Ini Dia Pertanyaan Setelah Tugas Belajar, Yang Terakhir Pertanyaan Paling Serius

Advertisement
Seorang PNS atau abdi negara yang telah melakukan tugas belajar, maka diwajibkan harus bekerja kembali ke kantornya. Tak terkecuali dengan saya pastinya. Sudah sebulan ini saya aktif masuk kantor. Pertama kali masuk kantor, tentunya banyak teman-teman yang melayangkan pertanyaan. Mulai dari pertanyaan yang bersifat biasa sampai ada juga yang serius.

Pertanyaan dari teman-teman ini tentu menjadi hal yang lumrah, dimana selama dua tahun tidak kelihatan batang hidungnya, tiba-tiba muncul lagi. Saya sendiri selalu menanggapi setiap pertanyaan dengan senang hati. Itu artinya, teman-teman kantor masih banyak yang meningat saya (he..2).
Bersama Dosen dan Teman Kuliah Saat Tugas Belajar
Bersama dosen (Pak Ida paling kiri) dan teman kuliah saat tugas belajar (2016).
Saya berjenggot, sedang jongkok (he..2) 
Lantas, apa saja kira-kira pertanyaan yang biasanya dilayangkan untuk pegawai yang baru pulang tugas belajar? Karena sejatinya saya juga sering menanyakan ke teman-teman yang baru pulang tugas belajar dan kebetulan, ternyata saya sekarang yang mengalami sendiri. Berikut beberapa pertanyaanya:

1. Kabar
"Wah, baru kelihatan lagi. Kemana saja? Gimana Kabarnya?" 
Pertanyaan itu yang biasanya akan menjadi bahan obrolan ketika baru pertama kali masuk kantor. Saya sendiri, entah sudah berapa kali banyak pertanyaan tersebut dilayangkan ke saya terutama dari teman-teman kantor yang memang kenal. Pertanyaan tersebut, biasanya saya jawab sembari ngobrol-ngobrol santai. Biasanya pertanyaan tersebut dilayangkan karena memang sebelumnya tidak tahu kalau saya sedang tugas belajar.

2. Aktif
"Wah, sudah selesai ya? Cepat banget, gak kerasa. Kapan aktifnya?" 
Pertanyaan seperti itu biasanya keluar karena memang sebelumnya sudah tahu kalau saya memang sedang tugas belajar. Ketika bertemu, maka yang ditanyakan biasanya tentang waktu kelulusan/wisuda dan waktu mulai aktif bekerja. Disisi lain juga seringkali mengucapkan selamat karena telah lulus.

3. Tempat
"Sekarang dimana penempatannya?"
Pertanyaan selanjutnya biasanya ada yang menanyakan penempatannya. Sejatinya sudah jelas saya akan ditempatkan di perpustakaan sesuai dengan profesi saya selaku pustakawan. Tapi, pertanyaan ini mungkin keluar karena sebelum pergi tugas belajar, saya ditempatkan di sekretariat kepala (selama 6 bulan).

4. Kampus
"Wah, sudah selesai ya? Emang kuliah dimana?"
Kalau pertanyaan seperti itu sebenarnya tidak berbeda jauh dengan pertanyaan yang kedua dan ketiga. Hanya saja seringkali dilanjutkan dengan menanyakan kampus atau kuliahnya di kota mana. Selain itu juga program studi atau jurusan apa yang diambil.

5. Beasiswa
"Tugas belajar beasiswa dari mana?"
Pertanyaan selanjutnya adalah ada juga yang menanyakan asal beasiswa tugas belajarnya. Biasanya dilanjutkan dengan jumlah besaran beasiswa sekaligus proses-prosesnya, tentu saja informasinya mungkin bermanfaat bagi teman kantor yang ingin melakukan tugas belajar juga.

6. Penelitian
"Penelitiannya tentang apa?"
Pertanyaan jenis ini mulai ke arah yang lebih serius. Biasanya hanya teman-teman tertentu saja yang memang penasaran dengan tema penelitian yang sedang saya ambil.

7. Ilmu 
"Setelah tugas belajar, apa nih ilmu yang harus diterapkan untuk kemajuan kantor?"
Pertanyaan terakhir ini yang lebih serius lagi dan seperti halnya pertanyaan keenam, hanya teman-teman tertentu saja yang menanyakannya. Sesekali juga pejabat yang menyinggungnya. Pertanyaan ini menurut saya paling berat dijawab dan memang bagus karena tujuan awal tugas belajar itu seharusnya untuk kemajuan kantor juga.

Oleh karenanya, sedari awal saya sudah sadar ketika tugas belajar, hal pertama yang saya pikirkan adalah apa kontribusi yang harus saya berikan setelah tugas belajar ini. Oleh karena itu, penelitian tesis yang saya ambil sudah dipikirkan secara matang saat mendaftar khususnya yang berkaitan dengan permasalahan kantor. Pada awalnya memang tentang knowledge management (baca: Contoh Essay Pendek Beasiswa S2 Kemenristekdikti), namun seiring berjalannya waktu, tema tesis sayapun berubah (baca: Perubahan Topik Tesisku: Prilaku Informasi/Information Behavior). Akan tetapi, tetap dengan permasalahan yang ada dikantor.

Lantas, apa judul yang diambil untuk tesisnya? Judulnya adalah "Perilaku Informasi Profesional: Studi Perilaku Pencarian Informasi Pengawas Radiasi di Badan Pengawas Tenaga Nuklir". Insya Allah, diblog ini akan saya bahas dan saya bagikan versi pdf-nya. Tunggu saja buat teman-teman yang barangkali mau membaca tesis saya (khususnya untuk teman-teman jurusan ilmu perpustakaan).

Pertanyaan selanjutnya adalah apa saran dari hasil penelitian yang sudah saya lakukan? Ada, yang jelas dari hasil penelitian ini membuat saya lebih paham tentang perilaku pencarian informasi para pengawas radiasi untuk menunjang tugas kerjanya. Lantas, sarannya sudah saya programkan di tahun depan. Lebih jelas tentang topik penelitian yang sudah saya lakukan, Insya Allah lain waktu akan saya bahas juga di blog ini.

Ok, teman-teman. Kira-kira itulah pertanyaan-pertanyaan setelah pulang tugas belajar.  Tulisan ini hanyalah tulisan iseng saya sore ini (he..2). Jadi, anggap saja buat hiburan ya (he..2).

Salam,
Pustakawan Blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ini Dia Pertanyaan Setelah Tugas Belajar, Yang Terakhir Pertanyaan Paling Serius "