E-book Gratis: Hanya Seorang Blogger! Bukan Ustad!

Advertisement
Alhamdulillah, akhirnya kelar juga saya membuat e-book gratis yang saya himpun dari blog ini. Tema e-booknya tentang religi. Sengaja saya himpun tulisan khusus mengenai tema religi yang ada diblog pribadi menjadi satu kesatuan dalam format PDF agar dapat dibaca dengan mudah kapan dan dimana saja. Bagaimanapun, antisipasi itu perlu saya lakukan mengingat blog saya dalam jangka panjang belum tentu seterusnya ada. Oleh karena itu, minimal dengan pendokumentasian kumpulan tulisan yang pernah saya lakukan dari waktu ke waktu ini dapat menjadi arsip yang bermanfaat. Adapun untuk judul e-booknya adalah Hanya Seorang Blogger! Bukan Ustad! : Catatan Khutbah Jum'at dan Kultum. Jujur, sebenarnya saya berat menulis tentang religi karena pertama, saya bukanlah orang berpengetahuan luas dalam bidang agama Islam. Kedua, menulis bertema religi khususnya bertemakan agama Islam itu harus ekstra hati-hati dikarenakan semuanya harus berdasarkan sumber-sumber terpercaya. Ketiga, dengan menulis bertema religi, maka hamba yang penuh dengan lumuran dosa ini seringkali dihinggapi perasaan takut karena akan bertolak belakang dengan amal perbuatan yang saya lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga secara psikis ini tentu saja menjadi beban berat.
E-book Gratis: Hanya Seorang Blogger! Bukan Ustad!
Cover Depan
Namun demikian, setelah lama berpikir dan menimbang banyak hal, saya mempunyai alasan kuat yang bisa dijadikan dasar sehingga saya memberanikan diri untuk mengukir tulisan yang bertemakan religi. Pertama, saya anggap tulisan ini adalah sebuah nasehat pribadi yang akan menjadi cambuk agar saya selalu berbuat sesuai dengan apa yang saya tulis. Kedua, lagipula saya menulis bertemakan religi ini bukanlah sesuatu yang banyak menyangkut perdebatan. Ketiga, saya memberanikan diri menulis bertemakan religi karena itu hanyalah sebuah catatan yang saya tulis apa adanya dari apa yang saya lihat, dengar dan pahami misalnya ketika mendengarkan khutbah Jum’at dan kultum. Apabila para pembaca menemukan ada kesalahan dalam tulisan yang saya rangkai ini, maka itu datangnya semata-mata karena kebodohanku.Sedangkan jika tulisanku benar dan banyak mengandung manfaat, maka sejatinya itu berasal dari Allah, SWT.
E-book Gratis: Hanya Seorang Blogger! Bukan Ustad!
Cover Belakang
Terkait dengan judul e-book itu, istilah blogger sendiri karena saya memang seorang blogger yang sehari-hari menulis sesuai dengan apa yang ingin saya tulis. Dalam kehidupan sehari-hari, khususnya ketika menjalani aktivitas spiritual seperti mendengarkan khutbah Jum’at dan berbagai macam kultum, maka akan sangat sayang sekali jika tidak saya catat atau dokumentasikan ke dalam tulisan. Saya hanya ingin mengaplikasikan tentang ilmu knowledge management, yakni bagaimana upaya mendokumentasikan tacit knowledge menjadi explicit knowledge. Sementara itu, mengenai kata "Bukan Ustad!" merupakan bentuk seorang blogger yang tidak bermaksud untuk berceramah melalui sebuah tulisan karena itu bukanlah kapasitas saya. Ini hanyalah sebuah catatan biasa dari seorang blogger untuk dirinya sendiri. Itu saja.

Sebagian besar tulisan dalam e-book ini merupakan catatan mengenai khutbah Jum’at dan berbagai tausiyah serta kultum antara kurun waktu 2013-2016 . Diantara beberapa tulisan dalam e-book ini juga berasal dari hasil membaca rutin di website Islami dan perenungan. Setiap judul tulisan dalam e-book ini saya kelompokan menjadi tiga bab besar, yakni bab pertama tentang ikhlas, syukur dan jujur. Selanjutnya bab kedua tentang majelis ilmu, dakwah dan hikmah. Sedangkan bab ketiga tentang penyakit hati dan kematian. Selai itu dilengkapi juga suplemen yang berisi tentang dua orang yang berjasa kepada saya.

Akhir kata, saya hanya bisa berharap semoga dengan apa yang saya tulis ini dapat bermanfaat bagi yang membacanya terutama bagi yang menulisnya sendiri karena sejak awal sudah saya katakan bahwa e-book ini adalah sebagai bentuk nasehat pribadi untuk penulis sendiri. Saya juga punya harapan besar e-book ini kelak akan dibaca oleh istri dan anak-anak saya sendiri ketika mereka sudah bisa membaca dan besar. Semoga ini menjadi sebuah investasi kebaikan terutama dampaknya untuk orang-orang yang ada disekeliling saya sendiri khususnya bagi mereka semua yang telah membacanya. Semoga bermanfaat dan selamat membaca.

Jika teman-teman tertarik, silahkan download ya disini file PDF nya: E-book Gratis: Hanya Seorang Blogger! Bukan Ustad!

Salam,
Pustakawan Blogger

Advertisement

Artikel terkait:

2 Tanggapan untuk "E-book Gratis: Hanya Seorang Blogger! Bukan Ustad!"

The Explorer mengatakan...

Mas, Tak Unduh ya E-Book nya.,

terima kasih banyak mas, semoga keberkahan senantiasa menyertai kehidupan mas Murad Maulana.

salam kenal, Slamet Santoso

murad maulana mengatakan...

Amin. Silahkan mas Slamet. Semoga bermanfaat.

Salam kenal juga
Murad