Pengertian Amdal dan Contoh Kasusnya

Pengertian Amdal menurut KBBI daring, yang sekarang sedang muncul di pemberitaan media daring adalah analisis mengenai dampak lingkungan. Sedangkan menurut Siahaan (2004), istilah amdal dalam bahasa asing diantaranya environmental impact analysis, environmental impact statment, environmental impact assessment, environmental assesment and statment. Artinya adalah setiap rencana aktivitas manusia, khususnya dalam rangka pembangunan yang selalu membawa dampak dan perubahan terhadap lingkungan perlu dikaji (analisis) lebih dahulu secara seksama. Menurutnya bahwa berdasarkan kajian tersebut, akan dapat diidentifikasi dampak-dampak yang timbul, baik yang bermanfaat maupun yang merugikan bagi kehidupan manusia. Tentu saja amdal tersebut akan berkaitan bukan hanya dengan aspek-aspek teknis semata melainkan juga aspek hukum dan administratif.

Amdal

Nah sekarang, mari kita liat contoh kasusnya. Misalnya kita ambil contoh di merdeka.com berikut ini:

Ini 10 infrastruktur DKI yang tak ada Amdal lalu lintas, paling banyak di Jaksel (Merdeka, 2/11/2017)

Berita diatas tersebut terkait pernyataan dari Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan bahwa proyek infrastruktur yang dulu dibangun di Jakarta itu tanpa adanya amdal atau analisis dampak lingkungan sehingga menyebabkan kemacetan.

Istilah amdal yang dimaksud adalah dari pengerjaan proyek tersebut, seharusnya ada analisis dampak lingkungan terhadap kelancaran lalu lintas. Dalam hal ini, diperlukan solusi yang ditawarkan ketika proyek itu sedang berlangsung.

Sekarang mari kita lihat contoh lain misalnya dari Kompas sebagai berikut:

Izin Amdal Reklamasi Teluk Jakarta Dipersoalkan (Kompas, 22/6/2016)

Amdal dalam contoh judul berita diatas terkait reklamasi, konteksnya begitu luas. Bukan hanya analisis yang bersifat regional, akan tetapi juga bersifat nasional. Ini artinya ada pertimbangan-pertimbangan yang perlu diperhatikan. Mulai dari sisi ekonomi, sosial, politik bahkan mungkin budaya.

Pada dasarnya, antara judul pertama dan kedua, istilah amdal memang mempunyai pengertian yang sama yakni analisis mengenai dampak lingkungan tentang suatu proyek. Perbedaan ini muncul manakala dihadapkan pada skala proyek, jenis dan tentu saja lokasinya.

Referensi

  • Siahaan, N.H.T. 2004. Hukum Lingkungan dan Ekologi Pembangunan.Jakarta: Erlangga.
  • https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/amdal
  • https://www.merdeka.com/jakarta/ini-10-infrastruktur-dki-yang-tak-ada-amdal-lalu-lintas-paling-banyak-di-jaksel.html
  • http://properti.kompas.com/read/2016/06/22/234019721/izin.amdal.reklamasi.teluk.jakarta.dipersoalkan

Komentar