Tips Menguras Tangki Motor Bebek Supra Fit

Advertisement
Selesai juga seharian menguras tangki motor bebeku supra fit. Gara-gara hari rabu kemarin motorku mogok dijalan, setelah dicek sepertinya bensin dari tangki motorku tidak bisa ngalir. Alhasil, jadilah motorku gak bisa jalan. Sebelum ke tangki motor, saya biasanya mengecek pada bagian saringan atau filter bahan bakar yang menghubungkan ke karburator. Disitu ternyata juga sering terjadi penumpukan kotoran. Sudah dua kali saya pernah membogkar filternya karena banyak pasir yang mengendap.

Nah, buat teman-teman yang pernah mengalami kasus seperti saya, berikut saya tuliskan tips sederhana untuk menguras tangki motor bebek. Pada kasusku motor supra fit. Tapi sebelum itu, apa sih ciri-cirinya motor yang tangki bensinnya uda kotor? Pertama, yang jelas motor hidup sebentar kemudian mati total. Kedua, ketika di gas motor terasa brebet. Ketiga, seringkali tersendat-sendat. Keempat, ini yang paling harus teman-teman cek. Silahkan lihat selang yang menghubungkan antara tangki bensin ke saringan / filter bahan bakar. Jika tidak mengalir atau hanya menetes, itu tandanya tangki bensin perlu dikuras. Untuk memastikan lagi, buka tutup bensin dan lihat biasanya akan banyak endapan atau karat di dalam tangki.
Filter bensin
Cek selang aliran bensin yang ke arah filter
Penyebab kenapa tangki motor kotor salah satunya karena kebiasaan sering membeli bensin eceran yang kotor pula. Bisa juga karena endapan karatan yang sudah lama hasil dari akumuluasi dari tahun ke tahun. Berbeda dengan Vespa, pada tangkinya ketika akan mengisi bensin ada saringan sehingga ini yang membuat aman. Saya kira motor bebek juga perlu dikasih saringan lembut agar setiap kotoran dapat tersaring.

Berikut tips menguras tangki motor bebek:
  • Sediakan peralatan kunci-kunci terutama obeng min (-), kunci nomor 10 dan 12 hingga wadah untuk bensin misal ember atau drijen.  
Perlengkapan kunci-kunci motor
Kunci-kunci motor
  • Buka semua cover body motor termasuk jok. Jika sudah, sekarang buka baut tangki yang di atas nomor 12 dan di bawah tersenbunyi nomor 10. Silahkan lepaskan satu-persatu.
  • Sekarang lepaskan jarum pelampung dengan cara menggunakan obeng min (-). Arahkan obeng min ke pada bagian yang menonjol sedikit, lalu palulah sedikit-demi sedikit hingga bergesar. Lihat gambar dibawah ini:
Melepas jarum pelampung bensin
Melepaskan jarum pelampung bensin
  • Tangki motor berarti sudah bisa dilepas. Jangan lupa, lepaskan selang yang menghubungkan antara tangki motor dengan filter bahan bakar. Lihat gambar dibawah ini contoh tangki yang sudah saya lepas:
Tangki motor supra fit
Tangki yang sudah dilepas
  • Angkat tangki motor lalu tuangkan semua bensi di ember.
  • Untuk membersihkan kotoran, sementara coba pake kompresor. Jika ujung lubang pengeluaran bensin mampet, coba tusukan pake kawat kabel tembaga yang agak kuat. 
  • Sekarang tuangkan bensin secukupnya, lalu kasih kelereng atau batu dan kocok-kocoklah. Terus lakukan berulang-ulang hingga bensin terlihat keruh. 
  • Jika sudah selesai, buang bensinnya melalui lubang pengeluaran bensin yang ada dibawah. Atau juga bisa melalui lubang besar penutup bensin yang ada diatas atau lubang tempat jarum pelampung. Namun demikian, melalui dua lubang atas itu, tentu saja masih banyak yang tersangkut. 
  • Bensin dan kotorannya sudah dikeluarkan, sekarang tunggu kering. Biasanya karat akan menumpuk menjadi bubuk. Nah, sekarang bersihkanlah bubuk-bubuk karatnya. Membersihkan karat juga bisa dengan menggosok-gosokan kayu panjang atau sikat yang bisa masuk ke dalam tangki. 
  • Lakukan seperti itu hingga dua kali bahkan lebih hingga benar-benar bersih.
  • Pada intinya setelah mengocok-ngocokan bensin dengan batu / kelereng, kemudian buang bensinnya dan tunggu hingga kering karena biasanya akan ada sisa-sisa bubuk karat. Kemudian bersihkan lagi. 
Setelah tangki bensin dikuras sampai bersih, alhamdulillah motorku bisa ngacir lagi. Untuk tips menguras tangki motor bebek lainya, saya kira tidak berbeda jauh. Selamat mencoba.

Salam,
Pustakawan blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Menguras Tangki Motor Bebek Supra Fit"