Literasi Bisnis: 3 In 1 Marketing

Advertisement
Dua minggu yang lalu, sebelum pulang ke Indramayu, saya menyempatkan diri untuk datang ke Dinas Koperasi & UMKM Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai narasumber diacara Kelas Literasi Bisnis. Konon katanya acara tersebut akan rutin dilakukan setiap hari Senin dengan narasumber yang berbeda. Sebenarnya ada banyak pilihan acara rutin lainya selain dari kelas literasi bisnis seperti English untuk bisnis, pemanfaatan TIK untuk bisnis, dan lainya yang semuanya diperuntukan khusus untuk para wirausahawan yang ada di daerah Yogya baik yang baru merintis maupun yang sudah lama, namun masih terkendala dengan berbagai macam faktor yang menghambatnya misalkan terkait omzet dan media yang digunakan untuk promosi.

 3 In 1 Marketing

Kelas literasi bisnis yang saya bawakan berdasarkan pengalaman saya sendiri mengenai perjalanan dunia wirausaha dengan media blog. Temanya "3 In 1 Marketing: Lebih dari Sekedar Jualan Produk (Ngelapak, Ngeblog, dan Vlog)". Sebetulnya tema tersebut saya ambil dari salah satu bab di buku saya "Motivasi Go Blog: Semangat Menulis Blogger Pemburu Dolar". Judul babnya adalah Ngeblog 3 In 1. Artinya ngeblog yang akan mendapatkan 3 keuntungan sekaligus. Keuntungan pertama, menjual produk melalui cara menulis kisah. Harapannya akan mendapat keuntungan dari menjual produk tersebut. Keuntungan kedua, memperoleh penghasilan dari partner media iklan semacam Google Adsense atau lainya atau dengan menjual slot baner iklan sendiri. Keuntungan ketiga, juga memperoleh pendapatan dari Google Adsense, namun dari video yang di ungguh melalui Youtube. Keuntungan ketiga ini lazim disebut sebagai Youtube Partner Program.

Literasi Bisnis: 3 In 1 Marketing

Literasi Bisnis: 3 In 1 Marketing

Saat ini beberapa media yang sering digunakan dalam berbisnis online adalah seperti media sosial Facebook, Twitter dan Instagram. Tiga media tersebut menarik untuk digunakan karena sifatnya yang seringkali membuat viral. Selain media sosial, ada juga marketplace semacam Tokopedia, Bukalapak dan Shopee. Dari semua media tersebut, yang ingin saya fokuskan adalah terkait 3 In 1 Marketing, yakni teknik pemasaran dengan media blog yang akan memperoleh 3 keuntungan sekaligus seperti yang telah diuraikan diatas.

Ngelapak yang diibaratkan menjual produk di media blog dengan cara berkisah dari kehidupan sehari-hari (ngeblog). Selanjutnya video yang dibuat sebagai pendukung tulisan di blog di unggah di Youtube untuk kemudian di embed kodenya di blog tersebut. Di dalam blog khususnya pada kontennya berisi kisah yang pada dasarnya menjual produk. Kenapa harus berkisah? Saya teringat akan sebuah pelajaran yang dulu disampaikan oleh guru dimana mata pelajaran yang disampaikan secara beriksah akan lebih cepat masuk dan lama teringat daripada disampaikan secara apa adanya (datar saja). Dalam metode ceramahpun, saya mengamati orang akan lebih tertarik dengan penyampaian metode berkisah daripada lurus saja. Teknik tersebut bisa disampaikan dengan cara berkisah yang dituliskannya melalui blog. Disisi lain pada space tertentu juga bisa disediakan iklan misalnya untuk iklan dari Google Adsense ataupun slot baner yang dijual atau juga bisa digunakan untuk promosi sendiri.

Nah, untuk slide presentasi singkatnya bisa dibaca dibawah ini:


Jika ada pertanyaan atau berdiskusi, monggo silahkan berkomentar.

Salam,
Pustakawan Blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Literasi Bisnis: 3 In 1 Marketing"