Cara Membuat Tempe Enak

Advertisement
Tempe adalah makanan khas Indonesia. Bagi saya, tempe adalah makanan favorit dibanding daging ayam. Apalagi kalau makanannya dengan lalapan, sambal terasi dan sayur asem buatan emakku. Telah tercatat sebelum tahun 1900-an cara membuat tempe enak sudah ditemukan di Indonesia. Namun demikian, proses pembuatannya masih sangat sederhana. Dalam artikel yang dikeluarkan Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Pangan IPB, bahwa untuk membuat tempe yang baik dan enak maka ada dua hal yang harus diperhatikan. Pertama, memilih kualitas kedelai yang bermutu baik dan kedua pengolahan yang tepat  tidak dicampur dengan bahan lainnya.

Cara Membuat Tempe Enak

Tempe dibuat dari kedelai yang mengandung protein sekitar 35%. Bahkan dikatakan untuk kedelai dengan varitas unggul kandungan protein bisa mencapai 40-43%. Jadi protein dalam kedelai menyamai kadar protein susu skim kering. Berikut Komposisi Kedelai per 100 gram Bahan
Komponen Kadar (%)
Protein35-45
Lemak18-32
Karbohidrat12-30
Air7

Sedangkan untuk perbandingan antara kadar protein kedelai dengan beberapa bahan makanan lain tampak seperti dalam tabel dibawah ini:
Bahan MakananProtein (% Berat)
Susu skim kering36,00
Kedelai 35,00
Kacang hijau22,00
Daging 19,00
Ikan segar17,00
Telur ayam13,00
Jagung 9,20
Beras6,80
Tepung singkong1,10

Cara Membuat Tempe Enak Dengan Ragi Tempe
Berikut ini artikel bagus tentang cara membuat tempe enak dengan ragi tempe yang dipublikasikan oleh Kantor Deputi Menegristek Bidang Pendayagunaan dan Pemasyarakatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Di dalam artikel tersebut juga di dilengkapi dengan diagram alir pembuatan tempe.

Advertisement

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Membuat Tempe Enak "