Ide Inspiratif: Rak Tempel Pada Tiang Untuk Buku

Advertisement
Jika dirumah atau perpustakaan anda, ada tiang penyangga entah letaknya di sudut-sudut atau tengah ruangan, barangkali bisa digunakan sebagai tempat rak untuk penyimpanan barang-barang atau buku, majalah dan lainya yang diperlukan. Saya mendapatkan ide inspiratif tersebut pada sebuah sekolah MAN 11 Jakarta, kemarin ketika mengantarkan istri mengajar. Letak rak yang ditempelkan pada tiang tersebut saya temukan di Masjid MAN 11 Jakarta untuk Al-Qur'an dan buku-buku hadist.

Saya kira menarik apabila rak-rak tempel tersebut juga di aplikasikan pada sebuah perpustakaan sehingga dapat menambah space baru yang lebih bermanfaat. Namun demikian, yang perlu diperhatikan adalah dalam penempatan rak-rak tempel pada tiang, usahakan jangan  jangan terlalu tinggi. Baiklah, agar ada bayangan berikut beberapa contoh fotonya:

Rak Tempel Tiang 1

Lihat foto diatas, raknya tampak sederhana. Itu tampilan depan yang ada pada tiang tengah masjid.

Rak Tempel Tiang 2

Nah kalau foto diatas, itu tampak sisi samping. Raknya lebih kecil dari yang sisi depan. Jadi, satu tiang itu ada dua rak besar depan dan belakang. Kemudian sisi samping, ada dua rak kecil.

Rak Tempel Tiang 3

Kalau foto diatas, rak tampak depan dari dekat yang berada di tiang pinggir yang ada diluar masjid, bukan tiang tengah .

Rak Tempel Tiang 4

Foto diatas adalah tampak samping di tiang luar masjid juga.

Rak Tempel Tiang 5

Perhatikan foto diatas, itu adalah view rak di tiang tengah. Jadi, setiap tiang tengah itu ada rak-rak yang digunakan untuk menyimpan Al-Qur'an dan buku-buku hadist.

Rak Tempel Tiang 6

Kalau foto diatas, view secara keseluruhan rak di tiang luar masjid.

Bagaimana menurut  teman-teman? Inspiratif bukan? Jadi, buat para pustakawan jika perpustakaanya ada tiang tengah, bisa digunakan untuk rak koleksi loh. Foto-foto diatas adalah sebagai ide inspiratif saja. Selanjutnya model dan bahan-bahan rak bisa dikembangkan sendiri.

Salam,
Pustakawan Blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ide Inspiratif: Rak Tempel Pada Tiang Untuk Buku"