Cari Informasi Dokter/Dokter Gigi? Cek di Konsil Kedokteran Indonesia

Advertisement
Mencari informasi valid yang benar-benar berdasarkan sumber aslinya adalah suatu keharusan. Apalagi informasi tersebut bersifat penting dan berkaitan dengan dunia kesehatan. Terkait hal itu, jika ada teman-teman yang ingin mencari mengenai nama seorang dokter / dokter gigi di seluruh wilayah Indonesia, maka silahkan gunakan aplikasi cek dokter yang telah teregistrasi. Aplikasi tersebut dibuat oleh Konsil Kedokteran Indonesia.

Apa itu Konsil Kedokteran Indonesia (KKI)?
Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) adalah suatu badan otonom, mandiri, non struktural dan bersifat independen, yang bertanggung jawab kepada Presiden RI. KKI didirikan pada tanggal 29 April 2005 di Jakarta. KKI mempunyai fungsi pengaturan, pengesahan, penetapan serta pembinaan dokter dan dokter gigi yang  menjalankan praktik kedokteran dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan medis (www.kki.go.id)

Adapun tugas KKI yaitu
  • Melakukan registrasi dokter dan dokter gigi
  • Mengesahkan standar pendidikan profesi dokter dan dokter gigi 
  • Melakukan pembinaan terhadap penyelenggaraan praktik kedokteran yang dilaksanakan bersama lembaga terkait sesuai dengan fungsi masing-masing. 
Sedangkan Wewenang dari KKI meliputi:
  • Menyetujui dan menolak permohonan registrasi dokter dan dokter gigi
  • Menerbitkan dan mencabut surat tanda registrasi
  • Mengesahkan standar kompetensi
  • Melakukan pengujian terhadap persyaratan registrasi dokter dan dokter gigi
  • Mengesahkan penerapan cabang ilmu kedokteran dan kedokteran gigi
  • Melakukan pembinaan bersama terhadap dokter dan dokter gigi mengenai pelaksanaan etika profesi yang ditetapkan oleh organisasi profesi. 
  • Melakukan pencatatan terhadap dokter dan dokter gigi yang dikenakan sanksi oleh organisasi  profesi atau perangkatnya karena melanggar ketentuan etika profesi.

Cara Mencari Informasi Dokter/Dokter Gigi di KKI
Mencari Informasi Dokter/Dokter Gigi dalam aplikasi cek dokter cukup mudah, tinggal menginput nama dokter, kemudian masukan nomer captcha yang tersedia lalu tekan tab CARI. Dalam beberapa detik akan keluar daftar nama dokter yang kita inginkan. Contohnya liat gambar berikut dibawah ini.

Aplikasi Cek Dokter

Jika nama dokter / dokter gigi tidak tersedia, maka akan keluar peringatan "No data available in table". Contoh gambarnya seperti berkut ini:

Aplikasi Cek Dokter

Beberapa informasi yang tersedia meliputi nama, jenis kelamin, lulusan dari univeritas mana, kompetensi, nomor STR (surat tanda registrasi), tanggal berlaku dan akhir STR, hingga wilayah prakteknya. Contohnya seperti gambar dibawah ini.

Detail Nama Dokter Yang di Cari

Mau cek dokter / dokter gigi? silahkan klik disini. Agar lebih mudah berikut saya tunjukan video simulasi pencarian nama dokter/dokter gigi di Konsil Kedokteran Indonesia (KKI). Saya mencoba mencari dokter Teti Ernawati, dokter spesialis kandungan yang membantu persalinan istriku.

 

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cari Informasi Dokter/Dokter Gigi? Cek di Konsil Kedokteran Indonesia"