Analisis Semiotika Peirce Pada Iklan Surat Kabar Tribun Jogja: AC Sharp Sayonara Panas Versi Doraemon dan Nobita

Advertisement
Melanjutkan dokumentasi sebelumnya yang berjudul "Mengenal Pemikiran Charles Sanders Peirce Tentang Semiotika", yang dibagi ke dalam dua pokok pembahasan. Tulisan pertama sudah saya bahas dan kali ini adalah tulisan yang kedua, yakni contoh iklan surat kabar yang dianalisis dari teori Peirce.

Saya mengambil contoh pada Iklan Surat Kabar Tribun Jogja: AC Sharp Sayonara Panas Versi Doraemon dan Nobita. Konon katanya dibandingkan dengan Roland Barthes, analisis semiotika Peirce ini yang paling mudah dan sederhana karena mengartikannya apa adanya sesuai dengan apa yang tampak. Berikut pembahasannya:

Pendahuluan
Meskipun pada saat ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi begitu maju dengan pesatnya, namun keberadaan media cetak seperti surat kabar cetak dan sejenisnya masih terus diproduksi dan di desiminasi ke seluruh penjuru tanah air hingga sekarang. Bahkan dibeberapa daerah, surat kabar lokal baru makin banyak bermunculan. Hal ini menandakan keberadaan surat kabar cetak masih mendapatkan tempat di hati masyarakat pada khususnya.

Secara sederhana pengertian surat kabar dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring adalah lembaran-lembaran kertas bertuliskan berita dan sebagainya. Surat kabar memiliki banyak informasi rubrik bahkan iklan dengan penempatan layout yang khusus. Antara surat kabar dan iklan, keduanya tidak dapat dipisahkan. Bahkan, sejarah membuktikan bahwa surat kabar di Indonesia, umur panjangnya tidak terlepas dari adanya iklan. Pada masa-masa awal kehidupan pers Indonesia dan keadaan ini berlanjut hingga awal abad ke-20, surat kabar tidak lain adalah advertentieblad atau media iklan. Surat kabar merupakan media iklan yang populer di Indonesia sejak pertengahan abad ke-19 (Bondan Winarno, 2008).

Hasil Analisis dan Pembahasan
Analisis semiotika ini dilakukan pada Print Media, yakni iklan Surat Kabar Tribun Jogja yang terbit pada hari Rabu, 15 Juni 2016. Iklan tersebut adalah AC merk Sharp Sayonara Panas versi Doraemon dan Nobita. Selain muncul dalam surat kabar, iklan ini juga tersedia dalam format videonya yang muncul di televisi stasiun swasta di Indonesia.

Analisis dalam iklan ini adalah menggunakan teori semiotika Charles Sanders Peirce dengan konsep triadic dan trikonominya yang terdiri dari tiga, yakni representamen atau sign, object, dan interpretant. Berikut uraian hasil analisisnya:

1. Representamen (Sign)
AC Sharp Sayonara Panas Versi Doraemon dan Nobita

2. Object
  • Tulisan Sharp warna merah dengan dibawahnya jenis atau model yang bervariasi dari berbagai macam PK dan Watt (Model AH-AP5SHL, 0.05 PK – 330 watt), (Model AH-AP7SHL, 0.75PK-540 watt), (Model AH-AP9SHL, 1PK-690 watt), (Model AH-AP12SHL, 1.5PK-970 watt)
  • Tulisan “tersedia juga model tanpa plasmacluster"
  • Logo garansi resmi Sharp dan layanan informasi : Untuk informasi dan layanan Sharp terbaru hubungi: SHARP CUSTOMER CARE CENTER: 0-800-1-225588 (Bebas Pulsa), dan logo CS sharp
  • AC dengan tulisan All New Sayonara Panas dan gambar bulatan seperti balon yang ada tanda (+) dan (-) 
  • Doraemon dan Nobita berkacamata memakai baju kuning, celana biru yang sedang memegang kaca pembesar atau lup
  • Lisensi Doraemon @Fujiko Pro
  • Logo Ion Plasmacluster warna hitam dengan bulatan warna putih berjumlah 5 dan bulatan warna merah berjumlah 1
  • Tulisan: Saatnya nikmati hidup sehat, dengan udara sejuk & bersih. Virus di udara, penyebab alergi, bakteri, kuman, dan jamur mengancam kesehatan keluarga kita. Hadirkan AC Sharp dengan teknologi Plasmacluster, nikmati udara yang sejuk dan bersih sekaligus! Ion Plasmacluster yang dihasilkan oleh Ion Generator Efektif menon-akatifkan jamur, virus, bakteri, dan bau tidak sedap.
  • Logo gambar hati warna merah “60 Million”  dengan logo kecil Ion Plasmacluster dan pita bertuliskan trusted. 
  • Lup yang berisi gambar ilustrasi mekanisme untuk membersihkan bakteri dari udara menggunakan Plasmacluster
3. Interpretant
Sharp adalah perusahaan elektronik yang sudah berdiri lama dari Jepang. Tulisan "Sharp" Merah sebelah kiri sebagai judul yang menjadi titik pentingnya.  Pada tulisan "Sayonara" adalah berasal dari bahasa Jepang yang bermakna selamat tinggal. Artinya pada iklan tersebut, AC Sharp dengan produk fitur semua baru, selamat tinggal panas. Jadi, ingin menginformasikan kepada customer dengan menggunakan AC Sharp ini, maka diharapakan tidak akan panas lagi.

Informasi yang ditawarkan bukan hanya sekedar menghilangkan rasa panas melainkan juga dengan menawarkan pilihan model atau jenis dengan PK dan rendahnya watt atau dilengkapi fitur low wattage voltage yang dapat menghemat listrik tanpa mengurangi kenyamanan dan kesejukan bagi pengguna. AC Sharp ini dilengkap dengan fitur utama Ion Plasmacluster, namun Sharp juga menawarkan model tanpa Plasmacluster. 

Disisi lain tulisan "All New AC Sharp Sayonara" panas yang dilengkapi dengan gambar AC dan bulatan bertandakan (+) dan (-) sebagai makna Ion Plasmacluster, juga memberikan informasi kepada customer mengenai hidup sehat dengan udara sejuk dan bersih. Hal ini diinformasikannya dengan logo Ion Plasmacluster dan informasi singkat yang berisi :
  • Saatnya nikmati hidup sehat, dengan udara sejuk & bersih. Virus di udara, penyebab alergi, bakteri, kuman, dan jamur mengancam kesehatan keluarga kita. Hadirkan AC Sharp dengan teknologi Plasmacluster, nikmati udara yang sejuk dan bersih sekaligus!
  • Ion Plasmacluster yang dihasilkan oleh Ion Generator Efektif menon-akatifkan jamur, virus, bakteri, dan bau tidak sedap.
Informasi singkat itu digambarkan berupa lup atau kaca pembesar yang berisi ilustrasi mekanisme untuk membersihkan bakteri dari udara menggunakan Plasmacluster. 

Fitur Ion Plasmacluster ini sejalan dengan kampanye Love Life dari Sharp yang dilakukan untuk regional Asia-Pasifik. Melalui kampanye tersebut, Sharp berkomitmen memberikan layanan dan produk yang dapat mendekatkan keluarga (Love) dan membuat hidup lebih bersemangat (Life). Oleh sebab itu, gambar Doraemon dan Nobita yang sedang memagang lup itu adalah sebagai duta kampanye Love Life karena tokoh kartun tersebut hadir dalam keluarga dan membawa keceriaan. Sharp menjadikan Doraemon dan Nobita sebagai icon denga lisensi dari Doraemon Fujiko Pro. Film Doraemon adalah film kartun dari Jepang yang hampir semua anak kecil di Indonesia menyukainya dan masih ada hingga sekarang. Melalui gambar Doraemon dan Nobita, AC Sharp Sayonara Panas ingin secara khusus menyasar segmen keluarga di Indonesia. Fitur yang mendukung ini adalah pada produk yang dilengkapi baby sleep mode, yakni fitur untuk menghindari kulit anak menjadi kering akibat hembusan angin yang terlalu kencang dari AC. 

Untuk kepuasan para customer Sharp juga menyediakan akses informasi via telepon bebas pulsa. Logo garansi resmi juga tersedia sebagai layanan kepuasan kepada customer. Logo love bertuliskan 60 million dan logo ion plasmacluster kecil serta pita menunjukan bahwa produk Sharp merupakan produk terpercaya yang telah digunakan oleh lebih dari 60 juta pelanggan. Love berartikan cinta, artinya pelanggan begitu mencintai produk-produk yang ditawarkan Sharp dengan banyak macam fiturnya. 

Kesimpulan & Komentar
  • AC Sharp Sayonara Panas adalah produk yang disegmentasikan untuk pangsa pasar keluarga sehat dengan beberapa fitur seperti Ion Plasmacluster, Baby Sleep Mode, dan juga tentu saja hemat listrik karena adanya fitur Low Wattage Voltage. Hidup sehat melalui udara yang sejuk dan bersih akan menjadikan keluarga dalam ruangan lebih bersemangat. Oleh karena itu, sebagai kepedulian Sharp terhadap keluarga sehat dirumah, maka Sharp melakukan kampanye produk yang dapat mendekatkan keluarga (Love) dan membuat hidup lebih bersemangat (Life) dengan menunjuk Doraemon sebagai duta kampanye, dimana Film kartun Doraemon adalah film kartun yang memiliki icon paling bersejarah dan disukai hampir oleh semua anak-anak. Bahkan film Doraemon itu menjadi film kenangan bagi para orang tua terutama ketika pada masa orang tua masih kecil yang sempat dan pernah menontonya. Ini tentu saja menjadi pengalaman tersendiri bagi si orang tua. 
  • Keterkaitan antara judul dan gambar sudah tepat. Iklan AC Sharp Sayonara Panas telah merepresentasikan keluarga menjadi bagian segmentasinya dikarenakan melalui Doraemon telah menjadi icon yang tepat sebagai film kartun yang disukai oleh anak-anak tanpa kecuali. Bahkan bisa menjadi kenangan bagi si orang tua itu sendiri. Pemanfaatan Doraemon menjadi duta kampanye akan menjadikan lebih dekat lagi terhadap para keluarga dan merupakan icon film kartu yang sudah melegenda bukan hanya di Jepang sendiri namun juga di Indonesia.
  • Pasar AC Sharp Sayonara Panas, bukan hanya sekedar produk AC yang menonjolkan sekedar penghilang suhu udara panas, melainkan juga menonjolkan udara yang bersih dan segar bebas dari virus di udara, penyebab alergi, bakteri, kuman, dan jamur mengancam kesehatan keluarga. Inilah yang ingin dipasarkan oleh Sharp dengan fitur yang ia tawarkan dengan istilah Ion Plasmacluster sehingga tampak berbeda denga produk AC merk lainya. Melalui iklan tersebut, Sharp telah membuat informasinya secara tepat di samping gambar Doraemon dan Nobita serta Logo Ion Plasmacluster yang berwarna hitam. Harapannya adalah customer akan tertarik dengan informasi singkat tersebut yang pada akhirnya akan membelinya.
  • Kebutuhan listrik keluarga di Indonesia akan berbeda-beda tergantung tingkat status golongan ekonominya. Melalui iklan tersebut, AC Sharp menawarkan dengan watt yang berbeda-beda. Sehingga bagi customer yang tertarik tersedia pilihannya sesuai kebutuhan masing-masing. Inilah yang lagi-lagi ditonjolkan Sharp dalam pemasarannya, yakni hemat listrik.
Referensi
Winarno, Bondan. 2008.Rumah Iklan: Upaya Matari Menjadikan Periklanan Indonesia Tuan Rumah d Negeri Sendiri. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Situs:
Pusat Bahasa Kemdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia Daring. http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/kbbi. Diakses pada 15 Juni 2016 pukul 1.30 WIB
Riviyastuti, Asiska.2014. Sharp Luncurkan 4 Produk Sekaligus. http://www.solopos.com/2014/02/01/elektronik-baru-sharp-luncurkan-4-produk-sekaligus-486377. Diakses pada 15 Juni 2016 pukul 11.19 WIB.
Sharp, Teknologi Plasmacluster Sharp Ion Positif dan Negatif Memurnikan Udara, http://www.sharp-world.com/pci/id/technology/index.html. Diakses pada 15 Juni 2016 pukul 12.00 WIB.

Salam,
Pustakawan Blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Analisis Semiotika Peirce Pada Iklan Surat Kabar Tribun Jogja: AC Sharp Sayonara Panas Versi Doraemon dan Nobita "