3 Manusia Paling Kikir

Advertisement
Dua hari yang lalu saya mendapatkan nasehat dari seorang penceramah saat kultum sebelum sholat tarawih. Nasehatnya tentang 3 manusia paling kikir. Sepertinya sang penceramah menyinggung tentang manusia paling kikir dikarenakan saat memberikan salam, lantas para jema'ah kurang bersemangat untuk menjawab. Tapi, saya mencoba berbaik sangka sepertinya mereka kebanyakan menjawab dihati. Ya, dihati.

Masjid UIN Syarif Hidayatullah

Sebelum ke inti kultumnya, sang penceramah kemudian bercerita bahwa ada 3 manusia yang paling kikir. Apa itu kikir? Kalau di KBBI ada dua pengertian. Kikir yang menjurus pada suatu benda untuk menajamkan alat misalnya gargaji. Kemudian kikir yang memiliki makna pelit. Dalam hal ini selalu dikaitkan dengna harta. Sejatinya kikir disini menurut sang penceramah dikatakan bahwa tidak selalu melulu tentang harta. Oleh karena itu kikir yang dimaksud adalah pertama, orang yang mendengar azan namun tidak mengikuti ucapan sebagaimana muadzin mengucapkan. Kedua, orang yang tidak mengucapkan shalawat ketika ada seseorang yang menyebut nama Nabi Muhammad, SAW. Ketiga, orang yang tidak menjawab salam ketika mendengar ada seseorang yang mengucapkan salam.

Nah lho, jadi kalau mendengar adzan, terus denger nabi rosul kita disebut tak menjawab shalawat dan juga tidak menjawab salam maka, ternyata kita bisa dikategorikan manusia paling kikir. Semoga nasehat ini bisa saya ingat dan tentu saja dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari. Amin....

Salam,
Pustakawan Blogger

Advertisement

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "3 Manusia Paling Kikir"