Pengertian Determinasi dan Apakah Sudah Menerapkannya?

Advertisement
Asal muasal saya ingin membahas tentang pengertian determinasi adalah terkait akun Fans Page di Facebook milik Ridwan Kamil, Walikota Bandung yang sekarang sedang populer dengan program-program kreatif di daerah yang sedang dipimpinnya.

Ridwan Kamil adalah salah satu walikota yang akif memanfaatkan media sosial untuk sosialisasi program-program yang telah, sedang dan akan dijalankannya. Sehingga banyak masyarakat di Indonesia yang mengetahui, jadi tidak hanya khusus bagi warga Bandung saja. 

Istilah determinasi dilontarkan Ridwan Kamil berkaitan dengan masa mudanya dulu dan peringatan Hari Anti Korupsi Internasional. Berikut dua istilah determinasi yang dinyatakan Ridwan Kamil dalam Fans Page Facebooknya:
Determinasi oleh Ridwan Kamil
Gambar 1

Determinasi oleh Ridwan Kamil
Gambar 2
Pengertian Determinasi 
Pengertian determinasi saya ambil dari KBBI. Dalam Glosarium Bahasa Indonesia, istilah determinasi berasal dari kata asing yaitu determination. Istilah ini bisa masuk dalam kategori bidang biologi, filsafat dan pendidikan. Berikut pengertiannya:
KBBI: de·ter·mi·na·si /détérminasi/ n 1 hal menentukan (menetapkan, memastikan): -- arti sebuah kata dilihat dr hubungannya dl kalimat secara keseluruhan; 2 ketetapan hati (dl mencapai maksud atau tujuan) 
Pada gambar 1, istilah determinasi yang berkaitan dengan Hari Anti Korupsi Internasional sangat jelas mengandung makna dalam menentukan sikap yang dibarengi dengan ketetapan hati untuk memerangi korupsi dalam segala bidang. Niat yang ditetapkan dalam hati bagi setiap individu dalam melawan korupsi untuk kemudian diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari adalah kunci dalam membangun negeri ini. Inilah yang ingin disampaikan Ridwan Kamil pada gambar 1 tersebut.

Pada gambar 2, sebuah motivasi khususnya untuk generasi muda lelaki agar selalu bekerja keras dalam menapaki hidup ini. Lelaki tangguh adalah mereka para lelaki yang memiliki cita-cita dan impian tinggi sehingga memiliki kreatifitas yang memunculkan ide dan inovasi. Kesuksesan hanya akan dicapai oleh mereka yang memiliki karakter pribadi yang tangguh dan pantang menyerah. Satu hal yang tidak kalah penting adalah sikap ketetapan hati dalam mencapai maksud dan tujuan yang hendak dicapai. Itulah yang di nyatakan Ridwan Kamil dalam istilah determinasi pada gambar 2.

Secara ringkas, istilah determinasi yang dinyatakan Ridwan Kamil berkaitan dengan ketetapan hati terutama menyangkut maksud dan tujuan yang hendak dicapai oleh para individu. Ketika individu itu menyatakan perang melawan korupsi, maka sikap determinasi itu bukan hanya diucapkan dalam bibir saja, namun harus diniatkan dengan sebaik-baiknya dalam hati untuk kemudian diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Korupsi dalam pengertian yang luas tidak hanya menyangkut uang, akan tetapi bisa juga menyangkut waktu. Sehingga setiap perbuatan akan benar-benar dilakukan secara hati-hati. Contoh sederhana yang kongkrit misalnya seorang siswa yang anti mencontek, ini adalah bentuk melawan korupsi dilingkungan sekolah.

Apakah Sudah Menerapkannya?
Saya kira istilah determinasi yang dilontarkan Ridwan Kamil bisa menjadi bahan renungan buat kita semua. Apakah dalam kehidupan sehari-hari kita sudah menerapkannya atau hanya sebatas ucapan dibibir saja? Jika mau jujur, secara khusus bagi saya pribadi, saya masih belum secara total mengimplementasikannya terutama mengenai persoalan waktu. Dalam dunia pekerjaan saya sehari-hari yang berkecimpung dalam dunia pemerintahan, jelas peluang korupsi berupa materipun bisa saja terjadi kendati tidak besar. Namun demikian, yang jadi masalah adalah bukan besar dan kecilnya, akan tetapi persoalan salah dan benar itu yang harus ditekankan. Mengambil hak-hak orang lain walaupun kecil, jelas itu salah. Artinya ada batasan yang jelas antara kebenaran dan kesalahan. Oleh karena itu, apabila berbicara mengenai korupsi tentu yang harus menjadi pegangan adalah agama. Bagi saya seorang muslim, korupsi adalah salah satu termasuk dosa besar. Di salah satu kumpulan khutbah jum'at pilihan yang pernah saya tulis diblog ini, korupsi merupakan salah satu penyebab kemiskinan.

Salam,
Pustakawan Blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Determinasi dan Apakah Sudah Menerapkannya?"