Contoh Kata Mutiara atau Kata Bijak Di Halaman Motto Skripsi

Advertisement
Bagi yang pernah melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi khususnya S1, biasanya ada tugas mata kuliah akhir untuk menyusun skripsi hingga 6 SKS. Secara umum dalam skripsi tersebut tersedia lembar pengesahan, abstrak, lembar khusus persembahan, dan juga halaman motto skripsi bagi si penulis. Untuk lembar khusus halaman motto biasanya berisi kata-kata mutiara atau kata-kata bijak, baik yang dibuat sendiri atau mengambil quotes dari seorang tokoh atau orang-orang terkenal.

Muhammad Hatta
Biasanya bagi kebanyakan muslim akan menampilkan motto skripsi yang diambil dari ayat-ayat Al-Qur'an, hadist dan quotes dari para sahabat-sahabat nabi, ulama dan imam besar yang tak asing namanya misalnya Imam Syafi'i, Imam Al-Ghazali, Imam Nawawi dan lainya. Selain itu tentu saja tokoh-tokoh Islam baik skala internasional maupun nasional misalnya K.H. Agus Salim, Buya Hamka, KH. M. Hasyim Asy'ari, KH. Ahmad Dahlan, dan masih banyak yang lainya. Tidak jarang pula ditambahkan dengan motto skripsi yang di buat sendiri oleh sang penulisnya.

Selain tokoh-tokoh Islam, ada juga yang diambil dari para tokoh-tokoh penting lainya baik nasional maupun internasional, ilmuwan, pengusaha, penulis dan lain sebagainya. Tokoh-tokoh nasional misalnya Soekarno, Muhammad Hatta (Bung Hatta) dan Habibie. Untuk internasional misalnya Che Guevara dan Mahatma Gandhi. Sedangkan untuk ilmuwan misalnya Albert Einstein. Untuk pengusaha lokal seperti Bob Sadino dan untuk penulis sastra dalam dan luar negeri misalnya Virginia Woolf dan Pramoedya Ananta Toer. Selain yang disebutkan diatas itu, tentunya masih banyak lagi yang lainya dan apabila dikumpulkan semua quotes-quotes penting tersebut, maka itu bisa menjadi sebuah buku yang tebal tersendiri.

Kata mutiara atau kata bijak yang tercantum dalam motto skripsi memang diperlukan sebagai motivasi penulisnya maupun pembaca dari skripsi tersebut. Disisi lain juga dapat menunjukan karakter atau sifat kepribadian dari sang penulis. Sebagai contoh ketika sang penulis skripsi mencantumkan motto : " Tetaplah bersyukur dan jangan sekali-kali melupakannya". Ini bisa dinilai sebagai orang yang mempunyai kepribadian taat kepada sang penciptanya. Namun demikian penilaian kepribadian melalui motto skripsi tidaklah mutlak karena hal tersebut hanya sekedar pemilihan kata-kata bijak yang diinginkan oleh si penulis karena dianggap baik.

Contoh Kata Mutiara / Kata Bijak di Halaman Motto Skripsi
Khusus untuk motto skripsi yang diambil dari Al-Qur'an, hadist dan quotes dari tokoh-tokoh terkenal silahkan teman-teman cari sendiri langsung berdasarkan sumber primernya. Sedangkan motto yang dibuat sendiri dapat dibaca dibawah ini. Barangkali teman-teman ada yang menginginkannya sekaligus sebagai tambahan inspirasi. Contoh-contoh motto untuk halaman skripsi ini saya buat sendiri dan bila ada tambahan baru lagi akan saya update secepatnya. Berikut diantaranya:
  • Dunia selalu berputar, akankah engkau hanya diam?
  • Impian besar menjadi nyata bila bermusuhan dengan rasa malas
  • Tanpa ilmu dan pengetahuan,  kita seperti dilorong gelap yang dipaksa untuk berjalan
  • Berjalan tanpa arah tujuan, hanya akan membuatmu tersesat
  • Sesungguhnya kesuksesan itu  berjalan diatas kesusahan dan pengorbanan 
  • Mengeluah hanya akan membuatmu semakin terpuruk
  • Jangan ratapi kegagalan, tapi ratapilah keberhasilanmu
  • Seringkali penyakit hati singgah tanpa terasa dan kamu menyukainya
  • Kesombongan akan meruntuhkan segala kebaikanmu
  • Jangan sembunyi dibalik kelemahanmu!
Salam,
Pustakawan blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Contoh Kata Mutiara atau Kata Bijak Di Halaman Motto Skripsi"