Tips Mutasi PNS: Sebuah Pengalaman Pribadi

Advertisement
"Untuk mencapai keberhasilan, bertindaklah seolah-olah Anda tidak mungkin gagal." - Dorothe Brande
Saya tidak menyangka ketika menulis sebuah artikel yang berjudul "Tips Mutasi PNS Antar Daerah" di blog lamaku, banyak yang menanyakan tentang hal itu. Karenanya dengan maksud untuk berbagi informasi kepada teman-teman semuanya, saya kembali menulis ulang artikel tersebut pada blog ini mengingat di blog inilah saya sering mengupdate tulisan terbaruku sehingga ketika ada teman-teman yang bertanya dapat saya jawab secepatnya. Seperti yang saya bilang sebelumnya, tulisan ini hanyalah sebuah pengalaman pribadi.
Murad Maulana

Kita tahu mutasi PNS adalah pemindahan pegawai dari atau ke instansi di lingkungan pemerintahan meliputi:
  • Pemindahan antar Kabupaten / Kota dalam satu Propinsi ;
  • Pemindahan dari Kabupaten / Kota ke Propinsi atau sebaliknya ;
  • Pemindahan antar Kabupaten kota luar Propinsi ;
  • Pemindahan dari Kabupaten / Kota atau Propinsi ke Pusat atau sebaliknya ;
  • Pemindahan antar unit kerja dalam satu instansi
Mutasi ini bisa dilakukan baik karena keputusan atasan maupun usulan sendiri. Bagaimana dengan saya? Saya melakukan mutasi karena usulan sendiri dari kabupaten ke pusat. Dalam hal ini dari Kabupaten Indramayu ke Jakarta Pusat atau lebih tepatnya dari Kantor Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Indramayu ke LPNK (Lembaga Pemerintah Non Kementerian), yakni Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten).

Sejauh ini ada beberapa alasan mengapa seorang PNS ingin melakukan mutasi misalnya karena alasan jauh dari keluarga, mengikuti suami atau istri, meningkatkan jenjang karir, karena jarak yang jauh antara rumah dan kantornya, karena sakit berat yang mengharuskan berobat di rumah sakit yang lengkap sedangkan rumah sakit tersebut jauh dari tempatnya kerja atau bahkan hanya ingin sekedar mencari suasana baru dengan lingkungan kerja yang baru pula. Namun demikian, salah satu alasan yang sering dilakukan yaitu mengikuti suami atau istri. Nah, saya sendiri mengajukan mutasi PNS dari kabupaten ke pusat karena alasan ikut istri yang tinggal di Pamulang, Tangerang Selatan dengan alasan agar dekat dengan keluarga.

Tidak sedikit dari seorang PNS yang merasa bingung atau tidak tahu apa yang harus pertama dilakukan ketika akan melakukan mutasi PNS. Disisi lain, jika akan melakukan mutasi biasanya seringkali di hinggapi oleh pikiran negatif bahwa tidak ada kemungkinan bagi seorang PNS untuk melakukan mutasi apalagi jika itu dilakukan dari daerah ke pusat seperti pada kasusku karena biasanya ketika PNS yang akan melakukan mutasi paling tidak harus menyediakan banyak uang dan mempunyai koneksi pejabat, walaupun fenomena tersebut memang benar adanya dan saya tidak menampik akan hal itu. Akan tetapi, ada yang lebih penting dari kedua hal tersebut yakni usaha dan do'a yang sungguh-sungguh. Lantas langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk melakukan mutasi PNS agar berhasil? Nah berikut beberapa tips mutasi PNS antar daerah berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri.

Tentukan Target Institusi Untuk Mutasi
Pertama, hal yang perlu dilakukan adalah menentukan target institusi atau lembaga yang akan kita jadikan tempat mutasi. Anda bisa mencari informasi sedetail-detailnya melalui teman, melalui webiste, atau bahkan dengan mendatangi langsung institusinya. Silahkan cari informasi sebanyak-banyaknya mulai dari kebutuhan SDM, siapa pimpinanya, dan informasi-informasi lainya yang diperlukan. Saya sendiri saat itu akan melakukan mutasi, yakni dengan cara menyebarkan informasi ke teman-temanku untuk segera menghubungiku jikalau ada posisi yang diperlukan. Tidak hanya itu sayapun mengunjungi tempatnya secara langsung, saat itu saya langsung mendatangi BKD pemda Tangsel. Hasilnya lampu hijau dan memperbolehkan untuk mengirim berkas mutasi secepatnya. Namun, ada yang lebih menarik dari itu, walau sudah mendapat lampu hijau dari BKD Tangsel, justru saya berhasil mutasi ke Jakarta di LPNK Bapeten karena sebuah informasi seorang teman. Jadi jangan sia-siakan keberadaan teman lho.

Sistem Barter
Kedua, mutasi yang paling cepat adalah dengan sistem barter artinya ada pertukaran pegawai yang saling membutuhkan (baca: Ingin Mutasi PNS Cepat? Lakukan Sistem Barter). Jadi, setelah anda sudah menentukan institusi yang dituju, tugas berikutnya adalah anda harus mencari PNS yang ada dikantor tersebut yang ingin melakukan mutasi juga sehingga anda bisa melakukan barter. Lebih utama lagi seandainya dengan bidang kerja yang sama, dijamin akan lebih cepat. Sistem barter ini tidaklah wajib. Namun jika anda melakukan sistem barter salah satu kelebihannya adalah cepatnya proses mutasi. Langkah kedua ini bisa anda lewati, jika memang di tempat itu tidak ada yang akan mutasi. Saya sendiri bisa cepat mutasi dikarenakan menggantikan posisi temanku di Bapeten karena ia mutasi ke Yogyakarta.

Konsultasikan
Ketiga, Jangan lupa sebelum anda berniat untuk melakukan mutasi, konsultasikan kepada atasan tempat anda bekerja karena jangan sampai ketika kita sudah mendapatkan tempatnya ternyata atasan anda tidak menyetujuinya. Hal ini pernah dialami oleh saya sendiri. Saya melakukan mutasi tanpa memberitahu ke atasan. Ketika sudah memperoleh surat balasan yang berisi persetujuan dari instansi yang di tuju, saya baru memberitahukannya. Alhasil, saya dilarang untuk pindah. Bukankah ini pekerjaan yang sia-sia? Alangkah lebih baiknya bila anda melakukan komunikasi intensif dengan atasan anda. Bila perlu jika atasan melarang anda pindah, cobalah mengkomunikasikannya dengan tidak di kantor melainkan langsung di rumahnya sembari silaturahmi. Mengapa demikian? Karena biasanya antara suasana dikantor dan dirumah akan berbeda. Karena saya sendiri pernah mengalaminya.

Ikuti Alurnya
Keempat, jika institusi telah ditemukan, atasan anda telah menyetujui, kemudian ada salah satu pegawai yang ingin mutasi. Maka 90% anda telah mendapatkan peluang itu. 10% anda hanya tinggal mengikuti alur birokrasi yang komplek, yaitu membuat surat pengajuan untuk mutasi yang kemudian akan berlanjut dengan proses surat balasan. Adapun contoh surat pengajuan mutasi PNS antar daerah jika anda menginginkanya silahkan download dibawah artikel ini.

Yang Penting Atasan Setuju
Kelima, bagaimana jika tidak ada pegawai yang ingin barter dan bahkan atasan tidak menyetujuinya? Sebenarnya anda tidak harus melakukan berter. Cara tersebut biasanya dilakukan agar lebih cepat saja. Intinya anda hanya tinggal mencari institusi yang mau menerima anda dan atasan anda menyetujuinya (lolos butuh). Itu saja

Tunggu Atasan Baru
Keenam, jika atasan anda tidak menyutujui anda pindah tentu ini sangat sulit. Namun anda bisa menunggu pergantian kepala atau atasan baru, barangkali saja ada peluang. Saya sendiri melakukan mutasi PNS yang tidak disetujui oleh atasan dan sebagai catatan, pada akhirnya saya bisa berhasil mutasi dengan menunggu atasan baru walau saat itu atasan barupun tidak menyutujuinya. Namun saya mempunyai tips nekad untuk melakukan mutasi PNS ketika tidak disetujui oleh atasan baru itu yakni membuat surat pengunduran diri dari PNS. Ini tentu saja cara ekstrim dan perlu keberanian untuk melakukan itu. Apakah anda siap seperti cara saya?

Pantau Terus
Terkahir, ketika anda sudah mengajukan surat mutasi PNS, jangan lupa selalu terus dipantau karena terkadang ada saja pegawai yang mengurus hal tersebut tiba-tiba menderita sakit ingatan baik disengaja maupun tidak (he..2). "Jemput Bola" adalah cara yang tepat untuk mempercepat proses mutasi.

Demikianlah sekelumit tips mutasi PNS antar daerah yang pernah saya lakukan berdasarkan pengalaman pribadi dan Alhamdulillah berhasil. Oh ya jangan lupa, teruslah berdoa sebagai penyeimbang usaha anda (bagi anda yang muslim rajin-rajinlah sholat tahajud dan hajat agar diberi kemudahan). Ijin orang tua juga perlu dilakukan (jika masih ada), biar lancar dan sekaligus minta doanya. Selebihnya jika ada yang ingin ditanyakan atau ingin berbagi pengalaman, dengan senang hati jika anda menuliskannya di kolom komentar.

Bagi yang berminat silahkan teman-teman download contoh surat mutasi PNS (lolos butuh) dan berkas lainya disini: Scan Berkas Mutasi PNS (Bagi yang minta dikirim via e-mail, mohon maaf jika lama. Tapi, sebaiknya teman-teman download sendiri saja ya. Silahkan klik link downloadnya)

Jika link download bermasalah, mohon beritahu saya.

Salam,
Pustakawan Blogger

Advertisement

Artikel terkait:

380 Tanggapan untuk "Tips Mutasi PNS: Sebuah Pengalaman Pribadi"

«Paling tua   ‹Lebih tua   201 – 380 dari 380   Lebih baru›   Terbaru»
. mengatakan...

boleh di emailkan juga ke adamadhyna@gmail.com,makasih mas..

. mengatakan...

bapak ade dr K/L mana?kali aja bs tukeran ma suami saya

enjoy mengatakan...

assalamualaikum mas murad, saya juga punya rencana mau mengajukan mutasi antar instansi (lolos butuh), bisa tolong dikirim contoh format mutasi dan berkasnya? terima kasih. ini e-mail saya min_pluz82@yahoo.co.id, den88att@gmail.com

enjoy mengatakan...

Assalamualaikum mas, salam kenal,,, saya amin
bisa minta tolong mas kirimkan contoh surat2 utk mutasi nya yang lengkap,
Mohon bantuannya ya mas, ke email : den88att@gmail.com,min_pluz82@yahoo.co.id
Makasih banyak ya Mas

indra agustiyana mengatakan...

kirimin juga dong mas ke agustiyanaindra@gmail.com
terimakasih :)

murad maulana mengatakan...

Selamat siang juga mba amalia. Contoh surat mutasi pns (lolos butuh) sudah saya kirim ke email. Semoga bermanfaat

murad maulana mengatakan...

walaikum salam mas epri. Contoh surat mutasi (lolos butuh) sudah saya kirim ke email. semoga bermanfaat

murad maulana mengatakan...

contoh surat sudah saya kirim. cek email ya. Untuk tips2 kan uda saya tulis diartikel atas itu

Mega Syifa mengatakan...

tolong kirimnkan file contoh srt mutasi antar kab. Dan klau ada jg file contoh srt mutasi dari daerah ke pusat ke syauqiah11@gmail.com.terima kasih sebelumnya

Candra Setiyowati mengatakan...

amin mas murad, ini saya ma bayiq merantau sendiri di surabaya. jauh dr kluarga di madiun. maaf kmrn lupa candrasetiyawati@gmail.com makasih ya....

yssrhd mengatakan...

Assalamu'alaikum, mas murad boleh minta dikirimkan contoh2 file mutasinya juga ke email yssrhd@gmail.com. makasih ya.

Suci Niscahya mengatakan...

Mohon minta contoh suratnya pak email niscayasuci@yahoo.com
Terima kasih pak.

Suci Niscahya mengatakan...

Pak, mohon dikirimkan contoh suratnya ke email niscayasuci@yahoo.com
Terima kasih.

murad maulana mengatakan...

Candra: sama2 mba
Yssrhd + Suci: Walaikum salam.contoh surat mutasi pns sudah saya kirim via email ya. Semoga bermanfaat

CHM mengatakan...

Terima kasih infonya pak Maulana, saya rencana mengikuti jejaknya tapi sebaliknya (Pusat ke Daerah). Bisa saya dikirimi contoh surat2 proses mutasi, utamanya yg ke instansi tujuan.email saya: chrismamahit@yahoo.com.
Terimakash banyak pak Maulana.

GURU OTOMOTIF mengatakan...

Asssalamu'alaikum wr. wb. Saya PNS guru di pemkab berkeinginan mutasi ke DKI Jakarta. Alamat email saya har080877@gmail.com atau har_yan_to8877@yahoo.co.id

sungkowo budi laksono mengatakan...

salam kenal mas murad maulana, dulu satu kantor sama atu khumaeroh yaa??? (arpus kab. indramayu), saya satu angkatan :-)
minta di email juga donk contoh2 surat atau berkas untuk pengajuan pindah/mutasi?? saya berencana pindah antar kabupaten antar propvinsi. Terima kasih sebelumnya.
email : laksono.sungkowobudi@gmail.com

murad maulana mengatakan...

CHM: Contoh surat mutasi PNS (lolos butuh) sudah syaa kirim. Cek email ya.

Guru Otomotif:walaikum salam. Contoh surat mutasi pns sudah saya kirim ya.

Laksono: Betul mas laksono. Saya satu angkatan ma atu khumaeroh yang pindah ke jawa timur. Untuk contoh surat mutasi pns sudah saya kirim via email. semoga bermanfaat.Skr mas laksono pns mana?

Candra Setiyowati mengatakan...

maaf mas murad contoh suratnya belum masuk ke email saya. tolong kirim lagi ya.... makasiiiiih.
candrasetiyawati@gmail.com

Ryani Milan mengatakan...

Asslm..mas,,
Sy jg brencana pindah ikut suami dan kbetulan luar provnsi..mhon bs dkrimkan cth berkas lolos butuh dsbx yg dperlukan..via email: rymilanfitaya@gmail.com
Makasih sblmx mas,,smoga sll sukses dan Allah akn mmbls kebaikan mas.amien.

murad maulana mengatakan...

Ryani Milan: Walaikum Salam. Mba Ryani, contoh surat mutasi pns (lolos butuh) sudah saya kirim via email. Semoga bermanfaat dan lancar ya

Muhammad Anshorie mengatakan...

bantu d8ng contoh surat nya pak

email : adnil.krasic@gmail.com

Muhammad Anshorie mengatakan...

kirim contoh suratx pak

email : adnil.krasic@gmail.com

Kantor SAR Timika (Search and Rescue) mengatakan...

mohon dikirim contoh surat mutasi ke : enospaung@yahoo.co.id

Perindu Ilahi mengatakan...

Assalamualaikum...
Salam kenal... Mohon tanya dalam menentukan target institusi atau lembaga yang akan kita jadikan tempat mutasi itu apakah cukup ke BKD-nya, atau langsung menuju instansi di pemda yang kita tuju?
Bila berkenan mohon dikirim contoh surat dan berkas pengajuannya, dikirim ke masdian_poetera@yahoo.co.id
Terima kasih sebelumnya...
Wassalamualaikum...

peny rishartati mengatakan...

Mas Murad, mau dong di share contoh berkas-berkasnya ke peny.rish@gmail.com, saya juga berencana mengajukan pindah ke jakarta depok sekitarnya.. tks sebelumnya

yukendi mengatakan...

Ass. salam kenal mas maulana.kebetulan saya juga berencana untuk mutasi antar provinsi.tapi masih bingung mulai dari mana.untuk itu saya mohon dikirimi contoh2 berkas2 kelengkapan mutasi nya ya mas. email saya: terima kasih mas maulana.

yukendi mengatakan...

mohon contoh surat2 kelengkapan mtasinya ya mas.tks

yukendi mengatakan...

salam kenal mas murad maulana.mohon contoh surat kelengkapan mutasinya ya mas.rencana pindah karena jauh dari keluarga,antar pulau mas.terima kasih sebelumnya.

yukendi mengatakan...

email: wahyudyt@gmail.com.mohon contohnya ya mas.terimakasih sebelumnya.salam kenal mas murad maulana.

murad maulana mengatakan...

Muhammad Anshorie: sudah saya kirim mas, cek email ya
Kantor SAR Timika:ok, sudah saya kirim . semoga bermanfaat
Perindu ilahi: salam kenal juga. ke BKD nya juga cukup. Contoh surat sudah saya kirim ya.
Peny:Ok, sudah saya kirim mba peny
Yukendi: ok kang, sudah ane kirim. cek email ya

Mareta Chandra mengatakan...

Assalamualaikum wr.wb,,
Saya mau contoh surat pengajuan mutasi dan selengkapnya juga ya pak..
Email saya mareta.chandra@gmail.com
Terimakasih,
Wassalamualaikum wr.wb..

mohammad andrew mengatakan...

assalamualaikum.. selamat malam salam kenal pak maulana, saya andrew dari jakarta ingin sekali berencana untuk pindah dari pns per-angkatan pindah ke kementerian pertahanan jakarta. minta tolong mohon di kirim data-data ketika pak maulana pindah dari tempat lama ke tempat yang baru. ke email andeHCR@gmail.com \\ tunasiripbiru@gmail.com
terimakasih banyak ya pak maulana :)

mohammad andrew mengatakan...

ok terimakasih ya pak maulana, semoga bermanfaat dan jadi berhasil utk pindah ke instansi lain yang ingin dituju. amin :)

Sulung Pramedis Raharsyah mengatakan...

bos,,,,minta contoh surat mutasinya ya,,,klo contoh surat alih fungsi ada gak bos dari fungsional ke struktural?

Sulung Pramedis Raharsyah mengatakan...

klo surat pindah alih fungsi punya bos,,,kali aja temen punya,,,tolong ya boos

Michael Akay mengatakan...

Terima kasih atas informasinya yang berguna. Saya mohon dikirimkan contoh format dan berkas2 apa yang diperlukan ke email saya: michael.f.akay@gmail.com. terima kasih sebelumnya.

murad maulana mengatakan...

Mareta chandra, Michael Akay + mohammad andrew: ok, contoh surat mutasi pns sudah saya kirim

Sulung Pramedis Raharsyah: emailnya apa? Untuk surat alih fungsi saya tadak punya mas. Setau saya klo pindah dari fungsional ke struktural karena menempati jabatan tertentu bukannya otomatis, jabatan fungsional diberhentikan sementara? kecuali karena atas kemauan sendiri pindah, berarti biasanya harus ada alasannya. Misalnya karena susahnya mencari angka kredit

eko fauzi mengatakan...

Saya Eko Fauzi, PNS Kemenkeu Jakarta Pusat. mau Pindah ke Pemda rembang, Pati, Blora dan Sekitarnya.
kalau ada teman2 yang mau Barter bisa menghubungi saya di ekofauzi15@gmail.com

Mohon bantuan dari Pak Maulana, kalo boleh saya mau minta draft2 berkas buat permintaan mutasi.

Terima kasih Pak.

eric kurniawan mengatakan...

Assalamualaikum. Mas boleh minta contoh surat mutasinya. Terimakasih sebelumnya. erikkurniawansjj@gmail.com

Hikmelia Dwi Sundari mengatakan...

Ass...terima kasih untuk sharing pengalamnnya sangat menginspirasi. Saya mau tanya proses perpindahan mutasi biasanya berapa lama? Dan kebetulan suami saya bekerja di swasta dan harus pindah2 dalam waktu 2 tahun sekali ke daerah yg berbeda2 yang mau saya tanyakan apakan proses mutasi ada pembatasan ya dalam artian hanya boles beberapa kali saja? Dan kalau alasan pindah ikut suami meski suami diswasta bisa cepat tdk prosesnya? Mohon kirimkan juga ya contoh surat ijin mutasi ke email (hikmelia_dwisundari@yahoo.com) terima kasih sebelumnya. Wasalamualaikum

murad maulana mengatakan...

Hikmelia:Walaikum salam.
Tergantung kecepatan masing-masing institusi setiap daerah. Kadang-kadang adaa pejabat berwenang yang agak lama juga untuk menandatangani. Klo Kasus saya bisa 6 bulan atau lebih. Itu dihitung awal pengajuan mutasi hingga berhasil. Sebelumnya sekitar setahunan saya pernah ditolak.

Tidak ada pembatasan. Hanya saja tidak semudah itu bisa pindah-pindah.Bisanya yang bisa cepet seperti itu adalah istri pegawai polri, tni dan kejaksaan (terlebih jika suaminya ada jabatan penting di institusi itu).

Untuk contoh surat mutasi PNS dan berkas lainya sudah saya kirim ke email

Yang penting ketika mutasi pantau terus berkasnya ada dimana. Biar terkontrol

budi man mengatakan...

Assalaamualaikum

Mohon bantuan dari Pak Maulana, kalo boleh saya mau minta kirim berkas buat permintaan mutasi ke adeaq2007@yahoo.com

Terima kasih Pak.

ummu naura mengatakan...

Mas murad, minta tlg contoh berkas2 mutasi dikirim ke email saya ya.terima kasih banyak, sebelumnya. Email : pi2t82@gmail.com

arif surya mengatakan...

mas murad maulana,,saya mau tanaya klo dari kabupaten,pindah ke instansi pertikal bisa ngak mas ya tolong di bantu,kirim surat mutasi nya.trimakasi
email saya. woles_aumes@yahoo.com

murad maulana mengatakan...

budiman + Ummu Nura: waalaikum slm. Contoh surat mutasi pns sudah saya kirim ke email masing2 ya. Mohon maaf telat

Surya: pada dasarnya mutasi pns bisa dilakukan dimana saja mas dengan catatan, ada instansi baru yang menerima dan instansi lama meleps. Itu saja. Untuk contoh suratnya sudah saya kirim ke email. cek ya. semoga bermanfaat

yan lab mengatakan...

Salam kenal mas murad...mohon dikirim juga file mutasiny ke yans_by91@yahoo.co.id...makasih ya mas

lia indriana mengatakan...

assalamualaikum

salam kenal dari saya. saya punya rencana mau mengajukan pindah kerja ke propinsi lain, minta tolong saya dikirimkan contoh surat pengajuan pindah tugas dan berkas2nya ke email saya : liaindriana83@gmail.com atau lia.indriana83@yahoo.com

terima kasih

aribowo gunawan mengatakan...

Assalamualikum mas, saya gunawan. Mohon uhtuk bisa dikirimkan contoh surat2 mutasinya mas.
Terima Kasih.
aribowogunawan@gmail.com

ergge mengatakan...

rio.gabs@gmail.com
salam kenal mas, bisa minta tolong dikirimkan formatnya ke email saya
saat ini saya dinas di daerah dan berencana pindah ke pusat

saat pengurusan pindah apakah mas menyertakan CV ke kantor baru?
trims

Taufikurrahman ST,MT mengatakan...

Ass.... Minta Tlg blh saya dikirimkan file surat permohonan pindah kerja. Tq. Email saya: taufikurrahmanstmt@gmail.com

Rahman Ervan mengatakan...

Mohon dikirim surat permintaan ke instansi yg dituju beserta surat2 lain ke ian.bagus@gmail.com
Semoga bantuan anda dpt pahala oleh Allah SWT trimakasih

Abdul Wahab mengatakan...

Asslkum wr.wb..!! sebelumnya saya sangat berterima kasih adanya postingan mas ini..saya minta dikirimkan contoh permohonan..dll ke email saya..(abdul.wahab2505@gmail.com) atas bantuannya saya ucapkan byk terima kasih..
wassalam.

murad maulana mengatakan...

yan lab, lia indriana, aribowo gunawan, ergge, taufikurrahman, rahman ervan, abdul wahab : saya sudah kirim via email. semoga bermanfaat

Hans mengatakan...

Mas saya minta contoh berkas dan apa aja yg dprlukan utk mutasi ini email saya (hans.libr4lto@gmail.com) terima kasih sebelumnya

chairul fajrie mengatakan...

ass. pak maulana.
sy ingin alih tugas antar kabupaten dlm propinsi dg alasan turut istri.
mohon dikirimkan contoh suratnya ya pak.
ke : cfajrie6@gmail.com
trima kasih sbelumnya. wass.

Iskandar aka Mamoc mengatakan...

Mas, masih bisa minta contoh Surat Pengajuan Mutasi PNS (lolos butuh)?

email :kandar87@gmail.com

matur nuwun

risma rose mengatakan...

assalamualaikum pak maulana,saya risma,berencana pindah rugas ke daerah lain,,,mohon bantuan bantuan bapak untuk mengirimkan contoh surat/berkas2 pengajuan mutasi ke alamat email : rosentsia@gmail.com
terima kasih pak

Dewi Kencana mengatakan...

Assalamualaikum pak maulana, sy seorang pns daerah yg berencana mutasi ke pusat. Mohon kirim kan contoh surat mutasi dan berkas lain yg diperlukan ke kencana212@yahoo.com Terimakasih

WSHANDAYANI 73 mengatakan...

Nice info Mas, mohon dikirimkan contoh berkas2-nya untuk mutasi antar kabupaten dalam propinsi, sayangnya kabupatennya hanya berjarak 30km-an mas ... tks mas wshandayani73@gmail.com

Rheza Hakviasyah mengatakan...

Assalamualaikum, wah saya baca2 blog mas ternyata memberikan saya pencerahan dan motivasi buat mutasi .. soalnya saya jauh dari keluarga dan disini juga saya ngga bisa mengembangkan karir dan pendidikan saya mas .. ditambah lagi tempat kerja yang jauh .. perkenalkan saya reza mas .. saya bertugas di pemprov babel .. rencana mau mutasi ke pemprov sumsel ..

Saya mau nanya mas, kmren pas pemberkasan cpns saya menandatangani tidak boleh mengajukan pindah selama 10 tahun .. apakah harus menunggu 10 tahun ?

Ooh iya mas, boleh ngga saya minta semua contoh2 berkas mutasi mas ? Kebetulah saya lagi nyari2 contoh surat untuk mutasi mas

Ini alamat email saya : rhezahakviasyah@ymail.com

Terima kasih sebelumnya mas
salam kenal dari saya :)

selatsunda mengatakan...

Mas, saya bisa minta contoh surat permohonan mutasi nya tidak? Ini email saya, khairunas.islami@gmail.com
Terima kasih sebelumnya.
Salam

puang iccank mengatakan...

Mohon untuk mengirimkan contoh surat mutasinya pak.

email : iccank97@gmail.com

Trimakasih

SetNh@ mengatakan...

Aslm pak maulana, saya berencana mengajukan mutasi drpusat k daerah, mohon dikirimkan contoh surat2 nya ya Pak ke email set.nha24@gmail.com

Terimakasih banyak Pak

sari septiniska putri mengatakan...

Assalamualaikum mas murad..
Saya ingin mengajukan pindah dari prov sumut ke salah satu kementerian d jak,,mohon dikirimkan contoh file2 yang dibutuhkan ke sariseptiniska@gmail.com ya mas.. trims

lialiut mengatakan...

Mas,bolehkah sy mnta berkas2 kelengkapan proses mutasi? sy rencana mutasi dari kementerian pusat ke pemerintah kota karena mengikuti suami. mohon kirim ke lialiut19@gmail.com ya mas, trimakasih

gi yan mengatakan...

mhon dikrimkan jg file lengkapny mas fergiyandi@ymail.com
trhitung dri tahun kmrn kndisi kantor sudah sngat merugikan hak saya..mgkn cuman ini cara yg bisa ditempuh..
klo berkenan a.s.a.p iah mas..mksih sblumny

git mengatakan...

assalamualaikum pa mau saya mau dong contoh surat pengajuan mutasi dan contoh2nya ke sigit.pwh@gmail.com

Renie Achmad mengatakan...

Assalamu alaikum. Salam kenal mas, mohon saya dibagi file berkas usulan mutasinya serta tahapan proses pindahnya. Saya ada niat pindah antar provinsi. Seandainya bisa cepat akan baik sekali. Sebelumnya terima kasih mas. Alamat email : renren.ra76@gmail.com

Punk Chink mengatakan...

Ass. Salam Hormat!
Mohon untuk mengirimkan contoh Pemberkasan surat mutasinya pak.

email: chinkpunk@gmail.com

Makasih mas.

The Ann mengatakan...

pak saya boleh minta contoh2 suratnya? saya mau pindah ke daerah saja, agak stress di ibukota. thx

ochiex@gmail.com

Andi Taufik mengatakan...

Mas bisa minta tlg berkas surat2 mutasinya bisa di share ke ghatfan.andi@gmail.com terima kasi sebelumnya

Leo Marangga mengatakan...

Assalamualaikum pak Maulana, kenalkan nama saya Leo, saya berencana mengajukan pindah tugas dari Pemkab Bima,NTB ke Pemprov DKI. Mohon dikirimkan contoh surat pengajuan mutasi-nya dan berkas-berkas mutasi ke rastafari.marley@gmail.com

Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terimakasih.

frida kustini mengatakan...

assalamualaikum bapak
saya frida PNS KPU Kabupaten Kampar Provinsi Riau ... pak saya bisa minta di kirimkan file pindah tugas atau mutasi beserta alasan yg d terima oleh pimpinan saya, krn alasan yg saya gunakan pada saat pengajuan d karenakn ikut suami yg bekerja bukan d lingkungan pemerintah atau dgn kata lain pegawai swasta nah alasan tsb tidak dapat di terima.
jika ada d kirim k email saya : fridakustini_ida@yahoo.com terima kasih sebelumnya bapak murad maulana

frida kustini mengatakan...

Assalamualaikum pak Murad
Pak saya Frida PNS KPU Kabupaten Kampar, Provinsi Riau
pak mohon saya d kirimkan contoh surat mutasi beserta alasannya. terima Kasih sebelumnya
kirim k email : fridakustini_ida@yahoo.com

frida kustini mengatakan...

Assalamu alaikum. Salam kenal mas, mohon saya dibagi file berkas usulan mutasinya serta tahapan proses pindahnya. Saya ada niat pindah antar provinsi. Seandainya bisa cepat akan baik sekali. Sebelumnya terima kasih mas. Alamat email : fridakustini_ida@yahoo.com

Rotmianto Mohamad mengatakan...

Assalamualaikum Pak Maulana. Menarik sekali sharing Bapak tentang mutasi ini. Saya PNS dari Kab. Magetan (Jatim) ingin mengajukan mutasi ke kampung halaman saya di Surabaya. Mohon saya dikirim contoh berkas mutasinya ya Pak. Email saya: rotmiantomohamad@gmail.com atau rotmianto@yahoo.co.id. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terimakasih. Hanya Allah SWT sebaik-baik pemberi balasan. Wassalam
Hormat saya,
Rotmianto

dodot mengatakan...

bismiilah

saya didik pak maulana
saya berencana tuker pegawai antar prov.
mohon kami dikirimi contoh berkas sebagai referensi
email saya .. kid.idz@gmail.com

terima kasih

kokon joska mengatakan...

Mohon di kirim juga file file berkasnya ke kokon212@gmail.com pak, mutasi dari pemda ke provinsi dan mutasi dari pemda kabupaten ke lembaga vertikal, terima kasih sblumnya pak

Syauqi Ahmada mengatakan...

Assalamualaikum.wr.wb . .Pak Maulana, saya berencana mau mutasi dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah, Mohon informasi mengenai berkas2 atau contoh2 surat nya...mohon dikirim ke syauqi.ahmada@gmail.com

Terima kasih banyak...

jazakumullahu khairan katsiran.

setiawan ricky mengatakan...

Assalamualaikum pak maulana. Mohon bsa dikirim ke email setiawanr1cky@yahoo.com untuk kelengkapan surat2nya. Terimakasih

Aneka Grosir mengatakan...

saya butuh contoh surat-surat yang diperlukan untuk mutasi, saya dari pegawai pusat ingin ke daerah biar lebih deket sama keluarga, saya mohon kirim juga filenya ke email : harjoena@gmail.com

Luga Silitonga mengatakan...

Salam Pak Maulana,
Perkenalkan saya Luga. Saya berencana mengajukan Pindah Tugas dari Pemkab ke Kementerian. karna itu saya minta tolong ama Bapak untuk mengirimkan contoh surat Pengajuan Mutasi klo bisa dari A - Z (hehe) ke luga.kbn@gmail.com. makasih sebelumnya pak.

Ranistia Putri mengatakan...

Assalamu'alaikum pak, Mohon bisa dikirimkan juga ke email saya ranistiaputri@gmail.com untuk kelengkapan berkas mutasi antar provinsi nya,
terima kasih sebelumnya

Aga Permana mengatakan...

Assalamualaikum pak Maulana saya Aga dari Pemkab Subang..Mohon bantuannya untuk mengirimkan contoh surat lolos butuh ke alamat aga.brex@gmail.com terima kasih

nani agung mengatakan...

Assalamualaikum. Saya nani berencana pindah antar kementerian karena ingin mengembangkan karier. Mohon saya dikirimkan contoh pengajuan pindah mutasi beserta tahapan2nya ke nani76agung@gmail.com terima kasih.

Dzul Qurnain mengatakan...

kl dari pusat ke daerah, form suratnya apa aja mas maulana? kl saya dari BNN pengin pindah ke pemda, gak apa lah gak dapat remunerasi, yang penting bisa dekat dengan orang tua dan berbakti pada mereka di usia senja. makasih. cahkutosari@gmail.com

Upiq Zain mengatakan...

Kirim jg ke sy : upiq13@gmail.com

darel dasha setiawan mengatakan...

selamat siang pak maulana, klo boleh bisa di email contoh surat pengajuan pindahnya ke email saya didik_setiyawan@rocketmail.com
terima kasih

ratna mengatakan...

assalamualaikum mas murad, saya ratna. berencana mutasi dari pemkab jember ke pemkab tulungagung (dalam 1 provinsi) dengan alasan mendekatkan diri dengan keluarga. mohon dikirimkan contoh surat lolos butuhnya ya mas ke ratna_066@yahoo.co.id. langkah pertama saya harus ke bkd tulungagung atau saya langsung ke dinas yang rencananya saya tuju mas? trus yang dimaksud jemput bola itu saya harus sering2 datang ke bkd tujuan nanyakan surat tsb gitu ya mas? jujur saya bingung sekali. terimakasih banyak

Mardian Hadi mengatakan...

Pak minta berlasny donk
co_gan_pgsd@yahoo.co.id
Mhon dikirim ya pak.trimksih.

Yusgo Telaumbanua mengatakan...

Berkenan copy file pengajuan mutasi. Trims
yusgomap@ gmail.com

cowit mengatakan...

Assalamu'alaikum..salam kenal semuanya, saya juga berencana mutasi dr pusat ke surabaya, apabila ada Saudara/ri ada yg berkeinginan mutasi ke pusat boleh lah kita tukar posisi?
Terima kasih buat mas maulana mau berbagi pengalamannya ˊ▽ˋ

ciku kuci mengatakan...

assalamu alaikum mas.. saya minta di email berkas mutasi juga rencana saya mau mutasi dari PNS pusat ke dinkes denpasar. contoh surat lamaran lolos butuh ny sepertia apa ya?
cikukucicute@gmail.com

damn plukers mengatakan...

Assalamu'alaikum wr. wb. Salam kenal Pak Murad. Saya berencana mutasi dari kementerian pusat ke kota lain (pemprov), dengan alasan orangtua dan keluarga. Masa kerja sudah 15 tahun. Jika tidak keberatan, saya minta tolong untuk dikirimkan contoh-contoh surat dan berkas-berkas yang diperlukan untuk proses mutasitsb. Tolong diemailkan ke dan.pluky@gmail.com atau situbondo.bpt@gmail.com.
Terima kasih Pak, tulisannya menginspirasi sekali. Sukses selalu untuk mas Murad, happy eid mubarak 1436H. Semoga Allah membalas kebaikan-kebaikan Pak Murad.

yevi yesevi mengatakan...

Assalamualaikum.
Saya baru saja baca blog ini, dan memang sdg berencana utk mutasi antar unit di pemda dki.
Mohon Pak Maulana berkenan mengirimkan contoh surat dan berkas2 lain utk proses mutasi ke : yevimm99@gmail.com
Terimakasih.

Lia Hasibuan mengatakan...

Assalamualaikum. Salam kenal mas. Terima kasih atas artikelnya yg sangat bermanfaat. Mas, saya boleh minta format surat mutasi beserta berkas2nya ke liahasibuan17@yahoo.com. Saya seorang guru, mohon dilampirkan juga ya mas contoh surat pengajuan ke sekolah tujuan. Terima kasih banyak mas atas bantuannya. Semoga Allah melimpahkan rahmat-Nya selalu kepada mas sekeluarga.

sem sitepu mengatakan...

Malam mas... makasi buat infoy ya.
smoga kmi yg mau pindah diberi kmudahan. Jika mas bkenan dan mluangkn waktu, kmi mohon bntuan format pgajuany mas. Semsitepu@gmail.com

sari septiniska putri mengatakan...

Assalamualaikum mas maulana.. Sebelumnya saya sudah pernah dikirimi balasan email contoh surat berkaitan dengab mutasi.. Saya sendiri berdasarkan arahan dari blog mas maulana sudah mencari informasi ke instansi yang dituju,dan mendapat lampu hijau. Hanya saja dari instansi yang dituju minta terlebih dahulu surat persetujuan lepas dari atasan baru setelah itu membuat permohonan pribadi ke instansi yang dituju dengan melampirkan surat persetujuan atasan.. Apa cara seperti ini bisa?? Saya juga minta tolong untuk dikirimkan lagi contoh surat permohonan ke instansi yang dituju karena di email sebelumnya saya tidak menemukan contoh surat permohonan tersebut,hanya surat permohonan pribadi ke atasan langsung.. Mohon pencerahan nya mas..

sari septiniska putri mengatakan...

Maaf mas, email saya sariseptiniska@gmail.com terimakasih sebelumnya.. Wassalam

Dewi Kencana mengatakan...

Assalamu'alaikum Pak Murad..mohon kirimkan berkas2 yg dibutuhkan tuk mutasi antar propinsi ke kencana212@yahoo.com... sy berencana mutasi dr kab di prov kepri ke kota depok jabar. Makasih

gita mengatakan...

Aslkm mas maulana saya gita.bisa tolong kirim contoh surat dan berkasnya ke email saya gita.zayu.kusuma@gmail.com makasi pa maulana..semoga pak maulana sukses selalu.amin

asep budiman mengatakan...

Pak murad, saya mau juga contoh surat mutasi dan contoh berkas2nya, mohon diinfokan ke asepbudiman832@gmail.com, trim kasih banyak sebelumnya pak murad

Unknown mengatakan...

ass...mas tolong sy juga dikirimkan contoh surat permohonan lolos butuhnya mas...beserta berkas2 lainya yg dibutuhkan dalam pengurusan nanti...sebelumnha sy ucapkan terimakasih...kirim ke yusnely1achmad@gmail.com

Daud mengatakan...

Mohon bantuan contoh surat mutasi nya pak. Saya sangat perlu sekali.

Mohon di email ke sini
abzalom.kyeuw2@gmail.com

Mohon bantuan dan kebaikan bapak!

adi setiadi mengatakan...

Mas klo boleh kirimkan contoh surat mutasi ke akangpeksos@yahoo.com

Unknown mengatakan...

Salam pa maulana, sy resa. Sy boleh minta dikirimkan cobtoh surat pengajuan mutasi ke sakura_xyz07@yahoo.com. terimakasih sebelumnya.

Rick mengatakan...

Assalamualaikum pak saya mau tanya,,
Seperti yg bapak jelaskan tadi kita cari peluang dulu di tempat yang akan kita tempati nah ketika sudah ada baru kita proses ke kantor yg skrg,,
Nah permasalahannya skrg saya bekerja di kementerian lembaga nah ingin pindah ke bandung,,
Memang ada perwakilan kantor saya di bandung
Tapi syarat di kantor sy skrg mesti melalui zona2 permutasian dengan kata lain saya harus mutasi mulai dr indonesia bagian barat ke Indonesia bagian timur setelah itu baru bisa dan itupun belum tentu disetujui

Dulu ada teman saya mau pindah ke pemda tetapi dia pindah hanya sebagai staff biasa dan tidak disetujui kantor
Karena syarat pemindahan di kantor saya harus menjadi ekselon 3 setidaknya barulah di acc,,
Dan ketika itu dia mengancam untuk keluar dr pns malah di acc persetujuan untuk pemberhentian pnsnya,,

Kira2 bpk punya solusi kah untuk permasalahan ini,,

Saya ingin pindah karena saya skrg ada di perwakilan riau sedangkan keluarga di bandung

Jika bapak punya saran dan lampiran mutasi bisa bpk tolong email ke email saya (rick_aveiroz@gmail.com) tanpa tanda kurung

Terimakasih

kawan lama mengatakan...

aslm....salam kenal mas murad. sy wawan di kementerian pusat mau mutasi ke pemkot ato pemkab. mohon petunjuk dan file lengkap di email badwfish@gmail.com or badwfish@rocketmail.com terima kasih banyak atas shering ilmunya yg bermanfaat mas. salam ma keluarga.

kristina mengatakan...

Mas tolong kirimi cintoh berkas2 nya via email innakraeng@yahoo.com
Terimakasih sebelumnya

Rizqi Amelia mengatakan...

Assalamualaikum pak, apa saja syarat2 berkas untuk mutasi? Mohon saya dikirimkan contoh surat/berkas untuk mutasi ke rizqi.amelia.1982@gmail.com, terima kasih banyak

whytas mengatakan...

mas Murad, untuk surat pengajuan ke instansi yang dituju, itu apakah kita lebih dulu mengajukan ke sana, atau dari instansi awal yg mengirim ke sana?

anonim mengatakan...

assalamualaikum, mas kalau boleh saya juga mau format suratnya mas hehe
email:
"emailnya.sandy.loh@gmail.com"

sudiyono mengatakan...

Berbahagialah anda yang bernasib mujur bisa lancar2 saja. lain dengan pengalamanku ngurus pindah belasan thn yg lalu dari Riau ke Jawa Tengah gara2 sakit keras aku ngurus pindah malah ditawari keluar dr PNS oleh pejabat setempat dengan perjalanan 3 hari dari kampung halamanku tdk mungkin aku kembali ke daerah tempat tugasku dng sakit yang saya derita. perjuanganku selama kurang lebih 5 thn jd PNS akhirnya gagal dan aku jd guru swasta kembali dgn penghasilan yg tdk menentu. smg kalian berhasil di era pemerintahan Pak Jokowi Yang arif dan bijaksana amin. amin...

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah mas murad setelah persetujuan bupati asal sdh sy dapat.akhiry sekarang saya telah diproses di bkd pusat dan tinggal menunggu hasil.persoalannya karna jarak tempuh sy jauh di papua akhiry sy berkeinginan mnjdi guru titipan sj.pertanyaannya mana yg lbh dulu harus saya lakukan.apa menunggu dtrima dulu oleh kepsek yg mau dtempatin ato membuat lolos butuh dulu walaupun tidak keterima pada akhiry.
Yg kedua..setelah kita dtrima d sekolah tersebut biasay apa yg harus kita minta utk sebagai laporan ke instansi asal.ketiga....jika sudah dtrima dr sekolah titipan apa harus dilaporkan lg ke bkd pusat.trimksih dan mohon balasannya

rosita wati mengatakan...

Mas saya jg ada rencana mau mutasi ke daerah asal dengan alasan ngurus orang tua dan ikut suami tp suami bekerja wiraswasta, gmn itu mas? Tlg kirimkan jg syarat2 dan berkas pendukungnya mas, terimakasi

murad maulana mengatakan...

Unknown: bukannya klo sudah mendapat persetujuan dari bupati, sudah ada lolos butuh?

kedua, biasanya nanti kita dikasih berkas-berkas tembusan dari bkd

ketiga, mohon maaf untuk model titipan, saya sebenarnya kurang begitu mengetahui prosedurnya. barangkali ada teman-teman lain yang guru disini dan mempunyai pengalaman, bisa di share dikomentar.

rosita: mba emailnya apa? atau bisa doawnload di link yang sudah saya sediakan dia akhir artikel.

Danis Muhamad mengatakan...

Mas boleh minta semua berkas2x untuk proses mutasi,, mulai surat2x sampai sk mutasinya kirim ke email saya" wiwiet_toyan@yahoo.com" terima kasih

Zata Sabrina mengatakan...

Bgs banget mau berbagi pengalaman....sy mhn dikirim contoh suraty dong...sy pns dri kesehatan ingin pindah

murad maulana mengatakan...

Zata Sabrina: karena emailnya gak ada, silahkan bisa download disini ya: https://www.dropbox.com/s/6bnlnt0ktxg7har/SCAN%20BERKAS%20MUTASI%20PNS%20LENGKAP.zip?dl=0

Basuki Hendriaman mengatakan...

Aslkm. Mhn mf pak mengganggu, terima kasih atas informasinya. Kebetulan saya juga ada rencana untuk pindah tugas ke tempat yang lebih dekat. Alasannya karena keluarga dan saya sudah mengabdi 14 th. Untuk itu mohon perkenan mengirimkan syarat perpindahan via e-mail hendriawanbasuki@gmail.com

Separuh Aku mengatakan...

Mas, saya minta file nya ya ke separuhaku6@gmail.com terimakasih

Separuh Aku mengatakan...

Mas, saya minta dikirim ya contoh formulir pengajuan mutasinya, saya guru di Bandar Lampung, ingin sekali pindah ke Yogyakarta krn asal saya dari sana, tp saya belum menikah mas, bisa gak ya kalau alasannya krn mau deket dengan orang tua saya

Novi Octavianingsih mengatakan...

Assalamu'alaikum Pak, kebetulan sekali saya sedang mencari contoh surat2 yang diperlukan untuk pindah, saya mohon kirim juga filenya ke email : novioctavianingsih@gmail.com
Terimakasih banyak

sasaka mengatakan...

Mas murad..saya aan..saya dari instansi pusat ingin pindah ke daerah. Mohon mas murad bisa krimkan tips beserta berkas2 yang perlu saya disiapkan. Sasakalalu@gmail.com
makasi. Semoga mas selalu di beri keberkahan

Alfian Ambon mengatakan...

Salam Kenal Pak Murad, Saya baru baca blog ini dan kebetulan lagi mengurus mutasi antar kabupaten/Kota ke propinsi lain, klu bisa saya minta contoh berkas2 mutasinya. KIRIM KE ambonalfian27@gmail.com. Terimakasih sebelumnya Pak.

Aditia nugraha Rusli mengatakan...

Aditianr12@gmail.com

setia asih mengatakan...

Pak.. Apakah bisa utk mutasi dlm masa jabatan msh 2 thn? Makasih

mateus kurniawan priharyanto mengatakan...

Boleh dong
Mkurniawanp@gmail.com
Tks

henry sensei mengatakan...

mohon dikirim contonya pak ke h3nry_st@yahoo.co.id

Unknown mengatakan...

Assalamu'alaikum wr.wb.. Mas mohon saya di kirimi berkas mutasi,,saya guru SD yang sekarang bertugas di lumajang,jatim..hendak mengajukan mutasi ke kabupaten malang,jatim..ingin dekat dengan keluarga karena ortu saki2-an.. Mohon saran juga mas... Trmksh..
Email saya imamh8752@gmail.com

C Rani W mengatakan...

Malam... Dibutuhkan segera
-Dokter umum PNS
-Apoteker/asisten apoteker PNS
Untuk ditempatkan di salah satu kementerian di jakpus. Yang mau mutasi dari daerah silahkan....nanti proses akan dibantu
Silahkan segera kirim email ke: darimbi72@yahoo.co.id / raniqrak82@gmail.com
Terima kasih

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum..
Pak bs di kirimkan contoh surat mutasi ke emaik saya..
giesse.khairina@gmail.com

Tinong Heni mengatakan...

Assalammualaikum... pak maulana..,Salam kenal yaa...,, bru baca postingan bapak sangat bermanfaat, saya baru mnjd PNS slama 3 thun, saya berencana melakukan mutasi dri RS di jakarta ke daerah jawa tengah-tegal...Bisa minta tolong dikirimkan contoh file mutasiny pak..ke email : tinong.heni@gmail.com

Oiya pak..., mau tanya...Ketika bpaka mngurus mutasi ,brapa lama prosesny pak..?

Robby Nur Alam mengatakan...

Assalamualaikum mas maulana saya ingin pindah dari kota manna bengkulu ke jakarta tolong pencerahan dan berkas2 mutasi yang perlu dipersiapkan apa saja tolong kirim ke robbynuralam82@gmail.com
terima kasih

seep mengatakan...

Assalamu'alaikum. Terima kasih atas tipsnya..mdh2n bermanfaat..mohon kiranya Bapak bisa membantu sy dlm proses mutasi. Sy berencana mutasi dr kota tasik ke kab. Tasik.. Berkas yg harus disiapkan apa saja.. Ini alamat email: asep11marwan@gmail.com

arie yuristianto mengatakan...

Pagi mas murad, Tolong dikirim donk mas ke email saya: angkie.yuristianto@gmail.com

syakya kirti mengatakan...

Assalamualaikum pak? Kenalkan nama saya Kirti berencana mengajukan pindah dr prov ke prov lain. Mohon dapat dikirimkan contoh surat pengajuan mutasi dan berkas2 mutasi ke syakya@gmail.com. sebelum dan sesudahnya.saya ucapkan trimakash. Wass

Suminarti Hutajulu mengatakan...

Mas bisa minta tolong di kirimin berkas2 mutasinya? Sy udah coba download tp gak berhasil terus. Tlg kirim ke suminarti.hutajulu@gmail.com

adjie susuke mengatakan...

Mohon untuk dikirimkan contoh surat pengajuan mutasi dan berkas2 yg perlu dilengkapi mas Maulana. Terimakasih sebelumnya...postingan mas maulana memberikan sedikit cahaya harapan. Email hafizhahfairuz@rocketmail.com

adjie susuke mengatakan...

Assalamu alaikum. Terimakasih sebelumnya, postingan yg sangat membantu. Mohon dikirimkan juga via email contoh surat pengajuan mutasi dari kabupaten ke provinsi besrta berkas2 mutasi yg dibutuhkan untuk melengkapi ke email saya mas. hafizhahfairuz@rocketmail.com

Unknown mengatakan...

Mohon kirim berkas kelengkapan mutasinya mas ke hendradwinugroho@gmail.com
Nuhun

Brain Samosir mengatakan...

selamat siang, saya berencana pindah dari pemkab ke kementerian mohon di kirimkan contoh berkas pengajuan pindah dan berkas2 mutasi ke samosirbrain@gmail.com

Alifa Agitasari mengatakan...

pak Murad, bs minta tolong diemail ke soul_sheeva@yahoo.com pak..trimakasih banyak sebelumnya

Mulyaningsih Ningsih mengatakan...

Mas minta tolong kirimkan berkas pengajuan mutasi ke alamat : mulyaningsih19@gmail.com terimakasih

Aji mengatakan...

Mas makasih infonya..sy mo lebih intensif sharing sm anda...boleh minta contoh surat2nya mas sekaligus no wa nya singgihajinosa@gmail.com

SDN2 AntigaKelod mengatakan...

SALAM. MOHON KIRIMKAN CONTOH SURAT PENGAJUAN MUTASI DAN BERKAS-BERKAS MUTASI LAINNYA KE hendradwi96@gmail.com . Terimakasih.

arik rianto mengatakan...

Assalamualaikum. . .salam kenal. Saya Arik lg mau bantu istri utk mutasi biar hidup gak berjauhan. Mohon Pak Murad Maulana, informasi mengenai berkas2 atw contoh2 surat nya. Terima kasih...mohon dikirim ke elvafic@gmail.com

Revino Khaizan mengatakan...

Maaf pak mau nanya,syh kerja di kabupaten kuningan ingin pindah ke kota bandung.syarat apa yg harus saya tempuh?ap bisa dari kabupaten pindah ke kota?soal nya klo ke provinsi sangat sulit.revino28@gmail.com

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum wr wb. Tolong dong mas dikirimin jg ke email sy contoh surat pengajuan dan berkas pengajuan mutasi ke abdurazak_razak@rocketmail.com

Amin susilo mengatakan...

Assalamualaikum pak maulana
Salam kenal saya amin,pns kemenkeu berencana mau pindah ke pemda, mohon dikirimkan file yg terkait dg pengajuan perpindahan tersebut ke susiloamin@gmail.com
Atas perhatiannya diucapkan banyak terima kasih

EMi mengatakan...

Pak, minta tolong dikirimin contoh surat pengajuan mutasi PNSnya ke mega_ern@yahoo.com
terima kasih banyak

Faradina Ayu kartika mengatakan...

Fayoukayu@gmail.com

I Gusti Ayu mengatakan...

Selamat malam pak, thanks u infox pak, saya PNS di Kementerian Kelautan dan Perikanan ditempatkan jadi fungsional dosen di Politeknik KP Sorong papua dan sdh 12 tahun. Saya ingin pindah ikut suami yg dimutasi ke Jakarta. Tolong kirimkan saya berkas2 mutasi dan alurnya ya pak. Ini alamat email saya igustiayu678@gmail.com

Naura Aqilah mengatakan...

Asslm..mas, sy juga mnta donk file mutasinya kirim ke naura_aqilah87@yahoo.com ...terimakasih atas bantuanx..

Sari Arianti mengatakan...

Tlg jg cth2 berkasx..sariariantiali@gmail.com

Farida Riri mengatakan...

Sy PNS daerah yg berencana mau pindah ke pusat,bs ngga sy jg dikirimin contoh surat permohonan lolos butuh ke tempat tujuan? Krn sy tdk punya gambaran sm sekali, tolong ya mas Murad? Ini alamat email sy farida_riry@yahoo.com

tafty roni mengatakan...

Assalamu 'alaikum mas
Tolong kirimin syarat2 kelengkapan berkas buat mutasi PNS antar kota dlm 1 provinsi donk

Bung ADRIAN mengatakan...

Assalamualaikum mas,,,
Tolong juga saya kirimkan contoh surat mutasi n berkas2 lainnya ke email rubyadrian@ymail.com
Terimakasih sebelumnya

Nesia babo mengatakan...

Siang pak, saya PNS dari kab.ingin mengajukan pindah tugas ke prov. Mohon saya dikirimkan contoh srt pengajuan mutasi dan berkas mutasi ke nesiababo@yahoo.co.id
Thx pak

Maya Carlina mengatakan...

Assalamualaikum mas. Saya Mya. Saya berencana pindah dari kab ke instansi pusat yg ada di kota suami saya, dg alasan tentunya ikut suami yg PNS.Alhamdulillah saya sudah dapat surat persetujuan dr kab saya dan surat penerimaan dr instansi yg saya tuju. Saat ini suratnya baru masuk ke BKN di pusat (yg mengirim ke BKN adlh instansi yg saya tuju). Saya mengikuti alur saja mas, berharap Allah memudahkan niat baik saya untuk kumpul dg suami. Amin. Saat ini saya baru mengalami musibah kecelakaan sehingga saya harus izin (sakit) dalam waktu yg sedikit lama.. Rasanya sudah ga sabar ingin segera kumpul sama suami. Yang saya ingin tanyakan, kira2 berapa lama lagi ya proses di BKN selesai dan menguarkan SK saya? Dan saya cek di web BKN, kiranya jika SK pindah telah selesai SK itu akan di serahkan ke intansi yg saya tuju untuk di buat SK dinas. Dulu mas proses ini memakan waktu brapa lama ya? Ohya boleh saya minta tolong dikirimkan contoh SK dari BKN dan SKPP nya mas? Email saya mayacarlina@gmail.com. Trmakasih sblmnya.

dedi wahyudi mengatakan...

Aslmkm, mohon diberikan contoh file mutasinya pak. Saya dedi. Mohon dikirim ke dedi.wahyudimsi@gmail.com.

Terimakasih.

imran jaya mengatakan...

Mhon krimin contoh berkas pengajuan ke imranjaya20@gmail.com

delto mengatakan...

Slamat siang Pa Maulana dan slamat siang semuanya...Permisi numpang lewat ya, Salam Kenal, Sy dari PNS Pemda Kabupaten Jayapura,Saya Ingin Pindah Ke Pemda DKI Jakarta...adakah bagi anda yang ingin pindah ke Pemda Kabupaten Jayapura...? Yuk kita berter...
Hmmmm, Pasti gak ada yang mau pindah ke Pemda Kabupaten Jayapura...

Adakah teman yang mau bantuin saya donk, tuk pindah ke Pemda DKI Jakarta...
Oh Yah, Tempat Kerja Aku di BKD Kabupaten Jayapura..
Kerja Aku sebagai User Sistem Aplikasih Kepegawaian :
Tugas : 1. Usul Kenaikan Pangkat PNS; 2. Pembuatan SK Kenaikan Pangkat PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten jayapura.

Kalau ada yang membutuhkan Tenaga-Ku, biar bukan Megang Sistem Aplikasi, tuk ngetik2 aja atau sebagai operator computer di instansi saudara, gitu aja boleh...asalkan aku bisa pindah ke Pemda DKI Jakarta..Jika memtutuhkan tenaga seperti Aku kirimin Aku info ya...nih Email : delto79@yahoo.com

Trimakasih Pa Maulana dan Teman-Teman Lain...

Febri Ns mengatakan...

Assalamu'alaikum wr wb, kpd Mas Maulana dan tmn2 sekalian...perkenalkan sy Febri dari pemkab Boyolali...sy bermaksud mengajukan pindah k DIY untuk mengikuti suami...siapa th ada yg berkenan untuk diajak barter agar lbh mudah pengurusannya...berharap.com ^_^
Ini data sy :
● FEBRI NURAENI SUBARDIYO, bekerja sbg pns pemkab Boyolali sejak 2011.
● penempatan di RSUD Waras-Wiris Boyolali dg Alamat Jl. Raya Karanggede-Gemolong Km.13, Andong, Boyolali.
● sbg Ahli Teknologi Laboratorium Medis ( dl dsb Analis Kesehatan/Laboran)
● email : febrins40@gmail.com / 085643232715 untuk CP dan WA
Demikian Mas Maulana dan jg teman2 sekalian...maaf bl ada slh2 kata...terima kasih.
Wassalamu'alaikum wr wb

sasaka mengatakan...

Asalamualaikum. Pak murad saya aan ingin pindah dari pusat ke ntb. Mohon info klo ada tmn2 pns dri pemprov atau kab d ntb khususnya lombok yg mau barter bisa hub saya d 087738153234.sy minta tlong berkas2nya dkrimkan k aaabbb20.0981@yahoo.com.
Terimaksi pak murad. Smoga sllu d beri ksehatan dan kemudahan rijeki.

Tinong Heni mengatakan...

Assalammualaikum..., salam kenal...,
Saya Heni, Profesi Perawat, berencana pindah tugas ke kota/kabupaten Tegal dri Jakarta, adakah dri bpk/ibu yg berencana pindah dri Tegal ke jakarta ? Jika ada..mungkin kita bisa barter tempat..:),
Email saya di tinong.heni@gmail.com trimakasiih

Adrian Abdillah mengatakan...

Mas tolong krimkan dong semua berkas-berkas untuk pengurusan lulus butuh untk mutasi antar kabupaten dalam provinsi. tolong dikirim ke email adrianrasyd@gmail.com
Terima kasih mas, semoga Allah membalas kebaikannya.

ryo apriansyah mengatakan...

assalamu'alaikum. . maaf mas bole sya minta file2nya mutasi pns. . mhon di krm kesini ya mas. apriansyahryo@gmail.com
trimakasih sblumnnya smga kebaikannya di bles sma Allah. Amiin

NICKTON AMANTAS mengatakan...

Assalmmualikum wr wb bang murad,say nickton dari sulawesi utara mau mnayakan ttg mutasi. Rencana mau mutasi k batan yg d tanggerang bang. Bisa kasih infonya bang k email nickton.amantas@yahoo.com
thanks b4 bang murad.

wisata padang mengatakan...

selamat malam pak maulana...saya pns d kabupaten...mau pindah ke pemko atau provinsi...berkenang pak krm kan jg k saya format2 surat nya sama petunjuk ny jg pak...trims bnyk pak (900812ade@gmail.com)

akur channel mengatakan...

Bro murad salam literasi.
Sblmnya salam knal..pas bgt lg browsing mutasi ketemu blog bro murad..
Tlng di emailin ya bro form nya dan klo ada info yg lg butuh pustakawan..istri saya pustakawan di pemprov babel saya di jkt..thanks bro
mrarifkurniawan@gmail.com

yan kumalla mengatakan...

Pak maaf minta kirim contoh berkas mutasi 🙏 yan_bangor@yahoo.co.id

awal muhaddir mengatakan...

Assalamualaikum pak, mohon diemail berkas2nya ya ke : amuhaddirsr@gmail.com
Terima Kasih Pak

Adi Setiawan mengatakan...

Assalamualaikum wr wb, saya pns dari bps jakarta mau namya mas. Setau saya bbrp tahun belakangan ini, banyak instansi pemerintah yang kekurangan pegawai krn moratorium. Dengan demikian, apakah dari informasi bhw suatu instansi kekurangn pegawai, kita bisa memgajukan mutasi ke instansi tsb? Atau ada langkah2 lain yang sebaiknya dilakukan? Mohon pendapatnya ya mas. Terima kasih
Wassalam

Kasminah Min mengatakan...

Mas maulana saya mohon dikirimi file contoh surat pengajuan mutasi..kebetulan ijazah saya ga sesuai dgn pekerjaan saya..krn saya cpns avirmasi. Dan mngharuskan saya pindah jenjang daru guru kelas ke guru sma/smk. Tp sekarang pengelolaan smk/sma ada ditangan provinsi apa saya juga harus mengurusnya di bkd tingkat provinsi .terimakasih email saya titahkarminasari@yahoo.com

murad maulana mengatakan...

Adi Setiawan: Setahuku, sebenarnya gak harus nunggu moratorium. Sepanjang instansi yang dituju untuk mutasi memang memerlukan dan menerimanya, itu tak masalah. Intinya instansi yang dituju menerima sedangkan instansi lama tmpt kita bekerja melepasnya. Itu saja sih.

Kalau langkah-langkahnya, pengalaman saya, sebaiknya kita aktif saja gali informasi untuk instansi yang akan dituju untuk mutasi. Bisa bertanya lisan dulu, selanjutnya baru mengirimkan berkas pengajuannya. Mencari tmpt mutasi bisa lebih dari satu instansi, biar punya cadangan juga. Jangan lupa, izin atasan ketika ingin melakukan mutasi.

iim mildiyasari mengatakan...

Pa, maf... sy minta tolong kirimkan contoh berkas usulan mutasinya ke iimildiyasari@gmail.com
Sebelumnya terima kasih banyak atas bantuannya.

AntonTV Channel mengatakan...

selamat malam Mas. Saya PNS Pemprov Sumbar bermaksud mau berkumpul bersama keluarga yakni kedua orang tua di Jakarta. Mohon contoh surat pengajuan loslos butuhnya untuk ke Pemda DKI mas. ini email saya mas : qonnita2@gmail.com ...Terima KAsih

Albertha Widiatmojo mengatakan...

Halo mas, saya PNS dikabupaten Bantul Yogyakarta. Saya ingin pindah antar puskesmas saja karena tidak cocok denhan tipe atasan dan pegawai2 BLUD dan Honda. Boleh dikirimkan conyoh file pengajuan mutasi ke epiphany34th@gmail.com ? Terimakasih.

«Paling tua ‹Lebih tua   201 – 380 dari 380   Lebih baru› Terbaru»