Jalan Karir Seorang Blogger

Advertisement
Menarik dengan topik tesis yang ditulis oleh Dita Romadhoni, Mahasiswa S2 Psikologi UGM. Judul tesisnya adalah Jalan Karir Blogger (kajian Fenomenologi Dan Biografi). Sebagai seorang blogger, saya tentu saja penasaran seperti apa hasil temuan dari penelitiannya itu. Penelitian yang di lakukan Dita adalah dengan metode kualitatif pendekatan fenomenologi dan biografi. Dikatakan ada 4 orang informan yang dijadikan sebagai narasumbernya.

JALAN KARIR BLOGGER (Kajian Fenomenologi dan Biografi)
Saya membaca pada hasilnya kurang lebih ada lima hal. Pertama, proses karir seorang blogger. Kedua, mengapa blogger harus terus belajar. Ketiga, karakteristik seorang blogger yang sukses. Keempat, metode atau cara blogger belajar dan kelima, pengetahuan dan skill apa yang hendaknya harus dikuasai bagi seorang blogger.

Karir Seorang Blogger
Hasil dalam penelitian yang dilakukan terhadap empat narasumber menunjukan bahwa ada dua model karir dari seorang blogger. Pertama, peningkatan penghasilan yang diperoleh dari ngeblog. Seiring jalannya waktu penghasilan tersebut terus mengalami peningkatan yang signifikan. Namun demikian, dalam mengawali karirnya sebagai seorang blogger, bukan serta merta langsung memperoleh penghasilan tersebut, akan tetapi dari mereka sama sekali belum mendapatkannya. Bahkan hingga ada yang memerlukan waktu dari 3 hingga 5 bulan dan 1 tahun. Kedua, proses karir seorang blogger yang pada awalnya hanya bekerja sendiri, kemudian dalam jangka waktu tertentu telah mampu membuka lapangan kerja alias mampu mempekerjakan orang lain.

Alasan Seorang Blogger Harus Terus Belajar
Salah satu ciri karir seorang blogger ideal adalah selalu terus ingin belajar. Nah, apa alasan mereka harus terus belajar? Kurang lebih ada tiga alasan utama. Pertama, skill dan pengetahuan ngeblog untuk mencari uang tidak diajarkan dalam pendidikan formal. Oleh karena itu mereka harus belajar secara mandiri walaupun dengan jalan informal. Kedua, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terus bergerak cepat. Oleh karena itu, mereka dituntut cepat pula dalam menyesuaikan kondisi yang ada sehingga mencari pengetahuan baru harus terus dilakukan. Ketiga, berdasarkan realita dilapangan persaingan dalam dunia ngeblog tidak bisa dielakan. Persaingan ini membutuhkan mental seorang blogger yang pantang menyerah dan memiliki kemampuan atau kompetensi yang lebih baik.

Ciri Sikap Blogger Sukses
Di dalam hasil penelitiannya juga menemukan ada 7 ciri sikap dari seorang blogger yang sukses. Apa saja? Yaitu  regulasi diri yang baik, semangat pantang menyerah, motivasi, optimis, mandiri, visioner dan berinisiatif, serta memiliki rasa bersyukur.

Metode Belajar Blogger
Cara atau metode belajar dari seorang blogger adalah dengan memanfaatkan akses internet. Kendati hanya diperoleh dari belajar informal, nyatanya karir menjadi blogger sukses bisa dicapai. Dari hasil penelitiannya ditemukan ada empat metode, yakni melalui membaca blog atau website, melalui forum, perluasan jaringan (networking) dan praktek dilapangan dengan menerapkan contoh-contoh blog yang sudah berhasil. Pada intinya jika dalam kacamata ilmu informasi, maka hal tersebut sangat berkaitan dengan knowledge management, terutama pada sharing dan transfer knowledge.

Pengetahuan dan Skill Yang Harus Dikuasai
Jika disimpulkan pengetahuan dan skill yang harus dikuasai adalah menyangkut pengetahuan teknis dan non teknis. Pengetahuan teknis meliputi teknik SEO, mengelola blog dalam jumlah banyak, berpromosi dalam media sosial, membuat desain blog yang menarik termasuk kontennya yang berkualitas. Sedangkan untuk non teknis meliputi tujuh sikap seperti yang telah disebutkan diatas. Misalnya sikap optimis yang pantang menyerah dan motivasi kuat ketika ngeblog. Terkait hal itu, saya sendiri secara khusus pernah menulis buku tentang pengetahuan non teknis dalam hal ngeblog yang berjudul Motivasi Go Blog: Semangat Menulis Blogger Pemburu Dolar.

Lima hasil penelitian dalam tesis yang ditulis oleh Dita Romadhoni diatas itu tentu saja berdasarkan kasus 4 informan yang sudah menjadi narasumbernya. Namun demikian, paling tidak secara garis besar karir seorang blogger sukses itu, umumnya yang menjadi tolak ukurnya adalah dari segi penghasilan. Ini tentu saja wajar apabila melihat dari judulnya saja, yaitu Jalan Karir Blogger, maka yang bisa menjadi patokannya adalah dari sisi seberapa besar penghasilannya dan bagaimana posisinya ia berada, baik dalam dunia maya ataupun dunia nyata.

Oh iya, jika teman-teman blogger berminat dan ingin membaca tesisnya Dita Romadhoni silahkan kunjungi di koleksi ETD Perpustakaan Pusat UGM. (namun sayangnya yang full teks hanya pada bab-bab tertentu).

Salam,
Pustakawan Blogger

Advertisement

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Jalan Karir Seorang Blogger"