Pengertian Analisis, Analisa dan Contohnya

Menyoal pengertian analisis dan analisa pada dasarnya merupakan suatu istilah yang sama. Perbedaanya adalah analisa merupakan bentuk tidak baku dari analisis.  Pengertian analisis menurut KBBI daring mencakup lima hal. Berikut artinya:

  1. Penyelidikan terhadap suatu peristiwa (karangan, perbuatan, dan sebagainya) untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya (sebab musabab, duduk perkaranya, dan sebagainya) 
  2. Penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri serta hubungan antar bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti keseluruhan
  3. Penyelidikan kimia dengan menguraikan sesuatu untuk mengetahui zat bagiannya dan sebagainya
  4. Penjabaran sesudah dikaji sebaik-baiknya 
  5. Pemecahan persoalan yang dimulai dengan dugaan akan kebenarannya 
Analisis

Pengertian yang pertama lebih menekankan pada proses sehingga memerlukan suatu analisis untuk di selidiki secara detail. Sementara untuk pengertian kedua dikatakan bahwa masuk dalam bidang kata manajemen. Pengertiannya pada dasarnya memiliki kesamaan dengan yang pertama. Sedangkan pengertian yang ketiga sampai kelima termasuk dalam bidang kata kimia. 

Pada intinya semua pengertiannya adalah merujuk pada suatu proses yang harus diperhatikan secara serius dan seksama. Khusus pada bagian ke lima lebih menekankan pada proses pemecahan masalah dalam kegiatan analisis berdasar pada hipotesis. 

Contoh Kasusnya 

Sekarang mari kita lihat contoh kasusnya satu persatu. Saya ambil contoh dari media daring Merdeka.com, baik analisis dan analisa. Berikut contohnya:

  • Ini analisis kenapa Trump akhirnya bisa kalahkan Hillary (Merdeka, 9/9/2016)
  • Analisa penyebab bangkrutnya produsen jamu Nyonya Meneer (Merdeka, 5/8/2017)

Dua contoh diatas bisa saja merujuk pada pengertian pertama. Sedangkan contoh istilah analisis terkait dunia manajemen misalnya sebagai berikut:

  • Begini Analisis Gampang dalam Membeli Saham (Kompas, 25/04/2015)

Sementara untuk bidang kimia misalnya sebagai berikut:

  • Turbidimetri Untuk Analisis ION Sulfat Dengan Menggunakan Flow Injection Analysis (Skripsi, Anik Walimah, Universitas Jember)
  • Analisa Kandungan CU (II) Dengan SSA dan ION Sulfat Dengan Spektrofotometer Sinar Tampak Pada Air Baku dan Air Minum Isi Ulang di Kota Pekanbaru (Richa Elni Windri, Skripsi, UIN Sultan Syarif Kasim Riau)

Hal yang perlu diingat adalah jangan lupa analisis adalah bentuk bakunya sedangkan analisa adalah bentuk tidak bakunya. Kira-kitra seperti itu.

Referensi

  • https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/analisis
  • http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/57404/Anik%20Walimah%20-%20081810301022_1.pdf?sequence=1
  • http://repository.uin-suska.ac.id/1379/1/2011_2011709.pdf
  • merdeka.com
  • kompas.com

Komentar