Pengertian Epitomisasi dan Contohnya

Epitomisasi, istilah apa itu? Apa pengertiannya? Saya penasaran lalu mencari di KBBI Daring ternyata belum ada.  Sebenarnya saya sudah tahu artinya dari salah satu buku TPA. Hanya saja karena pensaran saya mencarinya di KBBI daring tersebut, walaupun istilah tersebut tidak tersedia.

Epitomisasi menurut di salah satu buku latihan soal-soal TPA artinya perlambangan. Dengan demikian jika istilah tersebut dikaitkan dengan dunia komunikasi, maka lambang mengandung unsur simbol atau makna.

Istilah epitomisasi yang di definisikan sebagai perlambangan dalam suatu tulisan Zurinah BT. Hassan dikatakan memiliki arti yang sama dengan istilah simbolisme. Di KBBI daring, simbolisme memiliki dua pengertian. Salah satunya adalah perihal pemakaian simbol (lambang) untuk mengekspresikan ide-ide (misalnya sastra, seni). Ada benang merahnya memang, karena istilah yang saya temukan dalam tulisan Zurinah terkait dunia sastra. Judulnya "Penggunaan Unsur Alam Sebagai Perlambangan dalam Puisi Melayu Moden." Berikut screenshot istilah perlambangan atau simbolisme yang saya ambil dari tulisan Zurinah:

Perlambangan atau simbolisme

Untuk tulisan lengkapnya bisa baca melalui academia.edu disini 

Contoh Lain Epitomisasi
Contoh lain dari epitomisasi saya ambil dari tulisan Hamdun, seorang mahasiswa Ph.D. Program Fiqh Science and Technology, Universiti Teknologi Malaysia (UTM). Judul tulisannya "Pendekatan Blusukan Jokowi-JK Sebagai Titik Temu dalam Rangka Unifikasi Penetapan Awal Bulan Qamariah di Indonesia". Silahkan unduh versi PDF nya disini.

Di tulisan tersebut, tepatnya pada bagian penutup, ada kalimat yang menyebut istilah epitomisasi. Berikut kalimatnya:
"Dialog adalah kata kunci dalam blusukan yang merupakan epitomisasi seni memerintah dari Jokowi-JK".
Epitomisasi
Istilah epitomisasi yang digunakan oleh Hamdun adalah terkait dunia politik. Berbeda dengan epitomisasi yang digunakan oleh Zurinah menyangkut dunia sastra. Namun yang jelas, keduanya tentu memiliki pengertian yang sama, yakni perlambangan dimana akan berkaitan dengan simbol-simbol atau lambang yang memiliki makna.

Salam,
Pustakawan Blogger

Komentar