9 Ide Unik Yang Bisa Kamu Tiru Dari Perpustakaan MAN Yogyakarta III

Advertisement
Julukan Yogyakarta sebagai kota pendidikan, rasa-rasanya memang benar adanya. Kemarin saat saya mengunjungi seorang teman untuk tujuan penelitian, yah sekaligus bersilaturahim di Perpustakaan MAN Yogyakarta III atau sering disingkat MAYOGYA, saya melihat ada hal unik dan kreatif dari teman saya selaku pustakawan yang mengelola perpustakaan sekolah tersebut. Kurang lebih ada sekitar 9 ide unik yang bisa teman-teman tiru khususnya untuk perpustakaan sekolah. Sebenarnya bukan sembilan, kalau dihitung lebih detail lagi masih ada banyak, tapi yang saya posting yang menurut saya unik saja. Konon kabarnya Perpustakaan MAN Yogyakarta III ini pernah menjadi jawara nasional tahun 2007.

myu

Satu hal yang menyenangkan dari Perpustakaan MAN Yogyakarta III adalah para siswanya yang tampak menikmati sekali belajar atau berdiskusi diruang perpustakaan. Perpustakaan begitu tampak ramai dan hidup. Kondisi setelah moment ujian selesai, saya melihat tiap menit rasa-rasanya ada saja keluar masuk siswa dan siswi di ruang perpustakaan. Saya tanya ke temanku, saat hari biasa dan istirahat memang selalu rame. Wow, luar biasa juga ini. Lagian, perpustakaan bisa terlihat hidup dan matinya, ya dari banyaknya pengunjung. Ini diluar perpustakaan digital loh ya! Oklah, tanpa panjang lebar lagi, ini dia ulasan dokumentasi 9 ide unikdari Perpustakaan MAN Yogyakarta III:

1. Pewarnaan atau Coloring
Perpustakaan MAN Yogyakarta III benar-benar terlihat hidup, cerah dan lebih bersemangat kalau dilihat dari sisi desain secara keseluruhan, terutama terkait pewarnaan atau coloringnya. Begitu masuk dan melihat ke dalamnya, jujur saya merasakan hal yang berbeda. Perpustakaanya penuh dengan nuansa warna-warni yang membuat perasaan lebih fresh. Coba perhatikan fotonya dibawah ini ya:

Perpustakaan MAN Yogyakarta III

Perhatikan mulai dari dinding, rak, rambu-rambu hingga sofa semuanya penuh dengan warna-warni misalnya hijau, kuning dan oranye. Warna itu tentu memiliki banyak arti misalnya kuning itu penuh dengan semangat, energi, optimisme, idealisme, kegembiraan, kkebersamaan dan masih banyak yang lainya. Kemudian hijau itu memiliki makna kesegaran, tentu saja dapat merangsang kreatifitas. Ada juga oranye yang memiliki arti kehangatan, persahabatan, dll. 

2. Rak Khusus Komik
Perpustakaan sekolah bukan hanya memiliki fungsi untuk mendukung dalam hal kegiatan akademis sekolah saja melainkan juga berfungsi untuk reakreasi misalnya untuk penyegar otak. Nah, di Perpustakaan MAN Yogyakarta III selain menyediakan sejumlah koleksi yang menunjang pembelajaran juga menyediakan koleksi yang bersifat menghibur misalnya koleksi sastra. Selain itu, koleksi komik yang secara khusus ditempatkan di rak tersendiri yang ditempel di dinding. Kalau melihat raknya saya jadi teringat anak kos Jogja he.he..he. Berikut penampakan fotonya:

Pesona Komik

3. Pengetahuan Dinding
Pengetahuan dinding ini sebenarnya istilah yang saya namakan sendiri. Pengetahuan dinding yang dimaksud adalah ada beberapa pengetahuan yang menarik dari sebuah koran atau internet kemudian ditempel di dinding. Subyeknya misalnya tentang sains atau agama islam. Konten pengetahuan yang ditempel biasnaya bersifat unik, singkat, jelas dan padat persis seperti infografis. Ini tentu sangat bermanfaat bagi para siswa dan siswi.

Pengetahuan Dinding

4. Rak Display Unik
Untuk rak diplay unik ini sebenarnya dilihat dari sisi peletakan yang ditempel di dinding ruang lob yperpustakaan. Selain itu, hanya ada satu buku yang bisa di display. Untuk buku-buku lainya bisa display di rak yang lebih besar lagi, namun desainya seperti rak pada umumnya. Berikut fotonya:

Rak display unik

5. Kotak Wakaf Buku
Perpustakaan MAN Yogyakarta III juga menyediakan kotak wakaf atau sumbangan buku dari para siswa dan siswi. Konon bukunya akan disalurkan untuk yang membutuhkan. Namun, juga bisa dimanfaatkan di perpustakaan itu sendiri.

Kotak Wakaf / Sumbangan Buku

6. Pembaca Terbaik
Satu hal yang menarik lagi adalah setiap tahun selalu dilakukan pemilihan pembaca terbaik, jadi bukan duta baca atau sejenisnya. Sayangnya, saya lupa tidak menanyakan bagimana cara memilih pembaca terbaik dari para siswanya itu. Namun, suatu kebanggan ketika siswa yang terpilih menjadi pembaca terbaik adalah fotonya akan ditempel di dinding ruang lobby perpustakaan. Menarik bukan? Bisa menyemangati para siswa lainya. Nah, foto berikut ini pembaca terbaik dari tahun 2013-2015.

Pembaca Terbaik

7. Siswa Berprestasi
Bukan hanya foto pembaca terbaik saja yang akan dipampang di loby perpustakaan. Akan tetapi, mereka para siswa berprestasi juga akan di sandingkan dengan pembaca terbaik. Secara keseluruhan berikut foto siswa berprestasi dan pembaca terbaik yang disebut dengan the wall of  fame.


The wall of fame

8.Testimoni Pengunjung Populer
Perpustakaan MAN Yogyakarta III juga ternyata menyediakan pilar apresiasi. Artinya setiap pengunjung perpustakaan yang datang misalnya studi banding atau sekedar melihat-lihat, terutama para tokoh, maka akan dibuatkan pesan dan kesan yang ditulis diselembar kertas. Kemudian di tempel di dinding di ruang loby perpustaakaan. Kalau versi bahasa saya istilahnya adalah testimoni dari pengunjung yang populer misalnya dari para tokoh, artis, atau publik figur lainya. Tapi, bisa juga orang-orang tertentu misalnya dari luar negeri. Contohnya seperti foto dibawah ini:

Pilar Apresiasi

9. Ruang Diskusi Terbuka
Untuk melengkapi ruang baca yang ada didalam, Perpustakaan MAN Yogyakarta III juga menyediakan ruang diskusi terbuka yang berada diluar persis di dekat taman yang dipenuhi dengan pepohonan. Tidak hanya itu, yang lebih menarik lagi juga menyediakan saung baca. Ini dia fotonya:

Ruang Diskusi Terbuka

Ruang Diskusi Terbuka

Saung Baca

Semoga menginspirasi buat teman-teman pustakawan semuanya, khususnya  buat perpustakaan sekolah. Untuk situs dari MAN Yogyakarta III bisa diakses disini.

Salam,
Pustakawan Blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "9 Ide Unik Yang Bisa Kamu Tiru Dari Perpustakaan MAN Yogyakarta III"