Penting! Cek Link Rusak di Blogmu Agar Pembaca Tidak Kecewa

Advertisement
Mengecek link rusak yang keluar (outbond link) atau sering disebut broken link pada blog itu penting. Pertama, konon katanya untuk mengantisipasi blog kita menjadi jelek di mata web crawler mesin pencari dalam hal ini Google sehingga menyebabkan penurunan posisi SERP (Search Engine Result Page). Kedua, agar pembaca blog kita tidak merasa terganggu dengan link yang rusak tersebut. Untuk masalah yang pertama, saya sendiri belum terlalu percaya. Barangkali itu masih menjadi mitos. Agar lebih yakin sepertinya harus membaca panduan web master Google. Sedangkan yang kedua, saya cenderung setuju agar pembaca kita tidak terganggu dengan link rusak yang ada diblog kita tersebut. Setidaknya ketika pembaca mengklik link keluar yang kita referensikan itu masih aktif atau berfungsi. Sehingga pembaca tidak kecewa. Oh ya, jika dikaitkan dengan ilmu informasi, saya jadi ingat link rusak dalam blog atau website juga merupakan salah satu indikator information overload sehingga tidak bisa mengakses informasi.

Ada banyak faktor yang menyebabkan link rusak pada sebuah website atau blog yang kita referensikan. Beberapa diantaranya misalnya perubahan nama domain yang tidak di redirect ke domain lamanya. Bisa juga karena artikel dari website itu dihilangkan oleh admin sehingga link akhirnya rusak alias tidak berfungsi. Faktor lain misalnya domain yang tidak diperpanjang entah karena lupa atau emang sengaja. Selain karena ketiga diatas itu, tentu masih banyak penyebab yang lainya.

Cek Link Rusak Secara Berkala
Nah buat teman-teman blogger, sudahkah mengecek link rusak di blogmu secara berkala? Misalnya setiap dua bulan atau tiga bulan sekali. Jika belum pernah sama sekali silahkan coba memanfaatkan website khusus mengecek link rusak (Online Broken Link Checker) misalnya di  www.brokenlinkcheck.com. Caranya sangat mudah. Hanya dengan memasukan alamat domain blog kita kemudian memasukan captcha atau sekuriti kode. Lalu klik dan tunggu beberapa menit. Hasilnya akan tertera yang dilengkapi dengan keterangan link yang rusak tersebut. Biar lebih jelas berikut caranya:
  • Buka browser, lalu ketikan www.brokenlinkcheck.com dan klik tab "Find Broken Links"
Online Broken Link Checker 1
  • Masukan sekuriti kode seperti yang tertera dalam website tersebut. Lalu klik tab "Find Broken Links Now!"
Online Broken Link Checker 2
  • Tunggu beberapa menit. Website akan mengecek link-link yang rusak. Jika selesai, biasanya akan menampilkan status Completed. Daftar link yang  rusak juga akan ditampilkan dalam bentuk tabel dibawahnya. Contoh hasilnya seperti gambar dibawah ini:

Online Broken Link Checker 3
Sayangnya untuk halaman blog kita yang lebih dari 3.000 halaman maka akan dikenakan biaya. Untuk contoh blogku diatas hanya mengecek 2.126 halaman. Jadi, masih bersifat gratis. 

Nah, kira-kira seperti itulah cara mengecek link rusak pada blog kita. Setidaknya pembaca tidak lagi kecewa hanya karena link keluar yang kita referensikan itu tidak aktif atau berfungsi lagi. 

Salam,
Pustakawan Blogger

Advertisement

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Penting! Cek Link Rusak di Blogmu Agar Pembaca Tidak Kecewa"