Contoh Buku Petunjuk Pengguna Perpustakaan

Advertisement
Contoh buku petunjuk pengguna perpustakaan ini saya dapatkan dari Cisral Universitas Padjadjaran ketika melakukan kunjungan kerja. Seperti biasa, ini hanyalah bentuk dokumentasi pribadi saya setiap menemukan dokumen yang saya anggap penting.

Buku petunjuk pengguna ini dibuat sangat sederhana. Berisikan hanya 7 halaman yang memuat informasi mengenai keanggotaan, koleksi, cara menelusur informasi, fasilitas, ruangan, dan jam buka layanan.

Cisral sendiri singkatan dari Center of Information Scientific Resources and Library. Kalau di Indonesia-kan menjadi Pusat Sumber Daya Informasi Ilmiah dan Perpustakaan.

Esensi fungsi dari buku petunjuk pengguna perpustakaan sangatlah penting karena menyangkut informasi bagaimana memanfaatkan sumber-sumber informasi di perpustakaan dalam mendukung kegiatan belajar mengajar bagi para pelajar dan mahasiswa / mahasiswi. Adanya informasi tersebut bisa menjadi panduan bagi mereka sehingga perpustakaan dapat didayagunakan dengan sebaik-baiknya.

Nah, buat teman-teman pustakawan sekolah atau perguruan tinggi yang berencana akan membuat sebuah buku petunjuk pengguna untuk perpustakaannya, barangkali ini bisa menjadi salah satu ide ataupun perbandingan. Berikut contohnya yang sudah saya scan dalam format jpg (klik gambar untuk melihat lebih jelasnya).

Cisral Unpad 1

Cisral Unpad 2

Cisral Unpad 3

Cisral Unpad 4

Cisral Unpad 5

Cisral Unpad 6

Semoga bermanfaat.

Salam,
Pustakawan Blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Contoh Buku Petunjuk Pengguna Perpustakaan"