Infographic APBN: Produk Kemas Ulang Informasi Yang Mencerahkan

Advertisement
Baiklah kawan, ini sangat penting untuk saya desiminasikan kepada semua rakyat Indonesia. Di penghujung malam menjelang liburan ini, saya secara khusus ingin menulis sekaligus menyoroti salah satu contoh infographic APBN yang bagus, menarik dan mencerahkan. Infographic APBN ini saya ambil dari situs salah seorang tokoh Indonesia yang tidak asing lagi yaitu Anies Baswedan. Beliau adalah salah satu peserta Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat yang menginisiasi sebuah program "Gerakan Turun Tangan". 

Terus terang saya bukanlah pendukung dari sebuah partai. Namun demikian, saya hanyalah seorang yang mendukung dalam hal ide dan gagasan yang menurutku itu bagus. Apalagi jika ide dan gagasan tersebut berasal dari seseorang yang memang tidak diragukan lagi integritasnya. Sebagai informasi, berikut pernyataan Anies Baswedan terkait alasannya kenapa ia bergabung dalam konvensi Partai Demokrat.
"Situasinya saya diundang, saya tidak menawarkan diri. Ketika saya diundang. Maka (pilihan) saya (adalah) ikut bertanggungjawab atau tidak ikut tanggung jawab. Undangan ini bukan untuk ngurusi partai tapi undangan untuk ngurusi republik. Konvensi menurut saya adalah cara yang baik untuk mencari pemimpin. Tahukah (Anda) berapa (Anda) harus mengeluarkan uang untuk dicalonkan menjadi bupati dalam pilkada? Guede. Konvensi ini gratis, tanpa harus bayar. Bukankah selama ini kita selalu complain tentang hal yang gak bener di negeri ini? Tapi kita tidak melakukan apa-apa. Saya melihat ini sebagai peluang untuk ikut mengambil tanggungjawab"
Melihat alasan Anies Baswedan tersebut, saya kira semua orang tentu akan memiliki cara pandangnya tersendiri termasuk anda. Bagi saya pribadi pernyataan tersebut adalah sebuah alasan yang dapat diterima dengan akal sehat terutama pada sebuah kalimat "ikut mengambil tanggungjawab". Tanggung jawab apa? ini dia tanggung jawab yang dimaksud oleh sang rektor termuda tersebut:
  • Mewujudkan 'Indonesia Kita Semua'
  • Menjamin bahwa seluruh warga negara Indonesia merdeka, beradab, sejahtera, cerdas, giat berusaha dan bekerja, sehat, terhubung erat, bermartabat, dan bergotong royong. Download program Indonesia 1945
  • Indonesia kita semua harus menjadi Indonesia yang kuat (Aman Berdaulat - Adil Makmur - Mandiri - Bermartabat)
  • Kunci perubahan Indonesia ada pada manusianya. Setiap orang punya peranan penting, oleh sebab itu  kita semua harus terlibat dan bekerja sama. 
Saya terkesima dengan point terakhir itu: "Setiap orang punya peranan penting". Ini sebuah kehormatan bagi setiap warga negara Indonesia terlepas dari apa pekerjaan utamanya. Kalimat itu menyiratkan dengan jelas kepada semua rakyat Indonesia untuk bersama-sama membangun negara kita tercinta ini melalui peranannya masing-masing. Entah dia seorang guru, dosen, pengusaha, karyawan pabrik, pedagang, bankir, tukang ojek, tukang becak, supir, arsitek, dokter, perawat, pustakawan, mahasiswa, dan profesi-profesi lainya yang ada di Indonesia.

Infographic APBN
Ok, saya tidak akan mempermasalahkan tentang keputusan Anies Baswedan untuk mengikuti Konvensi Calon Presiden Partai Demokrat tersebut. Yang ingin saya garis bawahi adalah mengenai infographic yang diterbitkan Anies Baswedan melalui situs resminya. Sebagai seorang pustakawan yang pernah berlajar ilmu tentang kemas ulang informasi (Information Repackaging), maka dengan adanya infographic ini tentunya sangat bermanfaat sekali dan dapat membuka pikiran kita semua bahwa sejatinya seluruh rakyat Indonesia ini bisa menikmati kemakmuran mencakup pendidikan, ekonomi dan kesehatan. Adanya infographic ini, kita menjadi tahu dengan cepat dan tepat karena isi informasinya yang telah diringkas tanpa perlu mencari banyak informasi lainya yang harus kita olah kembali. Cukup dengan meluangkan waktu satu menit untuk membaca infographic ini, maka saya yakin anda akan tersadar hingga ingin bangkit dari tidur panjang yang selama ini kita rasakan.

Infographic yang baik adalah bagaimana mengemas ulang sebuah informasi menjadi lebih menarik, ringkas dan mudah dipahami oleh semua kalangan. Tiga faktor itulah yang ada dalam infographic APBN di situs resmi Anies Baswedan. Karenannya, semua rakyat Indonesia wajib tahu mengenai isi informasi yang ada dalam infographic itu. Saya kira Informasi yang tersirat dalam infographic APBN tersebut begitu mudah dipahami baik untuk kalangan orang awam sepertiku atau bahkan bagi orang-orang intelektual yang jumlahnya tidak sedikit di negeri kita ini. Untuk lebih jelasnya berikut infographic APBN yang dapat mencerahkan semua rakyat Indonesia.

Infographic APBN

Note: Infographic APBN diatas memang ditujukan sebagai undangan kepada semua rakyat Indonesia yang ingin menjadi sukarelawan dalam mendukung Anies Baswedan menjadi Calon Presiden Indonesia 2014. Ingin tahu lebih jauh? silakan kunjungi websitenya disini.

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Infographic APBN: Produk Kemas Ulang Informasi Yang Mencerahkan"