Bisnis Keripik Mangga

Advertisement
Saya punya cita-cita ingin mempunyai bisnis keripik mangga dikampungku Indramayu. Dulu, sekitar tiga tahun lalu saya hampir akan membeli mesin khusus untuk membuat keripik mangga. Namun, berhubung saat itu saya belum siap untuk mengelola usaha sendiri karena susahnya membagi waktu sebagai seorang pegawai. Lagi pula perencanaan bisnisnya pun saya anggap masih kurang matang dan belum terkonsep ke dalam bentuk proposal usaha yang detail.

Bisnis keripik buah mangga adalah bisnis idamanku yang berkaitan dengan oleh-oleh khas Indramayu. Seperti kita tahu, Indramayu adalah kota yang terkenal dengan buah mangganya. Saya menginginkan membuat sebuah usaha yang memang berasal dari ciri khas daerahku sendiri. Selain itu, tentu saja usaha tersebut  saya jalankan agar dapat membuka lapangan pekerjaan terutama bagi ibu-ibu yang ada disekitar lingkungan rumahku.

Kebun mangga emaku dibelakang rumah

Buah mangga menjadi alasan utama saya sebagai bahan bakunya karena saya sendiri mempunyai kebun mangga yang bisa dibilang cukup luas. Sebenarnya bukan punyaku sih. Tapi, kebun itu kepunyaan emaku. Saya berpikir kenapa tidak mencoba bisnis keripik mangga ini dengan kemasan yang lebih menarik dan menjualnya melaui toko online.

Munculnya Ide atau gagasan usaha keripik mangga ini sebenarnya muncul ketika saya mengikuti seminar tentang kewiraushaan dari seorang motivator bisnis terkenal. Saat itu saya mencoba dari salah seorang penjual keripik aneka buah dan sayuran seperti tomat, timun, dan lainya. Saya juga ditawari sebagai agen untuk menjual aneka keripik buah dan sayur itu.

Berawal dari seminar itulah, pikiran saya terbesit terhadap buah mangga.  Saya membayangkan betapa menariknya jika keripik buah mangga yang saya buat diklasifikasikan berdasarkan rasa dari jenis buah mangganya, misalnya saja sebagai berikut:
  • Keripik mangga rasa cengkir
  • Keripik mangga rasa harum manis / manalagi
  • Keripik mangga rasa gedong
  • Keripik mangga rasa golek dan gajah
  • Keripik mangga rasa koeni
  • Keripik mangga rasa bapang
  • Dan lain sebagainya
Mangga memang buah yang unik karena banyak jenisnya. Jenis mangga yang sering  dicari dan katanya enak adalah mangga harum manis dan gedong gincu. Harga yang ditawarkannya pun seringkali mahal apalagi jika dipasaran beredar secara terbatas. Sedangkan mangga koeni dan bapang adalah mangga murah. Bahkan seringkali dua mangga itu tidak laku dipasaran. Mangga koeni jika tidak dikupas tebal-tebal, maka bisa mengkibatkan gatal pada lidah. Sedangkan mangga bapang daging buahanya banyak mengandung jarot. Mungkin karena dua penyabab itulah kedua mangga itu tidak laku dipasaran. Jika dijualpun harganya benar-benar murah.

Dimasa yang akan datang, berbisnis keripik buah mangga masuk dalam daftar prioritasku. Saya benar-benar ingin menjalani bisnis yang membuat produk sendiri.  Selama ini saya masih berbisnis dengan mengandalkan produk orang lain. Entah mulai kapan akan saya garap bisnis keripik mangga ini. Do'akan teman-teman ya semoga bisa terlaksana.

Salam pustakawan blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bisnis Keripik Mangga"