Contoh Pamflet Pendidikan Pemakai Perpustakaan

Advertisement
Empat hari yang lalu saya mengunjungi Perpustakaan Pusat UGM yang ada di Bulaksumur tepatnya di depan kampus Fisipol.

Sebagai mahasiswa baru, sayapun langsung mendaftar menjadi anggota perpustakaan. Karena KTM saya masih bersifat sementara berbentuk lembaran  kertas, akhirnya hanya diberikan barkode nomor induk mahasiswa yang ditempelkan di atas kertas tersebut.

Sebenarnya ketika sudah mempunyai KTM, secara otomatis kTM tersebut sudah menjadi anggota perpustakaan. Artinya sudah bisa langsung digunakan untuk meminjam buku.

Pentingnya Sosialisasi Pendidikan Pemakai Perpustakaan

Kepada petugas, lalu sayapun bertanya tentang layanan perpustakaan UGM. Dia pun menjelaskan diantaranya letak ruang-ruang perpustakaan. Selanjutnya petugas tersebut memberikan sebuah pamflet pendidikan pemakai perpustakaan. Isinya jadwal sosialisasi layanan terpadu Perpustakaan UGM. Sangat menarik karena saya lihat jadwalnya dari senin hingga Jum'at dilakukan sebanyak dua sesi. Setiap pertemuan dilakukan hingga tiga jam.

Ini tentu sangat bermanfaat mengingat bagi para mahasiswa baru masih merasa canggung bahkan belum tahu tentang fasilitas-fasilitas apa saja yang ada diperpustakaan guna mendukung kegiatan belajarnya. Bagi saya yang terbiasa bekerja di dunia perpustakaan, mungkin sedikit bisa memahaminya. Adanya sosialisai layanan terpadu perpustakaan ini setidaknya membantu para mahasiswa baru dalam memahami untuk memanfaatkan layanan yang ada di perpustakaan dengan sebaik-baiknya.

Materi Pendidikan Pemakai Perpustakaan
Adapun beberapa materi sosialisasi layanan terpadu yang ada di pamflet pendidikan pemakai perpustakaan tersebut seperti:
  • Mengenal Perpustakaan UGM
  • Informasi jenis koleksi dan layanan
  • Keanggotaan
  • Pemanfaatan katalog online (OPAC) yang terintegrasi dengan perpustakaan fakultas
  • Silang layan (interlibrary loan)
  • Fasilitas perpustakaan
Contoh Pamflet Pendidikan Pemakai Perpustakaan
Untuk contoh pamflet pendidikan pemakai perpustakaan dapat dilihat pada gambar di bawah ini:
 Contoh Pamflet Pendidikan Pemakai Perpustakaan
Saya sendiri belum mencoba untuk menghadiri sosialisasi layanan terpadu perpustakaan UGM tersebut. Rencananya jika ada waktu saya harus mengikuti agar mengetahui cara-cara sosialisasi yang dilakukan oleh mereka tim Perpustakaan UGM. Ya, sekaligus menambah wawasan pengetahuan saya tentang konsep pendidikan pemakai di sebuah perpustakaan perguruan tinggi besar.

Catatan:

Pendidikan pemakai adalah istilah bagi pengguna atau user dalam memanfaatkan perpustakaan. Dalam pamflet tersebut bisa dikatakan sebagai kegiatan sosialisasi. Sejak kehadiran UU No.43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan, istilah pemakai perpustakaan disebut sebagai pemustaka. Oleh karenanya bisa jadi pendidikan pemakai berubah nama menjadi pendidikan pemustaka. Beberapa istilah yang sering digunakan misalnya pendidikan penguna dan user education. Namun demikian, apapun istilahnya, yang jelas intinya satu, yakni bagaimana mereka para pemustaka dapat memahami untuk memanfaatkan perpustakaan dengan sebaik-baiknya.

Salam,
Pustakawan Blogger

Advertisement

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk " Contoh Pamflet Pendidikan Pemakai Perpustakaan"