Indahnya Mengenang Masa Kecil: Foto Ngebak, Adus-Adusan

Advertisement
Begitu indahnya mengenang masa lalu ketika kecil. Salah satunya adalah ketika mandi bersama dengan teman-teman di sungai besar (kali) atau tempat irigasi pertanian (kalen). Di kampungku mandi bersama dengan teman-teman di alam terbuka ini sering disebut dengan istilah "ngebak" atau dalam bahasa dermayunya "adus-adusan". Biasanya dilakukan siang atau sore hari. Ngebak juga bagi orang tua biasanya ada yang suka  melarangnya karena takut si anak terkena sakit misalnya seperti demam. Tapi, ya begitulah. Walaupun dilarang tetap saja banyak yang melanggar, termasuk saya (hehehhe).

Ngebak atau adus-adusan yang paling enak dilakukan adalah ketika sedang musim tanam padi. Biasanya banyak air yang melimpah. Kendati setelah ngebak biasanya gatal-gatal, tapi bagi anak kecil, hal tersebut tetap masih bisa menikmatinya. Berlari-lari riang, tertawa terbahak-bahak, saling melempar lumpur, bahkan hingga ada yang melompat dari ketinggian pohon untuk terjun ke dalam air. Sungguh sebuah kenangan yang tak terlupakan untuk saya kala itu (hehehe..)

Nah, ngomong-ngomong tentang ngebak, kebetulan ketika pulang kerja dulu, saya pernah memotret anak-anak yang sedang ngebak (adus-adusan) di pinggir jalan daerah Lohbener, Indramayu. Foto anak-anak sedang ngebak ini saya ambil sekitar tahun 2009. Wow, dapat dibayangkan fotonya berarti sudah berumur sekitar 8 tahunan (hehehehe). Saat itu, sengaja saya foto karena untuk bahan posting diblogku. Entah kenapa, saat itu saya tidak jadi mempostingnya dan pada akhirnya saya bisa mempostingnya tahun ini (2016). Buat teman-teman yang penasaran, ini dia foto-fotonya:

Foto Ngebak, Adus-Adusan 1

Foto Ngebak, Adus-Adusan 2

Foto Ngebak, Adus-Adusan 3

Foto Ngebak, Adus-Adusan 4

Piye teman-teman yang pernah tinggal dikampung? Pernah ngebak atau adus-adusan seperti saya? hehehe..

Salam,
Pustakawan Blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Indahnya Mengenang Masa Kecil: Foto Ngebak, Adus-Adusan"