Memahami Makna Rekonsiliasi dan Transisi

Advertisement
Istilah rekonsiliasi dan transisi seringkali terdengar dalam dunia poltik. Kita mungkin juga sering mendengar kedua istilah tersebut yang terucap dari seorang politkus misalnya "akan melakukan rekonsiliasi". Dalam dunia ekonomi juga tidak jarang terdengar misalnya "rekonsiliasi bank atau keuangan" atau sekarang ini yang sedang melejit misalnya "pemerintahan transisi". Bila telisik lebih jauh tentu kita bertanya apa sebenarnya makna rekonsialiasi dan transisi ini? Apakah kedua istilah tersebut sudah masuk dalam kamus perbendaharaan bahasa kita? Untuk memahami kedua istilah tersebut secara utuh tentu bukan suatu keharusan. Akan tetapi bagi para pelajar SD hingga SMP ini merupakan suatu hal yang penting dimana biasanya ditugasi juga oleh guru Bahasa Indonesia mengenai apa makna atau pengertian dari kedua istilah diatas. Oleh karena itu, ada baiknya apabila kita melihat kedua istilah tersebut dengan merujuk pada primbon bahasa negara kita yakni Kamus Besar Bahasa Indonesia dan glosarium bahasa Indonesia.




Pengertian Rekonsiliasi dan Transisi
Untuk lebih memudahkan lagi, mari kita lihat pengertian dari rekonsiliasi dan transisi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia versi online. Berikut pengertiannya:
re·kon·si·li·a·si /r├ękonsiliasi/ n 1 perbuatan memulihkan hubungan persahabatan pd keadaan semula; perbuatan menyelesaikan perbedaan; 2 penetapan pos-pos yg diperlukan untuk mencocokkan saldo masing-masing dr dua akun atau lebih yg mempunyai hubungan satu dng lain; 3 ikhtisar yg memuat rincian perbedaan antara dua akun atau lebih
tran·si·si n peralihan dr keadaan (tempat, tindakan, dsb) pd yg lain: masa -- , masa peralihan; masa pancaroba: pd masa -- , pd umumnya keadaan belum stabil 
Mari kita lihat istilah yang pertama dulu tentang rekonsiliasi. Pengertian pada nomor satu jelas itu bisa dipakai pada dunia politik misalnya disalah satu berita surat kabar harian Kompas yang berjudul "Anggap Prabowo Sahabat, Jokowi Merasa Tak Perlu Rekonsiliasi". Ini berarti sebenarnya tidak ada konflik atau permusuhan diantara keduanya baik Prabowo maupun Jokowi. Untuk pengertian nomor dua dan tiga itu bisa merujuk pada dunia ekonomi misalnya dalam isitilah "rekonsiliasi keuangan". Dalam glosarium bahasa (http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/glosarium) istilah asing rekonsiliasi disebut juga reconciliation. Istilah tersebut masuk dalam kategori bidang politik.

Sedangkan untuk pengertian tranisisi diatas bisa merujuk pada sebuah kondisi entah itu kondisi kesehatan, perpolitikan, musim dalam dunia pertanian atau nelayan, atau bahkan pada ekonomi. Tranisisi seringkali juga ditafsirkan "sementara". Istilah asing dari transisi disebut juga transition yang masuk dalam bidang biologi atau farmasi.

Nah, seperti itulah kira-kira pengertian rekonsiliasi dan transisi secara utuh menurut  KBBI dan Glosarium Bahasa Indonesia. 

Advertisement

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Memahami Makna Rekonsiliasi dan Transisi "