Impian Sukses di Usia Muda

Advertisement
Mempunyai impian sukses di usia muda adalah sebuah cita-cita bagi setiap manusia. Namun demikian, tidak banyak manusia yang berhasil menggapai impiannya itu dengan baik. Disisi lain bagi mereka yang merasa sudah tercapai, sebaiknya jangan lupa untuk selalu tetap bersyukur. Sukses itu relatif. Oleh karenanya antara individu satu dengan individu lainya akan memiliki parameter sukses yang berbeda. Secara umum parameter sukses bisa juga ditentukan pada pandangan-pandangan yang berkembang di masyarakat.  Sebagai contoh seorang anak buruh tani dengan penghasilan yang  pas-pasan dapat membiayai anaknya ke jenjang pendidikan perguruan tinggi hingga lulus menjadi sarjana bahkan cepat mendapat kerja di perusahaan-perusahaan besar. Dalam pandangan masyarakat, kondisi tersebut bisa dikatakan sebagai orang yang sukses. Kasus lain misalnya jika anak seorang Doktor hanya mampu menyelesaikan pendidikan sampai ke jenjang S1, maka kondisi tersebut bisa dianggap sebagai orang yang belum sukses karena tolak ukurnya terhadap pendidikan orang tuanya yang lebih tinggi.

Impian Sukses di Usia MudaKedua contoh kasus diatas tentu akan lebih tepat  jika kesuksesan dipandang dari segi pendidikan. Padahal jika diliat dari bidang lain tentu akan berbeda. Bisa jadi anak sang Doktor tersebut hanya bisa menyelesaikan pendidikannya hingga S1, akan tetapi dia berhasil dalam menggeluti dunia wirausaha. Misalnya walau ia hanya seorang tamatan S1, namun ia mempunyai banyak perusahaan. Kesuksesan tersebut tentu lebih tepat dipandang dari segi kekayaan. 

Parameter Sukses
Parameter kesuksesan di masyakrakat secara umum akan diukur melalui beberapa kriteria. Apa saja? Berikut diantaranya:
  • Memiliki kekayaan. Bagi setiap indivdu yang memiliki kekayaan baik berupa uang berlimpah, tabungan deposito, tanah lebar, mobil mewah, perusahaan dimana-mana, maka dalam masyarakat umum dianggap sebagai orang yang sukses. Masyarakat mengaggap orang tersebut termasuk ke dalam manusia beruntung karena memiliki banyak harta.
  • Mempunyai karir yang cemerlang, memiliki pangkat tinggi dan menduduki jabatan yang strategis 
  • Terkenal atau populer. Biasanya ini terjadi pada selebritis, pembicara hebat, motivator, pengacara, atau lainya. 
  • Bergaji besar 
  • Bekerja diperusahaan bonafit
  • Berprestasi 
  • Berpendidikan tinggi misal bergelar doktor dan profesor
  • Mempunyai banyak karya misal para seniman musik, penulis buku, arsitek, programmer, dll
  • Mampu melakukan perubahan yang lebih baik kepada masyarakat disekitarnya

Mereka Yang Sukses di Usia Muda 
Banyak kisah yang diceritakan tentang mereka-mereka yang sukses di usia muda. Pada awalnya memang hanya sebuah impian, tetapi karena mereka mempunyai keyakinan kuat, ide dan gagasan hingga mampu untuk mengimplementasikannya tahap demi tahap. Akhirnya mereka berhasil melewati proses yang penuh lika-liku kehidupan.

Sekitar tahun 2011, di acara program Kick Andy pernah menayangkan acara yang berkaitan dengan sukses diusia muda. Nama programnya adalah "Meraih Sukses di Usia Muda". Ada empat narasumber muda yang sukses diwawancara oleh Andy F Noya. Saat  diwawancara, semua narasumber itu masih berumur antara 24 hingga 26 tahun. Berikut empat narasumber tersebut:
  • Merry Riana saat berumur 24 tahun telah menjadi milyuner. Ia memilih wirausaha berawal karena sebuah hutang. Ia mempunyai konsep pemikiran jika mau buka usaha maka harus dilakukan ketika muda karena tidak memiliki tanggungan. Ia berwirausaha dibidang finance.
  • Putu Putrayasa berumur 26 tahun yang lahir dari keluarga miskin telah mendirikan perguruan tinggi. Ia talah mendapat penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia, MURI atas prestasinya di bidang pendidikan. 
  • Elang Gumilang berumur 26 tahun telah sukses menjadi pengusaha properti yang benar-benar dirintis dari bawah bukan warisan dari orang tua. 
  • Febrian Agung Budi Prasetyo berumur 27 tahun telah sukses bisnis pulsa elektrik bahkan hingga bisa merekrut ribuan agen pulsa elektrik dengan sistem multi level marketing (MLM). Febrian adalah anak seorang sopir Bus Damri. 
Kisah sukses di usia muda juga bisa ditemui di buku Pak Rhenald Khasali yang berjudul Wirausaha Muda Mandiri bagian 1 & 2: Ketika Anak Sekolahan Berbisnis. Dalam kedua buku tersebut menceritakan kisah-kisah inspiratif yang sukses berbisnis di usia muda. Silahkan bukunya baca sendiri ya atau Insya Allah kisah-kisah para wirausahawan muda sukses itu akan saya posting diblog ini.

Dua contoh kasus diatas, baik pada acara program Kick Andy dan buku Wirausaha Muda Mandiri 1 & 2 yang ditulis Rhenald Khasali adalah contoh kesuksesan di usia muda dengan jalur berbisnis. Tentu saja banyak contoh lainya yang sukses pada jalur bidang yang berbeda. Misalnya Raditya Dika yang sukses sebagai komedian dan penulis buku-buku humor. Kemudian ada juga yang sempat beritanya populer yakni, Laily Prihatiningtyas berumur 28 tahun diangkat oleh Dahlan Iskan menjadi Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko. Sukses dibidang pendidikan misalnya Emil Elestianto Dardak yang meraih gelar Doktor termuda di Jepang dari Ritsumeikan Asia Pacific University pada usia 22 tahun. Selain itu ada Cindy Priadi yang meraih gelar doktor dari Universitas Paris-Sud saat berumur 26 tahun. Lantas, Prof. Nelson Tansu, Ph.D yang diangkat menjadi guru besar (profesor) di Lehigh University, Bethlehem, Pennsylvania saat berusia 25 tahun.

Dibidang olahraga yang sukses ketika masih usia muda adalah para pemain sepak bola dunia dengan penghasilannya yang melebihi gaji presiden di negara manapun. Saya pernah mengulasnya, silahkan baca disini: 10 Kelebihan Menjadi Pemain Sepak Bola Dunia.

Sukses Hakiki
Melihat tayangan video acara Kick Andy tentang mereka yang sukses di usia muda dan membaca buku pak Rhenald Khasali tentang Wirausaha Muda Mandiri, maka sejatinya sebuah kesuksesan itu bisa dicapai melalui tiga hal. Pertama, do'a dan niat kuat. Kedua, usaha, kerja keras dan pantang menyerah. Ketiga berdo'a lagi . Inilah rumusan inti yang perlu digaris bawahi oleh kita semua.  Menjadi orang sukses tentu tidak mudah dan instan. Semua itu perlu proses dan perjuangan. Kesabaran dan keyakinan adalah kunci utamanya. 

Satu hal yang perlu menjadi catatan penting, bahwa sukses ideal yang diinginkan oleh semua manusia adalah bukan hanya di dunia saja melainkan di akherat kelak. Sukses terbesar manusia adalah jika ia menjadi seorang manusia yang bertaqwa. Inilah sukses yang bersifat hakiki. Boleh saja manusia sukses dalam hal harta, jika ia bertakwa maka hartanya hanya akan didapat dari yang halal dan akan dibelanjakan ke hal-hal yang lebih bermanfaat. Boleh saja manusia berilmu tinggi, jika ia bertakwa maka ilmunya akan dimanfaatkan untuk kebaikan umat manusia. Boleh saja manusia mempunyai pangkat dan jabatan tinggi, jika ia bertakwa maka pangkat dan jabatannya akan dijalankan sesuai amanah. Inilah sukses yang sebenarnya: menjadi manusia taqwa, apalagi jika masih muda, kaya, pintar, berprestasi dan bermanfaat bagi masyarakat, maka hiduppun akan penuh makna. Sungguh sebuah anugerah yang tak terkira.
Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa mendapat kemenangan
(QS: An-Naba' Ayat : 31)

Sesungguhnya kalau mereka beriman dan bertakwa, (niscaya mereka akan mendapat pahala), dan sesungguhnya pahala dari sisi Allah adalah lebih baik, kalau mereka mengetahui.
(QS: Al-Baqarah Ayat: 103)
Salam blogger pustakawan

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Impian Sukses di Usia Muda"