Mengenal Singkat Pengertian Ekonometrika dan Kegunaanya

Advertisement
Gara-gara melihat judul buku tentang ekonometrika, saya jadi ingin mengenal secara singkat tentang pengertian ekonometrika tersebut karena disalah satu mata kuliahku ada nama matakuliah dengan istilah informetrika. Nah, saya pikir istilah-istilah seperti itu tampaknya memiliki tambahan akhir kata yang sama misalnya dari kata 'metrika'. Metrik adalah adaptasi dari bahasa Inggris, metric. Artinya ukuran. Sehingga seringkali disebut ilmu tentang ukuran (Agung Abdul Rasul, 2011:1).

Pengertian Ekonometrika
Menurut Joni J. Manurung, dkk seperti yang dikutip oleh Agung Abdul Rasul, bahwa ekonometrika itu merupakan bagian dari ilmu ekonomi. Pengertian ekonometrika yaitu ukuran-ukuran mengenai keterkaitan antara variabel-variabel ekonomi. Ada dua yang bisa menjadi sorotan. Pertama, ukuran atau indikator pada variabel ekonomi itu secara empiris dibentuk oleh ilmu statistika. Kedua, variabel ekonomi yang meliputi seperti bahan baku, tenaga kerja, harga, penjualan, biaya, keuntungan dan lain sebagainya.
 Ekonometrika
Beberapa variabel ekonomi diatas hanya dapat diketahui dengan menggunakan ilmu matematika dan statistika. Kemudian untuk ukuran variabel itu bisa dikembangkan dalam perangkat statistik deskriptif. Adapun hubungan antar kausalitas variabel ekonomi tersebut dapat dibentuk oleh ilmu statistika inferensial. Misalnya hubungan kausalitas antara harga dan penjualan atau antara penjualan dengan keuntungan, dan lain-lain.

Kegunaan Ekonometrika
Ada banyak kegunaan dari ekonometrika khususnya pada bidang ekonomi. Beberapa contoh yang bisa diaplikasikan adalah pada institusi pendidikan terutama untuk para akademisi di sekolah pendidikan tinggi ekonomi dalam melakukan penelitian. Dosen dan mahasiswa tersebut seringkali memanfaatkan pendekatan ekonometrika misalnya ketika menulis di jurnal-jurnal ilmiah.

Pendekatan ekonometrika juga bisa digunakan oleh perusahaan khususnya dalam memprediksi berbagai persoalan manajemen keuangan dan manajemen personalia. Selain itu pemerintah juga seringkali menggunakan pendekatan ekonometrika misalnya pada kasus penerimaan pajak dan non pajak, belanja pemerintah, konsumsi dan tabungan masyarakat, investasi dan akumulasi kapital dan lain sebagainya. Biasanya beberapa instansi pemerintah yang menggunakan pendekatan ekonometrika seperti kementerian keuangan, bank sentral, badan perencanaan tingkat daerah seperti di propinsi, kotamadya dan kabupaten.

Masih banyak ruang lingkup ekonometrika yang belum saya bahas disini misalnya mengenai data ekonometrika, metode ekonometrika, dan berbagai macam pendekatan dari ekonometrika misalnya aplikasi regresi linier dua variabel ekonomi makro dan regresi log linier dua variabel ekonomi mikro. Selain itu ada juga pendekatan aplikasi regresi linier tiga variabel dalam manajemen serta aplikasi log linier tiga variabel dalam ekonomi dan bisnis . Tentunya semua itu bukanlah kapasitas saya untuk menulis secara detail tentang hal tersebut. Saya kira, mengetahui pengertian singkat dan kegunaan dari ekonometrika saja dirasa sudah cukup. Kecuali bagi anda yang mahasiswa dengan jurusan ekonomi dan akuntansi, maka perlu untuk membaca dan memahaminya lebih detail.

Referensi
Rasul, Agung Abdul. 2011. Ekonometrika: Formula dan Aplikasi Dalam Manajemen, Jakarta: Mitra Wacana Media.

Salam,
Pustakawan Blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengenal Singkat Pengertian Ekonometrika dan Kegunaanya"