Sebaik-Baiknya Kuliah Adalah Kuliah Subuh

Advertisement
Saya pernah menulis tentang cara kuliah dikampungku (baca: Tiga Cara Kuliah Di Kampungku). Ada tiga cara yang bisa dilakukan. Cara pertama harus mengeluarkan uang alias membayar. Cara kedua gratis dan manfaatnya begitu besar bahkan hingga ke akherat. Sedangakan cara yang ketiga ini dapat menghasilkan uang. Nah, dari ketiganya itu, sebaik-baiknya kuliah adalah kuliah subuh. Cara yang kedua itulah cara kuliah terbaik. 

Pesantren Kilat dan Kuliah Subuh
Bulan ramadhan ini adalah bulan yang biasanya banyak menyelenggarakan kuliah subuh. Saya jadi teringat dulu ketika jaman masih pelajar yang harus mengikuti kegiatan pesantren kilat. Dalam kegiatan tersebut setiap siswa harus meminta tanda tangan imam sholat, baik untuk sholat wajib lima waktu atau sholat sunah terawih. Selain itu tentu saja mencatat setiap hasil khutbah solat jum'at dan kuliah subuh. Ini berarti setiap siswa harus ikut secara aktif kegiatan-kegiatan ibadah dibulan ramadhan termasuk mengikuti kuliah subuh. Adanya kegiatan tersebut ternyata secara tidak langsung dapat memberikan efek positif. Dengan mencatat hasil kuliah subuh, ada banyak manfaat bagi siswa itu sendiri. Pertama, ia akan teringat apa yang dicatatnya asalkan tidak menyalin punya teman. Kedua, dengan mengingat itu paling tidak siswa dapat menambah ilmu agama Islam yang idealnya harus diimpelementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Ketiga, ini yang paling penting, yakni mendapatkan pahala. Walaupun niat awal si siswa itu karena sebuah tugas dari sekolah, paling tidak dengan menjalankan tugas itu, maka  akan dapat melatih siswa agar lebih rajin lagi dalam menjalankan aktivitas keagamaan dibulan ramadhan khususnya untuk masa-masa yang akan datang. Proses dan dampak jangka panjang ini yang harus kita lihat.

Kuliah Tujuh Menit (Kultum)

Selain kuliah subuh, ada satu lagi kuliah yang paling baik yaitu kuliah tujuh menit atau sering disebut dengan istilah kultum. Kultum ini sama halnya dengan kuliah subuh. Bersifat gratis dan manfaatnya begitu besar. Di bulan ramadhan ini kultum biasanya dilakukan sebanyak tiga kali. Pertama, menjelang maghrib atau berbuka puasa. Kedua, menjelang solat terawih atau ba'da Isya dan ketiga ba'da solat zhuhur. Dikantorku Alhamdulillah, ba'da solat zhuhur selalu ada kultum baik dari rekan-rekan kantor yang tahu ilmu agama maupun dari ustad yang sengaja diundang untuk menjadi penceramah.
Kultum di masjid kantorku, ba'da Duhur
Kultum di masjid kantorku, ba'da Zhuhur
Sungguh kuliah subuh dan kultum itu sebuah kegiatan yang manfaatnya begitu besar. Mendengarkan kuliah subuh dan kultum itu sama saja dengan menghadiri sebuah majelis ilmu. Dengan demikian,  ketika menghadirinya, maka memiliki kedudukan yang sama dengan seseorang yang sedang menuntut ilmu. Allah meninggikan derajat orang yang menuntut ilmu. Seperti firman Allah dalam QS. Al-Mujadila [58] : 11.
Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.
Salam Pustakawan Blogger

Advertisement

Artikel terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Sebaik-Baiknya Kuliah Adalah Kuliah Subuh"