Apa itu Konvensi?

Advertisement
Pernah dengar istilah konvensi? Saya sendiri sering mendengar istilah konvensi sejak masih duduk di bangku SMP. Istilah konvensi pertama yang sering saya dengar yakni berkaitan dengan pelajaran Sejarah yaitu Konvensi Jenewa. Yang saya ingat dari konvensi Jenewa ini mengenai peraturan perang. Lebih jauh tentang konvensi Jenewa silahkan baca di sini. Sedangkan istilah konvensi kedua yang sempat saya dengar adalah Konvensi Capres Partai Demokrat. Konvensi kedua ini berkaitan erat dengan pesta demokrasi yang sebentar lagi akan di selenggarakan di negara kita tercinta ini. Agar tidak penasaran, seperti biasa saya mencari pengertian atau definisinya secara pasti, sebenarnya apa sih konvensi itu?

 Apa itu Konvensi?

Saya mengambil pengertian konvensi dari Wikipedia dan Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pusat Bahasa Kementrian Pendidikan dan  Kebudayaan. Istilah konvensi pertama yang saya singgung diatas lebih mengarah pada traktat atau perjanjian. Sedangkan istilah konvensi yang kedua lebih mengarah pada suatu rapat besar dalam hal ini konferensi suatu partai politik guna memilih calon presiden.  Ini memang baik karena dapat menjaring seorang pemimpin yang berkualitas. Baiklah, untuk lebih jelasnya berikut pengertian atau definisi dari konvensi:

Wikipedia:
Konvensi (bahasa Inggris: convention) dapat merujuk pada:
Konvensi (rapat), suatu rapat besar.
Konvensi (norma), suatu kumpulan norma yang diterima umum.
Traktat, perjanjian, dll.
KBBI:
Konvensi: kon·ven·si /konvĂ©nsi/ n 1 permufakatan atau kesepakatan (terutama mengenai adat, tradisi, dsb): berdasarkan -- , sudah sewajarnya pria melindungi wanita; 2 perjanjian antarnegara, para penguasa pemerintahan, dsb: -- Hukum Laut telah disetujui oleh negara sedang berkembang; 3 konferensi tokoh masyarakat atau partai politik dengan tujuan khusus (memilih calon untuk pemilihan anggota DPR dsb)

Advertisement

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Apa itu Konvensi?"