Alur Bisnis Online Paling Mudah Bermodal Hanya Kamera HP

Advertisement
Dua hari yang lalu, mas Dino teman SMA-ku menelpon kurang lebih sekitar setengah jam-an. Salah satu yang dibahas adalah mengenai ide bisnis online paling sederhana misalnya hanya bermodal kamera HP. Kalau begitu, seperti apa tahapan yang harus dilakukan bagi para pemula yang ingin terjun menggeluti bisnis online dengan modal minimalis itu?

Bagi saya, bisnis online untuk pemula itu tak perlu ribet. Dalam artian kalau bisa tak memikirkan modal finansial jika perlu. Apabila tidak bisa menciptakan produk sendiri, kenapa tidak mencoba memasarkan produk orang lain? Sejatinya jika ada niat dan keinginan kuat, saya yakin bagi siapa saja ini bisa dilakukan.

Perhatikan contoh alur gambar untuk menjalankan bisnis online walau hanya bermodal kamera hp berikut ini:

Bisnis Online Bermodal Kamera HP
Survei 
Sekarang jalan-jalanlah disekitar daerahmu sembari wisata mengelilingi industri rumahan. Bawalah hp untuk mendokumentasikan foto produknya. Coba cari dan lihat produk unik dan menarik apa saja yang ada. Biasanya tiap daerah memiliki produk dengan ciri khas tersendiri. Sebagai contoh temanku mas Dino ini tinggal di Garut. Kemudian dia berkeliling mencari produk yang sekiranya memiliki keunikan. Lalu, dia menemukan ceinderamata berupa gantungan kunci yang unik dan lucu. Gantungan kunci tersebut adalah berupa replika sepatu.  Survei dilakukan jangan hanya satu produk. Kalau bisa sebanyak-banyaknya sehingga ada pilihan yang nantinya bisa difokuskan untuk kedepannya.

Dokumentasikan
Setelah menemukan produknya, sekarang fotolah dengan kamera hp-mu kemudian tanyakan semua informasi dari produk tersebut misalnya spesifikasinya, bahan baku, harga bahkan kemampuan produksinya selama sebulan. Katakan pada pembuatnya bahwa Anda tertarik untuk menjualnya. Lakukanlah negoisasi ketika ada pesanan dalam partai besar, maka harganya harus benar-benar miring.

Tentukan pilihan
Jika produk-produk yang disurvei telah selesai, sekarang tentukan pilihannya, kira-kira mana yang akan difokuskan untuk dipasarkan secara online via internet. Buatlah daftar prioritas jika memang anda pilih lebih dari satu produk.

Cek Kompetitor
Produk sudah ditentukan, kini saatnya jangan lupa juga cek kompetitor di internet. Cari informasi produknya mencakup spesifikasi, bahan baku hingga harga yang ditawarkan oleh orang lain. Bandingkan harganya dengan penjual lain. Silahkan buat kalkulasi hitungannya. Selisih harga dengan penjual lain bisa mempengaruhi pilihan konsumen lho!

Publish 
Untuk mempublish di internet bisa dilakukan banyak cara. Jika sekiranya masih tetap ingin memasarkan dengan cara yang gratis, maka bisa memanfaatkan blog sebagai toko onlinenya (baca: Pengertian Blog). Kemudian situs marketplace seperti tokopedia, bukalapak dan olx. Lantas, forum seperti kaskus. Selain itu tentu saja situs jejaring sosial seperti facebook, instagram, google+, path, dan lain sebagainya.

Jangan lupa sertakan alamat dan kontak yang jelas sehingga bisa dihubungi seperti email dan  nomor hp untuk WhatsApp, Blackberry Messenger, Line, dan sejenisnya.

Bisnis online itu sebenarnya memiliki alur yang sederhana. Dengan memanfaatkan kamera hp saja sembari melakukan survei ke industri rumahan, maka ini bisa menjadi cikal bakal bisnis menggiurkan yang kelak bisa menjadi besar. Secara ideal, kini saatnya kita harus ciptakan pasar bukan mencari pasar. Bagi para pemula dengan modal seadanya (kamera hp), saya kira ini bisa di implementasikan dilapangan. Silahkan amati lingkungan sekitar dari sekarang. Apa saja produk-produk yang memiliki keunikan yang sekiranya bisa dijual. Tertarik untuk mencoba?

Salam,
Pustakawan Blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Alur Bisnis Online Paling Mudah Bermodal Hanya Kamera HP"