober

Sebagai contoh, kita tahu setiap tanggal 1 Oktober diperingati sebagai hari Kesaktian Pancasila. Kemudian pada tanggal 2 Oktober diperingati Hari Batik Nasional dan Hari Batik Dunia. Selanjutnya ada juga Hari Guru Sedunia yang jatuh pada tangal 5 Oktober. Satu lagi yang tidak mungkin terlupakan oleh bangsa Indonesia yakni, peristiwa penting tanggal 28 Oktober yang diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Selain empat hari penting diatas, masih banyak hari dan peristiwa penting lainya yang jatuh pada bulan Oktober dan tentu saja semuanya perlu saya ketahui mengingat pekerjaanku sebagai seorang pustakawan blogger dimana adanya daftar hari penting nasional maupun internasional ini dapat dijadikan sebagai ide atau tema tulisan.

Oleh karena itu, sebagai catatan pribadi sekaligus berbagi informasi kepada teman-teman semua, berikut ini saya rangkumkan mengenai daftar hari-hari penting nasional dan internasional yang jatuh pada bulan Oktober

Daftar Hari Penting Nasional & Internasional Bulan Oktober:

1 Oktober
Hari Kesaktian Pancasila
Keberhasilan TNI dan rakyat dalam mematahkan dan menumpas aksi G30S/PKI pada tanggal 1 Oktober, membuktikan bahwa Ideologi Pancasila tidak mampu dilawan oleh kekuatan komunis yang berusaha merongrong dan meruntuhkan semangat pancasila di dalam jiwa rakyat Indonesia. Secara spontan rakyat bangkit untuk membela Pancasila dari ancaman PKI. Karena kekuatan Pancasila ini, maka tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai hari Kesaktian Pancasila

1 Oktober
Hari Vegetarian Sedunia
World Vegetarian Day diperingati setiap tanggal 1 Oktober. Hari tersebut merupakan perayaan berdirinya North American Vegetarian Society pada tahun 1977.

1 Oktober
Hari Vegetarian Sedunia
World Vegetarian Day diperingati setiap tanggal 1 Oktober. Hari tersebut merupakan perayaan berdirinya North American Vegetarian Society pada tahun 1977.

2 Oktober
Hari Tanpa Kekerasan Internasional
International Day of Non-Violence diperingati setiap tanggal 2 Oktober, yang merupakan tanggal kelahiran Mahatma Gandhi. Peringatan ini mengacu pada India yang melakukan Gandhi Jayanti.
Mohandas Karamchand Gandhi (2 Oktober 1869 - 30 Januari 1948) juga dipanggil Mahatma Gandhi (bahasa Sansekerta berarti "jiwa agung") adalah seorang pemimpin spritual dan politikus dari India.
Pada masa kehidupan Gandhi, banyak negara yang merupakan koloni Britania Raya. Penduduk di koloni-koloni tersebut mendambakan kemerdekaan agar dapat memerintah negaranya sendiri. Gandhi adalah salah  seorang yang paling penting yang terlibat dalam Gerakan Kemerdekaan India. Dia adalah aktivis yang tidak menggunakan kekerasan, yang mengusung gerakan kemerdekaan melalui aksi demonstrasi damai. Pada 15 Juni 2007, Majelis Umum PBB memutuskan untuk menjadikan 2 Oktober sebagai Hari Tanpa Kekerasan. Perayaan pertama kali secara internasional diselenggarakan di Bangkok.

2 Oktober
Hari Hewan Ternak Sedunia
World Farm Animals Day adalah hari yang didedikasikan untuk mengingat kembali eksploitasi terhadap hewan ternak. Dipilihnya tanggal 2 Oktober, karena tanggal tersebut merupakan kelahiran Mahatma Gandhi, yang telah memberikan pidato pembelaan terhadap aksi kekerasan kepada hewan.

2 Oktober
Hari Batik Nasional dan Hari Batik Dunia
Batik adalah salah satu cara pembuatan bahan pakaian. Selain itu batik bisa mengacu pada dua hal. Yang pertama adalah teknik pewarnaan kain dengan menggunakan malam untuk mencegah pewarnaan sebagian dari kain. Dalam  literatur internasional, teknik ini dikenal sebagai wax-resist dyeing. Pengertian kedua adalah kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut, termasuk penggunaan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober, 2009.

4 Oktober
Hari Hewan Sedunia
World Animal Day dirayakan setiap tanggal 4 Oktober. Dipilihnya tanggal 4 Oktober sebagai World Animal Day karena hari ini merupakan hari besar Francis of Assisi, pencinta alam dan binatang.
Misi dari Hari Hewan sedunia antara lain, menghargai semua jenis hewan, menghargai hubungan antara manusia dan hewan, mengetahui jenis cara binatang bermain dalam hidup kita, serta untuk mengetahui dan berterima kasih karena hewan telah memperkaya hidup manusia.

5 Oktober
Hari Tentara Nasional Indonesia (TNI)
Tentara Nasional Indonesia (TNI) lahir dalam kancah perjuangan bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Belanda yang berambisi untuk menjajah Indonesia kembali melalui kekerasan senjata. TNI merupakan perkembangan organisasi yang berawal dari Badan Keamanan Rakyat (BKR). Selanjutnya pada tanggal 5 Oktober 1945 menjadi Tentara Keamanan Rakyat (TKR), dan untuk memperbaiki susunan yang sesuai dengan dasar militer international, dirubah menjadi Tentara Republik Indonesia (TRI). Dalam perkembangan selanjutnya usaha pemerintah untuk menyempurnakan tentara kebangsaan terus berjalan, seraya bertempur dan berjuang untuk tegaknya kedaulatan dan kemerdekaan bangsa. Untuk mempersatukan dua kekuatan bersenjata yaitu TRI sebagai tentara regular dan badan-badan perjuangan rakyat, maka pada tanggal 3 Juni 1947 Presiden mengesyahkan dengan resmi berdirinya Tentara Nasional Indonesia (TNI).

5 Oktober
Hari Guru Sedunia
Setiap tanggal 5 Oktober di seluruh dunia memperingati Hari Guru Sedunia. Tanggal 5 Oktober adalah tanggal dikeluarkannya Recommendation concerning the Status of Teachers oleh Unesco dan ILO dalam sebuah konferensi khusus antar pemerintah, tepatnya tahun 1966.

8 Oktober
Hari Tata Ruang Nasional
Peringatan Hari Tata Ruang Nasional di Indonesia diperingati pada tanggal 8  Oktober. Tahun ini merupakan tahun ketiga peringatan Hari Tata Ruang Nasional yang diadopsi dari World Town Planning Day atau Hari Perencanaan Kota Dunia yang diawali tahun 1949 di Argentina. Hari Tata Ruang Nasional mulai diperingati tahun 2008. Peringatan Hari Tata Ruang Nasional yang untuk kali pertamanya diselenggrakan bersamaan peringatan World Town Planning Day tahun 2008. Hal ini dikaitkan dengan keinginan Indonesia untuk mencapai ruang yang lebih berkualitas melalui perubahan kultur dan etika dalam pembangunan, yang pada dasarnya sejalan dengan tujuan peringatan World Town Planning Day (WTPD) di negara-negara lainnya di 30 negara.

Launching peringatan Hari Tata Ruang Nasional 2010 yang sudah memasuki tahun ketiga telah diselenggarakan pada tanggal 1 Agustus 2010 yang digelar di Pasar Seni dan Ecopark Ancol, Jakarta Utara, dengan melibatkan berbagai instansi. Launching peringatan Hari Tata Ruang 2010 diadakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Lingkungan Hidup yang dibuka Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto, Menteri Lingkungan Hidup, Gusti Muhammad Hatta, dan Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Fauzi Bowo.

Tema yang diusung pada peringatan Hari Tata Ruang Nasional tahun 2010 ini adalah "Smart Green City Planning" atau Perencanaan Cerdas Mewujudkan Kota Hijau. Sesuai tema tersebut, peringatan Hari Tata Ruang Nasional mengedepankan kepentingan perencanaan kota hijau secara cerdas melalui pertimbangan ekonomi, lingkungan, sosial budaya, dan tata kelola secara berkelanjutan. Pencanangan ini merupakan tanda dimulainya berbagai rangkaian peringatan WTPD 2010 di seluruh Indonesia. Sedangkan acara puncaknya akan diadakan pada tanggal 6-8 November 2010 di Denpasar, Bali.

9 Oktober
Hari Surat Menyurat Internasional
Cita-cita perdamaian dunia dapat dicapai dengan adanya saling pengertian antar perseorangan atau masyarakat suatu negara dengan masyarakat atau individu dari negara lain. Untuk itulah seorang utusan dari Amerika Serikat saat diadakan Kongres Uni Pos se-Dunia (UPU) di Ottawa tahun 1957 melontarkan pemikiran perlunya mengajak warga masyarakat mengirimkan surat sebanyak-banyaknya guna menjalin tali persahabatan. Usul sederhana ini kemudian diterima secara aklamasi dan ditetapkanlah pada awal bulan Oktober dimulai masa Pekan Surat Menyurat Internasional (PSMI) di seluruh negara anggota UPU. Dalam masa PSMI ini diharapkan setiap individu menulis surat sebanyak dan sesering mungkin. Mempererat kembali tali persaudaraan dengan sesama yang hampir terlupa karena kesibukan sehari-hari. Saling berbicara melalui surat baik kepada teman di dalam maupun di luar negeri

9 Oktober
Hari Pos Dunia
World Post Day dirayakan setiap tanggal 9 Oktober, untuk merayakan ulang tahun dari Universal Postal Union pada tahun 1874 di Swiss. Deklarasi World Post Day dilakukan dalam kongres UPU yang diadakan di Tokyo, Jepang pada tahun 1969. Sejak saat itu, negara-negara di seluruh dunia merayakannya. Perayaan biasanya diisi dengan memperkenalkan dan mempromosikan produk dan layanan terbaru Pos.

10 Oktober
Hari Kesehatan Jiwa Sedunia
World Mental Health Day merupakan hari bagi pendidikan global kesehatan jiwa termasuk pemberian penghargaan dan apresiasi bagi penderita kesehatan jiwa. Pertama kali diadakan pada tahun 1992 atas inisiatif World Federation for Mental Health, sebuah organisasi global kesehatan jiwa dengan anggota lebih dari 150 negara.

10 Oktober
Hari Internasional Menentang Hukuman Mati
World Day Against the Death Penalty bertujuan untuk menyerukan penghentian hukuman mati. Tanggal 10 Oktober 2003 merupakan peringatan pertama dari World Day Against the Death Penalty. Peringatan ini diluncurkan oleh World Coalition Against the Death Penalty, yang merupakan perkumpulan dari organisasi non pemerintah (NGO) serta pemerintahan lokal dari seluruh dunia. Didirikan oleh organisasi yang berpartisipasi dalam kongres internasional menentang hukuman mati di Strasbourg pada tahun 2001, yaitu sebuah organisasi yang membangun koalisi untuk melakukan lobi kepada negara yang masih menggunakan hukuman mati.

14 Oktober
Hari Penglihatan Dunia
Katarak hingga kini masih dianggap sebagai salah satu penyebab paling menakutkan dari kebutaan yang diderita orang di seluruh dunia. Hingga tahun 2003 lalu diperoleh data hampir 50 persen penyebab kebutaan dunia dikarenakan penyakit ini. Jumlahnya yang terus meningkat per tahunnya, makin memperkecil prediksi penglihatan yang sehat untuk seluruh dunia yang ditetapkan WHO pada tahun 2020 nanti. Namun kenyataan yang ada di  dunia malah menunjukkan kemirisan. Tercatat hingga tahun 2000 lalu ada 45 juta orang di dunia yang menderita penyakit ini. Dan grafik pertumbuhan penyakit ini terus saja makin menunjukkan peningkatan per tahunnya. Karena menilik gejala keterancaman tersebut, maka tak salah bila WHO (Badan Kesehatan Dunia) menetapkan program vision hingga tahun 2020 nanti. Program ini dimaksudkan untuk menekan jumlah orang buta seminimal mungkin. Hal ini dianggap penting karena bila satu orang menderita kebutaan, maka ada dua orang yang turun produktivitasnya. Satu si penderita kebutaan dan satu lainnya orang yang menjaganya. Menyangkut hal itu pula, maka WHO menetapkan tanggal 14 Oktober sebagai Hari Penglihatan Dunia, sebagai salah satu upaya perhatian mereka terhadap masalah yang satu ini.

15 Oktober
Hari Hak Asasi Binatang
Hari Hak Asasi Binatang dicetuskan oleh Jeremy Bentham dan Henry Salt. Tujuan dari adanya hari khusus untuk hewan adalah bahwa hak-hak dasar hewan non-manusia harus dianggap sederajat sebagaimana hak-hak dasar manusia karena itu hewan mempunyai hak untuk tidak dijadikan benda atau properti bahkan pada hewan tertentu sebagai makanan, pakaian, subyek penelitian, atau hiburan.

15 Oktober
Hari Wanita Pedesaan Sedunia
Ide dibalik munculnya gagasan memperingati Wolrd Rural Women's Day adalah untuk menghargai wanita pendesaan yang mengadakan konferensinya di Beijing pada September 1995. Organisasi yang berjasa di balik munculnya ide World Rural Women's Day, di antaranya International Federation of Agricultural Producers (IFAP), Associated Country Women of the World (ACWW), Network of African Rural Women Associations (NARWA), dan Women's World Summit Foundation (WWSF).
Beberapa fakta penting tentang wanita pedesaan antara lain:

  • Wanita pedesaan, terutama petani, paling tidak sejumlah 1,6 milyar dan merepresentasikan lebih dari seperempat populasi dunia.
  • Wanita memproduksi rata-rata lebih dari setengah jumlah makanan yang tumbuh: lebih dari 80% di Afrika, 60% di Asia, antara 30-40% di Amerika Latin dan negara Barat.
  • Wanita tersebut hanya 2% yang memiliki lahan dan hanya menerima 1% dari hasil pertanian.
  • Hanya 5% dari hasil pertanian yang kembali ke wanita.
  • Wanita adalah 2 dari 3 penduduk yang sakit.
  • Jumlah wanita pedesaan yang hidup dalam kemiskinan telah menjadi dua kali lipat sejak tahun 1970.

15 Oktober
Hari Mencuci Tangan Dengan Sabun Sedunia
Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia adalah sebuah kampanye global yang dicanangkan oleh PBB bekerjasama dengan organisasi-organisasi lainnya baik pihak pemerintah maupun swasta untuk menggalakkan perilaku mencuci tangan dengan sabun oleh masyarakat sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian balita dan pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia. Pengumuman penunjukkan Hari Mencuci Tangan Dengan Sabun Sedunia pada 15 Oktober dilakukan pada Pertemuan Tahunan Air Sedunia (Annual World Water Week) yang berlangsung pada 17-23 Agustus, 2008 di Stockholm seiring dengan penunjukkan tahun 2008 sebagai Tahun Internasional Sanitasi oleh Rapat Umum PBB. Hari Mencuci Tangan Dengan Sabun Sedunia diharapkan akan memperbaiki praktik-praktik kesehatan pada umumnya dan perilaku sehat pada khususnya. Kampanye Cuci Tangan Pakai Sabun sedunia adalah upaya memobilisasi jutaan orang diseluruh dunia untuk mencuci tangan mereka dengan sabun. Inisyatif ini dikumandangkan oleh PPWH, Kemitraan Swasta dan Publik untuk Cuci Tangan (Public Private Partnership for Handwshing) dan didukung oleh PBB

16 Oktober
Hari Pangan Sedunia
Masalah rawan pangan merupakan masalah kronis yang dihadapi oleh bangsa-bangsa di dunia, terutama di negara berkembang seperti Indonesia. Faktor penyebab timbulnya masalah rawan pangan antara lain: lebih cepatnya laju pertumbuhan penduduk dari pada tingkat pertumbuhan produksi pangan, bencana alam, perubahan iklim dan kemunduran sumberdaya alam dan lingkungan. Berkenaan dengan hal tersebut FAO pada Konperensi FAO ke-20 bulan Nopember 1970 di Roma mencetuskan resolusi No. 179 yang disepakati oleh semua negara anggota FAO termasuk Indonesia, yang menetapkan untuk memperingati World Food Day (Hari Pangan Sedunia) mulai tahun 1981 setiap tanggal 16 Oktober, sesuai hari didirikannya FAO.

17 Oktober
Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional
Hari Pengentasan Kemiskinan Internasional diperingati untuk mengingatkan,  menagih janji dan menuntut keadilan kepada para pemimpin dunia, baik yang berasal dari negara maju maupun yang berasal dari negara berkembang. Para pemimpin negara-negara maju telah sepakat untuk menghapuskan, setidak-tidaknya mengurangi beban utang negara-negara berkembang agar setiap sen usaha keringat bangsanya bisa dipergunakan untuk upaya peningkatan derajat kesehatan, peningkatan cakupan dan mutu pendidikan, memberi kesempatan warga negaranya untuk membangun usaha yang bisa menopang kehidupan yang lebih sejahtera dan akhirnya mengentaskan kemiskinan, menghilangkan kesenjangan dan membangun keluarga yang sejahtera.

18 Oktober
Hari Perpustakaan Sekolah Internasional
International School Library Day dicanangkan oleh Presiden IASL, Dr Blanche Woolls, dan ditegaskan kembali oleh Presiden IASL, Peter Genco pada tahun 2005.
Hari Perpustakaan Sekolah Internasional pertama kali diadakan pada 18 Oktober 1999 dengan tema, "A Day in the Life...".

20 Oktober
Hari Ulang Tahun Golongan Karya
Partai Golongan Karya (Partai Golkar) adalah salah satu partai politik besar Indonesia. Partai Golkar bermula dengan berdirinya Sekber Golkar di masa-masa akhir pemerintahan Presiden Soekarno oleh Angkatan Darat untuk menandingi pengaruh Partai Komunis Indonesia dalam kehidupan politik. Dalam perkembangannya, Sekber Golkar berubah wujud menjadi Golongan Karya yang menjadi salah satu organisasi peserta Pemilu. Dalam Pemilu 1971 (Pemilu pertama dalam pemerintahan Orde Baru Presiden Soeharto, salah satu pesertanya adalah Golongan Karya dan mereka tampil sebagai pemenang. Kemenangan ini diulangi pada Pemilu-Pemilu pemerintahan Orde  Baru lainnya, yaitu Pemilu 1977, 1982, 1987, 1992, dan 1997. Kejadian ini dapat dimungkinkan, karena pemerintahan Soeharto membuat kebijakan-kebijakan yang sangat mendukung kemengangan Golkar, seperti peraturan monoloyalitas PNS, dan sebagainya. Setelah pemerintahan Soeharto selesai dan reformasi bergulir, Golkar berubah wujud menjadi Partai Golkar, dan untuk pertama kalinya mengikuti Pemilu tanpa ada bantuan kebijakan-kebijakan yang berarti seperti sebelunya di masa pemerintahan Soeharto. Pada Pemilu 1999 yang diselenggarakan Presiden Habibie, perolehan suara Partai Golkar turun menjadi peringkat kedua setelah PDI-P. Ketidakpuasan terhadap pemerintahan Megawati menjadi salah satu sebab para pemilih di Pemilu legislatif 2004 untuk kembali memilih Partai Golkar, selain partai-partai lainnya seperti Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa, dan lain-lain

20 Oktober
Hari Osteoporosis Sedunia
Hari Osteoporosis Dunia (World Osteoporosis Day) diprakarsai oleh Federasi Osteoporosis Internasional (IOF). Organisasi ini merupakan organisasi internasional non-pemerintah yang didaftarkan di Berne, Swiss pada tahun 1987 sebagai Yayasan Osteoporosis Eropa (EFFO).
Misi IOF adalah untuk meningkatkan pemahaman akan osteoporosis dan untuk mempromosikan pencegahan, diagnosis dan perawatan penyakit tersebut di seluruh dunia.

24 Oktober
Hari Dokter Indonesia
Cikal bakal lkatan Dokter Indonesia adalah perhimpunan yang bernama Vereniging van lndische Artsen tahun 1911, dengan tokohnya adalah dr. J.A.Kayadu yang lama menjabat sebagai ketua dari perkumpulan ini. Selain itu, tercatat nama-nama tokoh seperti dr. Wahidin, dr, Soetomo dan dr Tjiptomangunkusumo, yang bergerak dalam lapangan sosial dan politik. Kemudian dikenal pula dr. Mangkoewinoto, dr. Soesilo dan dr. Kodijat yang berjuang dibidang penyakit menular, juga dr. Kawilarang, dr. Sitanala. Dr. Asikin Widjajakusumah dan dr. Sardjito. Nama yang terakhir ini terkenal dengan majalahnya Medische Berichten yang diterbitkan di Semarang bersama-sama dr. A. Moechtar dan dr. Boentaran. Pada tahun 1926 perkumpulan berubah namanya menjadi Vereniging van lndonesische Geneeskundige (VIG). Vandel Ikatan Dokter Indonesia Menurut Prof Bahder Djohan yang pernah menjadi sekretaris VIG selama 11 tahun (1928-1938), perubahan nama ini dengan landasan politik yang menjelma dari timbulnya rasa nasionalisme (karena dokter pribumi dianggap sebagai dokter kelas dua) sehingga membuat kata "Indische" menjadi "Indonesische" dalam VIG. Dengan demikian, profesi dokter telah menimbulkan rasa kesatuan, atau paling tidak meletakkan sendi-sendi rasa persatuan

24 Oktober
Hari Ulang Tahun Perserikatan Bangsa-bangsa
Perserikatan Bangsa-Bangsa atau disingkat PBB (bahasa Inggris: United Nations atau disingkat UN) adalah sebuah organisasi internasional yang anggotanya hampir seluruh negara di dunia. Lembaga ini dibentuk untuk memfasilitasi dalam hukum internasional, pengamanan internasional, lembaga ekonomi, dan perlindungan sosial. PBB didirikan di San Francisco pada 24 Oktober 1945 setelah Konferensi Dumbarton Oaks di Washington, DC, namun Sidang Umum yang pertama - dihadiri wakil dari 51 negara - baru berlangsung pada 10 Januari 1946 (di Church House, London). Dari 1919 hingga 1946, terdapat sebuah organisasi yang mirip, bernama Liga Bangsa-Bangsa, yang bisa dianggap sebagai pendahulu PBB. Sejak didirikan di San Francisco pada 24 Oktober 1945 sedikitnya 191 negara menjadi Anggota PBB. Semua negara yang tergabung dalam wadah PBB menyatakan independensinya masing-masing, selain Vatikan dan Takhta Suci serta Republik China (Taiwan) yang tergabung dalam wilayah RRC pada 1971

27 Oktober
Hari Penerbangan Nasional
Hari itu 27 Oktober 1945, sehari menjelang peringatan 17 tahun Sumpah Pemuda, di Pangkalan Maguwo, Yogyakarta terlihat ada kesibukan. Nampak para teknisi sedang berada di sekitar sebuah pesawat Cureng yang bertanda bulat Merah Putih, mempersiapkan segala sesuatunya untuk sebuah penerbangan yang direncanakan. Mereka menginginkan sebuah pesawat Merah Putih terbang hari itu, untuk membangkitkan Sumpah Pemuda. Komodor Udara Agustinus Adisutjipto, yang lebih dikenal dengan sebutan Pak Adi, adalah satu-satunya penerbang Indonesia yang berada di Pangkalan Maguwo. Hari itu, Pak Adi akan terbang bersama Cureng Merah Putih. Upaya itu membawa hasil. Pak Adi membawa terbang Pesawat Cureng Merah Putih tersebut berputar-putar di Angkasa Pangkalan Maguwo disaksikan dengan rasa kagum oleh seluruh anggota pangkalan yang berada dibawah. Itulah awal mula sebuah pesawat Indonesia bertanda Merah Putih terbang di angkasa Indonesia yang merdeka

27 Oktober
Hari Listrik Nasional
Sejarah Ketenagalistrikan di Indonesia dimulai pada akhir abad ke-19, ketika beberapa perusahaan Belanda mendirikan pembangkit tenaga listrik untuk keperluan sendiri. Pengusahaan tenaga listrik tersebut berkembang menjadi untuk kepentingan umum, diawali dengan perusahaan swasta Belanda yaitu NV. NIGM yang memperluas usahanya dari hanya di bidang gas ke bidang tenaga listrik. Selama Perang Dunia II berlangsung, perusahaan-perusahaan listrik tersebut dikuasai oleh Jepang dan setelah kemerdekaan Indonesia, tanggal 17 Agustus 1945, perusahaan-perusahaan listrik tersebut direbut oleh pemuda-pemuda Indonesia pada bulan September 1945 dan diserahkan kepada Pemerintah Republik Indonesia. Pada tanggal 27 Oktober 1945, Presiden Soekarno membentuk Jawatan Listrik dan Gas, dengan kapasitas pembangkit tenaga listrik hanya sebesar 157,5 MW saja

28 Oktober
Hari Sumpah Pemuda
Sumpah Pemuda merupakan sumpah setia hasil rumusan Kerapatan Pemoeda-Pemoedi Indonesia atau dikenal dengan Kongres Pemuda II, dibacakan pada 28 Oktober 1928. Tanggal ini kemudian diperingati sebagai "Hari Sumpah Pemuda".

30 Oktober
Hari Keuangan
Segera sesudah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945 diumumkan, pemerintah Republik Indonesia memandang perlu untuk mengeluarkan uang sendiri. Uang tersebut, bagi pemerintah tidak sekedar sebagai alat pembayaran semata-mata, tetapi juga berfungsi sebagai lambang utama suatu negara merdeka, serta sebagai alat untuk memperkenalkan diri kepada khalayak umum. Pada saat itu, pada awal pemerintahan Republik Indonesia keadaan ekonomi moneter Indonesia sangat kacau. Inflasi hebat bersumber pada kenyataan beredarnya mata uang pendudukan Jepang yang diperkirakan berjumlah 4 milyar. Untuk menggantikan peranan uang asing tersebut, dibutuhkan mata uang sendiri sebagai alat pembayaran dan digunakan oleh rakyat Indonesia dari masa ke masa sebagai alat pertukaran, pembayaran dan sebagai alat pemuas kebutuhan yang sah. Maka pada tanggal 30 Oktober 1946, pemerintah Indonesia merdeka menyatakan hari tersebut adalah hari bersejarah bagi bangsa Indonesia sebagai tanggal beredarnya Oeang Repoeblik Indonesia (ORI). Pada hari itu juga dinyatakan bahwa uang Jepang dan uang Javasche Bank tidak berlaku lagi

Sumber: www.pnri.go.id
Untuk hari penting nasional dan internasional bulan sebelumnya silahkan baca disini:
Hari Penting Nasional dan Internasional Bulan September

Salam,
Pustakawan Blogger

Komentar