Kolam Renang Plastik Anak-Anak Anda Bocor? Tambal Dengan Lem Vinyl

Beberapa waktu yang lalu, anak saya tiba-tiba membawa mainan kolam renang anak-anak yang terbuat dari plastik. Kolam renang tersebut ia bawa dari rumah embahnya. Sebenarnya kolam renang tersebut dibeli sudah lama dan karena jarang dipakai ternyata saya harus memompa ulang. Ketika saya pompa, perlahan-lahan memang mengembang. Namun, selang beberapa detik ternyata ada satu bagian yang langsung mengempis. Lalu saya cek, usut punya usut ternyata bagian bawahnya bocor.
Kolam renang plastik
Dua anaku berada di kolam renang plastik
Awalnya saya mencoba menambalnya dengan lem korea. Saya tahu lem tersebut terkenal dengan daya rekatnya yang handal. Saya baca dipetunjuk penggunaanya bisa dimanfaatkan untuk bahan plastik. Setelah saya coba, ternyata tidak berhasil. Justru kolam renangnya menjadi kaku atau mengeras. Lemnyapun ketika mengering, akhirnya terkelupas.

Sayapun Googling. Ketemu diforum ada yang menyarakankan untuk menambalnya dengan lem khusus. Namanya lem Vinyl. Lem tersebut bisa dibeli di toko-toko yang menjual perlengkapan renang. Saya sempat bingung dimana ada toko yang menjual peralatan renang di daerah Pamulang. Lantas saya mencoba mencari saja di toko-toko bangunan. Ternyata dari 3 toko bangunan yang saya datangi, semunya tidak mengetahui dengan namanya lem Vinyl. Mereka malah menyodorkan lem Castol.

Sembari berpikir dijalan, dimanna saya bisa mendapatkan lem tersebut? Saya cek lagi di Google memang ada yang menjualnya secara online. Tapi, permasalahannya adalah saya harus mendapatkan lem tersebut hari itu juga karena anak saya ini sudah merengek-rengek ingin berenang. Membeli secara online paling cepat-paling sampai sekitar dua harian.

Tib-tiba sayapun teringat dengan penjual kolam renang plastik yang dekat dengan Rumah Sakit Umum Daerah Tangsel yang ada di jalan Padjajaran. Sayapun berpikir, seharusnya selain menjual kolam renang plastiknya, harusnya juga menjual lemnya. Tanpa pikir panjang, sayapun mengunjungi padagangya. Sampai disana benar saja, merekpun ternyata menjualnya. Akhirnya sedikit lega, saya beli lemnya.

Lemnya kecil dilengkapi dengan sepotong plastik untuk penambalnya. Cara memanfaatkannya sangat mudah. Tinggal dioleskan lemnya pada bagian yang bocor atau penambalnya. Kemudian tempelkan. Tunggu hingga mengering. Menurutku bau lemnya seperti plembungan, mainan anak-anak untuk membuat balon ketika saya kecil. Saya mencoba mengolesnya dengan tangan langsung, lemnya pun terasa dingin.

Alhamdulillah dengan lem Vinyl akhirnya kolam renang plastik untuk anaku sekarang bisa digunakan kembali. Jadi, klo ada teman-teman yang punya kolam renang anak-anak berbahan plastik yang bocor, coba deh pake lem Vinyl Repair Glue.

Berikut gambar lemnya:
Lem Vinyl
Lem Vinyl Repair Glue

Salam
Pustakawan Blogger

Komentar

edy chandra mengatakan…
makasih mas atas share tipsnya.. mau saya coba.....mudah-mudaha berhasil utk bocornya pas diantara sambungan
Murad Maulana mengatakan…
Sama2 mas edy. Moga berhasil
Unknown mengatakan…
Kalo cara nyari bagian yang bocor gimana ya mas..tau tau kolamnya udah kempes aja bagian atasnya.sepertinya bocornya kecil.jd kempes nya ga terasa
Murad Maulana mengatakan…
Kalau itu mesti dicari secara teliti. Coba sebelum digunakan, dipompa, tapi jangan digunakan dulu. Airnya dibuat tenang dulu, terus perhatikan, biasanya walau kecil ada gelembung-gelembung air sedikit. Tapi, kalau bocornya dibagian bawah yang tak terlihat, mungkin dibalik dulu, terus sedikit-sedikit siram, persis kaya kita nambal ban itu. Intinya kalau ada gelembung walau kecil itu bisa terlihat.