Rencana 3 Judul atau Topik Tesis dan Link Jurnal Tentang Literasi Informasi

Advertisement
Menginjak semester tiga ini, ada satu mata kuliah yang sudah dua kali pertemuan berjalan. Nama mata kuliahnya proposal tesis. Nah, saat saya pertama kali ketika membuat essay pendek sebagai syarat akan mengajukan beasiswa S2 dari Kemenrestekdikti, saya megajukan topik mengenai implementasi knowledge management yang ada dikantorku. Namun, dalam pelaksanaanya ternyata topik tersebut belum bisa diambil dikarenakan implementasi knowledge management hingga tahun ini belum juga direalisasikan. Prediksi saya meleset. Oleh karena itu, dengan sangat terpaksa rencana topik tesis yang akan saya ambil harus berubah. Di kuliah proposal tesis ini, mau tidak mau saya harus mulai menentukan topik tesis lain yang harus segera diambil.

Rencana 
Sebenarnya saya mempunyai rencana 3 judul atau topik tesis yang akan di ajukan. Pertama, terkait dengan kemampuan literasi informasi terhadap jabatan fungsional radiasi kantorku. Kedua, manajemen resiko pada bagian data dan informasi. Ketiga, pemanfaatan blog sebagai salah satu tools transfer knowledge. Dari ketiganya, satu topik yang paling medekati sesuai dengan essay yang pernah saya buat dulu adalah tentang transfer knowledge. Namun sayangnya, penelitian yang akan dilakukan itu bukan dikantor sendiri malainkan di LPNK lain, yakni LIPI. Sedangkan pada dua topik yang tidak berkaitan dengan knowledge management diatas memang bisa dilakukan dikantor sendiri, akan tetapi  tidak sesuai dengan essay yang pernah saya buat sebelumnya.
Rencana 3 Judul atau Topik Tesis
Dari ketiga judul topik tesis yang akan saya ajukan, sementara ini lebih tertarik dengan kemampuan literasi informasi pada jabatan fungsional radiasi. Mengapa saya mengambil topik tersebut? Pertama, tentu ini akan bermanfaat untuk kantor saya sendiri ketika akan menyusun kebijakan program kerja terkait layanan perpustakaan untuk mereka. Fungsional radiasi adalah salah satu jabatan fungsional terbanyak yang ada di kantorku. Oleh karenanya, mereka adalah salah satu pemustaka potensial yang menjadi target utama. Kedua, kendati topik literasi informasi sudah banyak dilakukan ditempat lain, akan tetapi penelitian mengenai itu khusus dikantorku selama ini belum pernah dilakukan. Sehingga ini menjadi hal yang menarik. Ketiga, sesuai dengan masukan Pak Ida, tentu saja penelitian ini penting agar dapat mengetahui mereka, para fungsional radiasi itu apakah sudah literet atau masih alliteret? Masukan dari Pak Ida ini, mungkin bisa manjadi rumusan masalah yang nantinya bisa dibuat sebagai dasar kerangka kerja penelitian. Jika, penelitiannya dengan metode kuantitatif, maka hipotesisnya adalah seharusnya mereka para fungsional radiasi sudah literet dikarenakan Perpustakaan dikantorku pada tahun-tahun sebelumnya pernah mengadakan kegiatan literasi informasi terkait bagaimana mengakses jurnal yang dilanggan dari Kemenristekdikti dan pendidikan para fungsional radiasi hampir semuanya sudah S2 yang notabene mereka sudah pernah membuat karya tulis ilmiah dan tidak asing dalam mencari informasi yang dibutuhkannya di internet.

Link Jurnal Tentang Literasi Informasi
Menindaklanjuti rencana topik tesis tentang literasi informasi yang akan saya ambil, secara otomatis dari sekarang sudah harus mencari banyak hal tentang itu, terutama penelitian-penelitian di jurnal terbaru. Sementara ini, kendati di Perpustakaan Pusat UGM telah menyediakan akses jurnal, akan tetapi saya sudah menemukan beberapa referensi yang secara khusus membahas tentang literasi informasi. Saya menemukan link-link jurnal penting itu dari Perpustakaan University of Illinois at Urbana-Champaign. Ini dia linknya barangkali teman-teman pustakawan ada yang membutuhkannya juga.

Communications in Information Literacy
Journal of Information Literacy
InformationR

Lainya:
Library and Information Research
Journal of Critical Library and Information Studies
Evidence-Based Library and Information Practice
College & Research Libraries

Selain beberapa link diatas, tentunya masih banyak  link penting lainya terkait jurnal tentang literasi informasi. Ke depan kemungkinan saya ingin memposting hasil penelitian dari jurnal diatas di blogku ini. Setidaknya, hasil dari membaca dan menuliskannya kembali sekaligus dokumentasi pribadi terkait dunia literasi informasi. Apalagi ini adalah bahan-bahanku dalam rencana menulis tesis yang akan diajukan dalam waktu dekat ini.

Salam,
Pustakawan Blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Rencana 3 Judul atau Topik Tesis dan Link Jurnal Tentang Literasi Informasi"