Ini Gambar Karya Anaku: Hari Kemerdekaan Indonesia Ke 70

Advertisement
Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke 70. Semoga Indonesia tetap jaya, makmur sentosa, aman dan sejahtera selalu dalam lindungan Allah, SWT. Amin....

Tahun ini anaku yang pertama baru masuk kelas satu SD. Ada dua hobinya yang selalu ia ekspresikan. Menggambar dan akting ngomong bahasa inggris. 

Karena hobi ngambarnya itu, saya rekomendasikan masuk kegiatan ekstrakurikulernya menggambar. Sebenarnya ada juga english club, sayangnya untuk kelas 1 SD ini hanya diperkenankan memilih satu ektrakurikuler wajib. Sehingga harus memilih salah satu, english club atau menggambar. Saat saya tanya dari keduanya, pilih yang mana? Ternyata ia lebih memilih menggambar. Jadi, untuk english clubnya kemungkinan nanti ketika beranjak kelas 3. 

Di hari peringatan kemerdekaaan Indonesia yang ke-70 ini, anak saya membuat sebuah karya yang menurut saya bagus. Temanya tentu saja tentang kemerdekaan Indonesia. Berikut gambarnya:
Hari Kemerdekaan Indonesia Ke 70 oleh Keira
Hari Kemerdekaan Indonesia Ke 70 karya Keira
Gambar tersebut ia buat sendiri tanpa disuruh. Jadi, kreatifitas sendiri. Sepertinya idenya berasal dari apa yang ia rasakan dan lingkungan sekitar.

Komentar 
Ada lima hal yang ingin saya komentari.

Pertama, rasa senang yang ia rasakan. Perhatikan karakter dua anak tersebut. Keduanya gembira, bahagia. Bahkan dari salah satu anak itu ia ekspresikan dengan melompat, saking senagnya. Muka si anak kecil juga terlihat sumeringah melihat kakaknya melompat. 

Kedua, dua anak tersebut sebenarnya dirinya sendiri (perempuan) dan adiknya (laki-laki) yang membawa bendera merah putih lebih besar. Ini artinya, ia menggambar dengan ide yang ada pada lingkungan sekitarnya.

Ketiga, setiap gambar memiliki karakternya masing-masing bahkan detail. Gambar matahari yang ada dua warna kuning dan oranye dipinggirnya. Awan langit biru. Rumput hijau. Ekspresi muka. Bahkan di lompatan itu ada seolah-olah hembuasn angin yang ada tiga garis hitam.

Keempat, rumah dengan genteng warna kecoklatan menandakan sudah lama, jendela bercat biru dan pintu beracat merah.

Kelima, perhatikan baju yang dikenakan dua anak tersebut. Model baju, celana, sepatu, hingga warna kulit, rambut ia ekspresikan dengan warna yang berbeda. Celana dan sepatu misalnya. Ia tahu mana model celana dan sepatu khusus perempuan dan laki-laki. Untuk perempuan misal sepatunya yang ada hak-nya (heels). 

Jika gambar ini saya bawa ke psikolog, bisa jadi akan banyak penilaian dan komentar yang lebih mendetail. Bahkan konon bisa mengetahui karakter si anak. 

Di hari peringatan kemerdekaan Indonesia ini, setidaknya anaku bisa mengeskpresikan melalui karyanya.

Dari gambar itu, saya bisa belajar bahwa merdeka itu salah satunya ditandai adanya perasaan aman, nyaman, riang gembira tanpa beban. Makmur, sejahtera dan syukur dengan apa yang diberikan Allah, SWT. Negara harus membuat seperti itu. Bagaimana menurut teman-teman?

Salam, 
Pustakawan blogger

Advertisement

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ini Gambar Karya Anaku: Hari Kemerdekaan Indonesia Ke 70"