Sawah Tempat Terasyik Untuk Berkontemplasi

Setiap orang tentu memiliki tempat yang menyenangkan untuk di singgahi. Mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks, dalam artian memerlukan biaya untuk mengunjunginya. 

Saya sendiri, ada salah satu tempat favorit yang biasa saya kunjungi tanpa harus mengeluarkan biaya. Misalnya saja sawah. 

Sawah

Di kampung, suasana sawah itu sejatinya mudah ditemukan karena selain sebagian besar masyarakatnya bermata pencaharian sebagai petani, juga tentu masih banyak lahan sawah untuk ditanami padi. Jadi, bukan suatu hal yang sulit untuk menemukan sawah.

Saya sebagai anak petani, tentu sawah adalah suatu hal yang biasa. Akan tetapi, mengingat selama merantau bekerja di Jakarta dan tinggal di Tangerang Selatan, di mana tidak ada lagi sawah, maka ketika pulang kampung atau saat main di Jawa, melihat sawah itu suatu hal yang istimewa. Ini serius!!! 

Oleh karenanya, salah satu tempat yang saya rindukan ketika pulang, itu ya sawah dengan hamparan tanaman padi hijaunya. Tak jarang saya mendokumentasikannya termasuk saat musim traktor membajak sawah. Semua itu karena perasaan rindu terkait alam.

Baca juga:
Nah, saat saya main ke Jawa, tepatnya di Sragen, saya tidak menyia-nyiakan untuk berjalan kaki berkeliling di sawah. Sembari berceloteh bebas menikmati angin yang membuat suasana pikiran fresh, sawah juga bisa menjadi tempat yang asyik untuk berkontemplasi. 

Saya mendokumentasikan saat berkeliling di sawah, di daerah Sragen. Ini dia videonya:

Komentar